Roboguru

Di tengah pandemi corona yang kita alami saat ini, menurut kamu, apakah ada hubungan virus corona dan tubuh manusia? Jelaskan!

Pertanyaan

Di tengah pandemi corona yang kita alami saat ini, menurut kamu, apakah ada hubungan virus corona dan tubuh manusia? Jelaskan!space 

Pembahasan Soal:

Virus corona dan tubuh manusia memiliki simbiosis parasitisme. Virus corona merupakan parasit obligat yang menyerang saluran pernapasan manusia. Virus corona membutuhkan sel hidup dari saluran pernapasan manusia untuk bereplikasi. Manusia sebagai inang mengalami kerusakan sel dengan berbagai gejala hingga kematian.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan di bawah ini yang benar tentang simbiosis parasitisme yaitu ....

Pembahasan Soal:

Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara individu berbeda jenis yang dapat merugikan salah satu individu. Contohnya tanaman tali putri yang hidup pada tumbuhan inang. Tanaman tali putri mendapatkan keuntungan karena mengambil zat nutrisi dari tumbuhan yang ditumpanginya. Sementara itu, tumbuhan inang dirugikan, karena zat nutrisinya diambil dan jika terjadi terus-menerus dapat menyebabkan kematian.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Simbiosis parasitisme ditunjukkan oleh....

Pembahasan Soal:

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang dimana ada satu pihak yang diuntungkan, sedangkan pihak lainnya dirugikan. Contohnya adalah jamur Malassezia furfur (jamur panu) menempel manusia. Jamur tersebut hidup menumpang pada manusia namun manusia mengidap penyakit panu sehingga dirugikan.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined  

0

Roboguru

Di sebuah taman yang penuh dengan bunga terdapat laba-laba, lebah, belalang, dan kupu-kupu. Tentukan interaksi yang mungkin terjadi antar komponen di taman tersebut !

Pembahasan Soal:

Simbiosis merupakan antar dua makhluk hidup. Terbagi menjadi 3 jenis yaitu simbiosis mutualisme (saling menguntungkan), simbiosis parasitisme (satu untung satu rugi), simbiosis komensalisme (satu untuk, satu tidak dirugikan). Dalam soal tersebut, lebah dan kupu kupu membantu proses penyerbukan bunga sehingga dapat bereproduksi dan mendapatkan makanan berupa nektar dari bunga. Hal ini berarti keduanya melakukan simbiosis mutualisme. Laba - laba dengan tanaman memiliki simbiosis mutualisme karena mendapatkan makanan berupa serangga (contohnya belalang), dan tanaman memiliki keuntungan karena terbebas dari gangguan belalang yang memakan daun. Simbiosis antara belalang dengan tanaman yaitu simbiosis parasitisme karena tanaman dirugikan karena belalang memakan daunnya, sedangkan belalang mendapatkan keuntungan dari memakan daun tanaman tersebut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berikut ini yang tidak termasuk dalam macam-macam simbiosis adalah ....

Pembahasan Soal:

Macam-macam simbiosis sebagai berikut:

  • Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara individu berbeda jenis yang saling menguntungkan.
  • Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara individu berbeda jenis yang satu dapat keuntungan sedangkan yang lain tidak dapat keuntungan maupun kerugian.
  • Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara individu berbeda jenis yang dapat merugikan salah satu individu.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Cacing pita hidup di dalam perut hewan mamalia. Cacing tersebut menempel pada dinding usus halus dan menyerap nutrisi pada sistem pencernaan. Cacing membuat tubuh hewan tersebut kekurangan nutrisi. Pe...

Pembahasan Soal:

Simbiosis parasitisme adalah jenis simbiosis ada satu pihak yang diuntungkan, sedangkan pihak lainnya dirugikan. Contohnya antara lain Cacing pita hidup di dalam perut hewan mamalia. Cacing tersebut menempel pada dinding usus halus dan menyerap nutrisi pada sistem pencernaan sehingga cacing untung. Cacing membuat tubuh hewan tersebut kekurangan nutrisi sehingga hewan mamalia rugi. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved