Roboguru
SD

Di suatu daerah terpencil, terdapat sekitar 50 kepala keluarga yang hidup rukun dan damai. Dimana keseharian mereka selalu melakukan pekerjaan dan kegiatan bersama-sama (seperti makan, minum, mandi, bekerja, dll). Hingga suatu hari salah satu penduduknya terkena penyakit TBC (Tuberkulosis). Karena mereka selalu melakukan aktivitas bersama-sama sehingga hampir 90% penduduknya tertular penyakit yang sama. Dari permasalahan tersebut tentukan cara mengatasi masalah tersebut!

Pertanyaan

Di suatu daerah terpencil, terdapat sekitar 50 kepala keluarga yang hidup rukun dan damai. Dimana keseharian mereka selalu melakukan pekerjaan dan kegiatan bersama-sama (seperti makan, minum, mandi, bekerja, dll). Hingga suatu hari salah satu penduduknya terkena penyakit TBC (Tuberkulosis). Karena mereka selalu melakukan aktivitas bersama-sama sehingga hampir 90% penduduknya tertular penyakit yang sama. Dari permasalahan tersebut tentukan cara mengatasi masalah tersebut!space space space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Gejala penderita TBC yaitu berupa batuk dalam jangka waktu lama, sesak, dan peradangan pada paru-paru. Penyakit TBC dapat menular melalui droplet orang yang terinfeksi, misalnya ketika orang yang terinfeksi bicara, batuk, atau meludah. Berdasarkan kasus pada soal, 90% penduduk pada suatu daerah terjangkit TBC karena adanya pekerjaan dan kegiatan bersama-sama. Manfaat biologi dalam bidang kedokteran dan kesehatan berperan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Cara untuk mengatasi permalasahan yang terjadi pada daerah tersebut yaitu :

  1. Menerapkan protokol kesehatan 
  2. Vaksin BCG bagi yang belum terinfeksi 
  3. Isolasi penduduk antara yang sudah terinfeksi dan belum 
  4. Antibiotik untuk TBC bagi penduduk yang terinfeksi 

37

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Coba jelaskan, apakah pengembangan biologi selalu memberi peran positip bagi manusia!

173

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia