Roboguru

Di samping menimbulkan penderitaan dan kemiskian, kebijakan kolonial Belanda di bidang ekonomi juga ada nilai positifnya. Coba kamu jelaskan!

Pertanyaan

Di samping menimbulkan penderitaan dan kemiskian, kebijakan kolonial Belanda di bidang ekonomi juga ada nilai positifnya. Coba kamu jelaskan!

Pembahasan Soal:

Dalam buku Sejarah Ekonomi Indonesia (1988) karya Anne Booth, kebijakan pemerintah kolonial Belanda di Indonesia menimbulkan dampak positif dan negatif di bidang ekonomi masyarakat Indonesia. Dampak positif bidang ekonomi kolonialisme Belanda adalah masyarakat Indonesia mengetahui sistem ekonomi liberalis dan kapitalis, diperkenalkannya sistem perbankan di Indonesia, munculnya alat transportasi modern seperti kereta api dan kapal uap

Dengan demikian, dampak positif penjajahan belanda di bidang ekonomi yaitu memperoleh ilmu cara tanam yg lebih bagus dan efisien sehingga meningkatkan nilai ekonomi agraris, mengetahui komoditas ekspor, mengetahui komoditas tanaman penting dari luar nusantara, mempelajari ilmu sistem irigasi sehingga meningkatkan komoditas agraris, dan mengenal sistim mata uang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada masa pemerintahannya, Daendels melakukan kebijakan untuk menggabungkan daerah-daerah di Indonesia untuk memudahkan pemerintah kolonial Belanda mengumpulkan pajak. Kebijakan ini termasuk dalam keb...

Pembahasan Soal:

Beberapa kebijakan dan tindakan Daendels dalam bidang sosial-ekonomi di antaranya adalah:

  1. Melakukan penggabungan daerah-daerah di Indonesia untuk memudahkan dalam pemungutan pajak.
  2. Meningkatkan pemungutan pajak.
  3. Memperbanyak penanaman komoditas pertanian yang hasilnya laku di pasaran dunia.
  4. Mengeluarkan kebijakan penyerahan wajib hasil pertanian.
  5. Melakukan penjualan tanah-tanah di Indonesia kepada pihak swasta.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Rakyat Indonesia semakin menderita ketika Daendels berkuasa sekitar tahun 1808-1811. Rakyat Indonesia dipaksa membangun jalan dari Anyer sampai panarukan nyaris tanpa balas jasa. Mereka tidak diberika...

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa H.W. Daendels diangkat menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tahun 1808-1811. Sebagai Gubernur Jendral, Daendels memiliki tugas utama untuk mempertahankan Jawa agar tidak dikuasai oleh Inggris. Selain itu, Daendels ditugaskan untuk memperkuat pertahanan, memperbaiki administrasi pemerintahan dan memperbaiki kehidupan social ekonomi di Hindia Belanda khususnya di pulau Jawa. Dalam rangka menjalankan tugas sebagai Gubernur Jenderal, Daendels melakukan beberapa langkah strategis dalam bidang pertahanan hingga social ekonomi. Berikut ini adalah salah satu kebijakan Daendels dalam berbagai bidang. salah satu kebijakan daendels adalah membangun jalan raya dari Anyer (Jawa Barat, sekarang Provinsi Banten) sampai Panarukan (ujung timur Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur) sepanjang kurang lebih 1.100 km.  Adapula kebijakan Daendels yang lainnya adalah meningkatkan penanaman tanaman yang hasilnya laku di pasaran dunia.

Dalam menjalakan kebijakannya,  Daendels mengerahkan rakyat untuk kerja rodi. Dengan kerja rodi itu maka rakyat yang sudah jatuh miskin menjadi semakin menderita, sampai banyak rakyat Hindia yang jatuh sakit bahkan tidak sedikit yang meninggal. Akibatnya, timbul perlawanan-perlawanan di berbagai daerah baik yang dilakukan oleh rakyat ataupun para raja-raja yang terkena dampak dari kebijakan Daendels salah satunya adalah perlawanan yang dilakukan Raden Rangga di Jawa Tengah. Dengan demikian,kondisi pada masa pemerintahan Daendels memicu terjadinya perlawanan-perlawanan di berbagai daerah yang menentang kebijakan-kebijakan Daendels.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Kekuasaan Belanda di Indonesia diawali dengan pemerintahan Daendels. Berikut ini yang merupakan kebijakan pemerintahan Daendels adalah bidang ...

Pembahasan Soal:

Herman Willem Daendels merupakan gubernur jenderal pertama Belanda di Hindia Belanda. Daendels ditunjuk oleh Louis Napoleon sebagai gubernur jenderal di Hindia Belanda pada 1808. Ia bertugas menjalankan kekuasaan dan pemerintahan Kerajaan Belanda di Hindia Belanda. Herman Willem Daendels merupakan salah satu patriot Belanda yang sangat terpengaruh semangat Revolusi Prancis. Semangat tersebut diaplikasikan Daendels dalam menjalankan kekuasaan di Hindia Belanda. Daendels berusaha menghapuskan praktik feodalisme untuk menciptakan masyarakat yang dinamis. Kebijakan-kebijakan Daendels selama di Hindia Belanda mencakup berbagai bidang, di antaranya adalah.

Bidang Pertahanan dan Militer

  • Membangun benteng-benteng pertahanan dan pangkalan angkatan laut di Anyer dan Ujungkulon
  • Meningkatkan jumlah tentara terutama yang diambil dari orang-orang Indonesia
  • Membangun jalan raya pos (Groote Postweg)

Bidang Pemerintahan

  • Membagi Pulau Jawa menjadi sembilan prefektur
  • Kedudukan bupati sebagai penguasa tradisional diubah menjadi pegawai pemerintahan yang digaji
  • Kerajaan Banten dan Cirebon dihapuskan dan daerahnya dinyatakan sebagai wilayah Hindia Belanda

Bidang Peradilan

  • Membagi tiga jenis peradilan (bagi orang Belanda dan Eropa, Timur Asing, dan pribumi)
  • Membuat peraturan untuk pemberantasan korupsi

Bidang Ekonomi

  • Mengeluarkan uang kertas
  • Membentuk Dewan Pengawas Keuangan
  • Menjual tanah-tanah kepada pihak swasta atau partikelir
  • Melakukan pemungutan pajak-pajak swasta
  • Menerapkan penyerahan wajib berupa hasil bumi

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berikut ini adalah program–program yang di tempuh pada masa pemerintahan Daendles adalah ...

Pembahasan Soal:

Daendles merupakan salah satu Gubernur Jenderal Hindia Belanda dibawah nauangan Prancis. Pada saat memerintah di Hindia Belanda. Daendles menerapkan beberapa kebijakan, seperti mengharuskan rakyat pribumi untuk melaksanakan penyerahan wajib atas hasil pertaniannya atau Verplichte Leverentie, menjual tanah-tanah Indonesia kepada pihak swasta, menanam tanaman komoditas yang laku di pasar internasional, kerja rodi, dan sebagainya.

Dengan demikian, salah satu kebijakan Daendles adalah Verplichte Leverentie.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Gubernur Jendral Hindia Belanda yang memerintahkan kerja rodi untuk membangun jalan raya anyar panarukan adalah...

Pembahasan Soal:

Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Dalam menjalankan tugasnya ia memberlakukan kerja rodi. kerja rodi berarti rakyat bekerja tak henti, tanpa diberi makan/gaji untuk melakukan pembangunan, selain kebijakan pembuatan jalan Anyer-Panarukan yang panjangnya +- 1000 km itu, Daendels juga melakukan pembangunan benteng-benteng (Benteng Messter Cornelis di Batavia, fort lodewijk di Gresik), mendirikan pabrik senjata, menerapkan verplicthe leverantie, yaitu penyerahan pajak secara paksa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved