Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di permukaan suatu danau terdapat dua buah gabus yang terpisah satu dengan lainnya sejauh 60.cm. Keduanya turun naik bersama di permukaan air dengan frekuensi 2 getaran per detik. Apabila salah satu gabus berada di puncak bukit gelombang, sedangkan gabus yang lainnya berada di lembahgelombang dan di antara kedua gabus itu tei:dapat bukit gelombang, tentukan cepat rambat gelombang air di permukaan danau! ​

Di permukaan suatu danau terdapat dua buah gabus yang terpisah satu dengan lainnya sejauh 60.cm. Keduanya turun naik bersama di permukaan air dengan frekuensi 2 getaran per detik. Apabila salah satu gabus berada di puncak bukit gelombang, sedangkan gabus yang lainnya berada di lembah gelombang dan di antara kedua gabus itu tei:dapat bukit gelombang, tentukan cepat rambat gelombang air di permukaan danau! 

  1. ...undefined  

  2. ... undefined 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cepat rambat gelombangnya adalah 60 cm/s.

cepat rambat gelombangnya adalah 60 cm/s.

Iklan

Pembahasan

Karenasalah satu gabus berada di puncak bukit gelombang, sedangkan gabus yang lainnya berada di lembahgelombang dan di antara kedua gabus itu tei:dapat bukit gelombang, maka jarak kedua gabus tersebut sama dengan panjang dua gelombang. Sehingga panjang gelombang tersebut adalah . Maka cepat rambat gelombang air yang dimaksud adalah: Jadi cepat rambat gelombangnya adalah 60 cm/s.

Karena salah satu gabus berada di puncak bukit gelombang, sedangkan gabus yang lainnya berada di lembah gelombang dan di antara kedua gabus itu tei:dapat bukit gelombang, maka jarak kedua gabus tersebut sama dengan panjang dua gelombang. Sehingga panjang gelombang tersebut adalah begin mathsize 14px style lambda equals fraction numerator 60 space text cm end text over denominator 2 end fraction equals 30 space text cm end text end style. Maka cepat rambat gelombang air yang dimaksud adalah:

begin mathsize 14px style v equals lambda f v equals 30 cross times 2 v equals 60 space text cm/s end text end style  

Jadi cepat rambat gelombangnya adalah 60 cm/s.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Hasya Naila

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jarak antara perahu dengan pantai adalah 72 m. Gelombang air merambat dengan kecepatan 20 m/s dan frekuensi 10 Hz. Banyaknya gelombang yang dihasilkan adalah ….

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia