Roboguru

Di Indonesia terjadi perpindahan penduduk musiman pada mudik lebaran dari kota ke desa, ketika kembali ke kota mereka membawa saudaranya untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengakibatkan terjadi kepa

Di Indonesia terjadi perpindahan penduduk musiman pada mudik lebaran dari kota ke desa, ketika kembali ke kota mereka membawa saudaranya untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengakibatkan terjadi kepadatan penduduk di kota.

Prinsip geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah...

  1. prinsip persebaran

  2. prinsip interelasi

  3. prinsip deskripsi

  4. prinsip korologi

  5. prinsip aglomerasi

Jawaban:

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni:

  • Prinsip Deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta.
  • Prinsip Persebaran/Distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran.
  • Prinsip Interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.
  • Prinsip Korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya.

Sesuai dengan penjabaran di atas,maka jawaban yang tepat untuk prinsip interelasi, dimana perpindahan penduduk ke Jakarta setelah lebaran menimbulkan fenomena kepadatan penduduk yang tinggi. Kasus dalam soal, jelas menyebutkan adanya hubungan faktor manusia dengan faktor manusia.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved