Roboguru

Di Indonesia masih ada yang dikenal dengan desa tertinggal. Hal ini karena dasar stratifikasi sosialnya adalah ....

Pertanyaan

Di Indonesia masih ada yang dikenal dengan desa tertinggal. Hal ini karena dasar stratifikasi sosialnya adalah .... space

  1. kehormatan space

  2. kekayaan space

  3. kekuasaan space

  4. kesalehan space

  5. pendidikan space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan stratifikasi sosial dan poin yang ditanyakan dalam soal adalah dasar stratifikasi sosial.

Stratifikasi sosial diartikan sebagai penggolongan anggota masyarakat secara vertikal atau berstrata sehingga memunculkan adanya kelas-kelas sosial di masyarakat. Dasar pembentukan stratifikasi sosial di antaranya: kekayaan, keturunan, kekuasaan, pendidikan, status dan peran, serta profesi.

Masyarakat desa tertinggal pada umumnya dari tingkat pendidikan masih rendah yang kemudian hal tersebut juga mempengaruhi aspek lain seperti dalam hal ekonomi dengan tingkat pendapatan masyarakat yang rendah karena keahlian yang dimiliki masih minim sehingga taraf hidupnya rendah. Di samping itu dalam memperoleh kekuasaan misalnya di bidang politik juga akan terhambat. Hal tersebut akan mempengaruhi status sosial seseorang di masyarakat. Sementara apabila masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan akan tebih terbuka dengan hal-hal baru misalnya penggunaan teknologi yang kemudian juga akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja yang memberikan keuntungan pada pendapatan sehingga taraf hidupnya lebih meningkat.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Contoh dari orang-orang yang menduduki suatu lapisan sosial berdasarkan pengetahuan, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Pelapisan sosial (stratifikasi sosial) dapat dibentuk berdasarkan ukuran ilmu pengetahuan. Penguasaan ilmu pengetahuan ini biasanya terdapat dalam gelar-gelar akademik dari tingkat sarjana sampai profesor. Oleh karena itu, menjadi seorang guru dan cendekiawan dapat diukur melalui pelapisan sosial berdasarkan ilmu pengetahuan ini.

 

Namun, dalam hal ini sering timbul akibat-akibat negatif kondisi ini dikarenakan dinilai tinggi daripada ilmu yang dikuasainya sehingga banyak orang yang berusaha dengan cara yang tidak benar untuk memperoleh keserjanaannya, misalnya membeli skripsi, menyuap dan ijazah palsu.

Roboguru

Bentuk pembeda anggota masyarakat berdasarkan status sosial yang diperoleh dari keahlian dimiliki merupakan...

Pembahasan Soal:

Stratifikasi sosial dapat diartikan sebagai perbedaan posisi sosial individu-individu dalam masyarakat. Pengertian stratifikasi sosial dapat pula berupa pengelompokan masyarakat secara sosial, budaya, ekonomi atau politik dalam lapisan-lapisan yang jenjang. Dasar pembeda antar satu posisi sosial dengan posisi sosial lainnya berupa perbedaan ekonomi, kekayaan, status sosial, pekerjaan, kekuasaan, dan sebagainya.
Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Perhatikan dasar stratifikasi sosial berikut. dasar keturunan  dasar pendidikan  dasar kekuasaan  dasar profesi dasar jenis kelamin Dasar stratifikasi sosial ditunjukkan oleh nomor...

Pembahasan Soal:

Dasar pembentukan stratifikasi sosial adalah:

  1. Dasar kekayaan: Masyarakat masih lebih menghargai orang yang memiliki kekayaan berlimpah daripada orang yang tidak memiliki kekayaan sama sekali. Jika itu terjadi maka dasar stratifikasi sosial adalah kekayaan atau ekonomi. Stratifikasi seperti disebut kelas sosial.
  2. Dasar pendidikan: Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki, maka semakin tinggi pula kedudukan sosialnya dalam masyarakat. Ukuran ilmu pengetahuan masih digunakan di dalam kehidupan masyarakat. Dengan pendidikan akan menjadi syarat bagi pekerjaan.
  3. Kekuasaan: Jika kekuasaan yang akan masuk dalam lapisan atas. Dengan kekuasan yang dimiliki tinggi maka akan dibanding lebih hormat,berbeda jika kekuasaan yang dimiliki rendah.

Jadi, jawabannya adalah A 1, 2, dan 3space 

 

Roboguru

Perhatikan hal-hal berikut! lmu pengetahuan Jenis kelamin Senioritas Spesialisasi Dalam masyarakat yang paling sederhana dan homogen, stratifikasi sosial biasanya berdasarkan atas ....

Pembahasan Soal:

Dalam masyarakat yang paling sederhana dan homogen, biasanya pembedaan peranan dan kedudukan relatif sedikit sehingga stratifikasi sosialnya pun sedikit. Pelapisan sosial dalam masyarakat ini didasarkan pada jenis kelamin, senioritas, dan kekuasaan. Sebaliknya, pada masyarakat modern, pelapisan sosial didasarkan pada kriteria pendidikan yang menimbulkan beraneka ragam keahlian atau profesi (pembagian kerja). Beberapa jenis pekerjaan dihargai lebih tinggi daripada pekerjaan lain. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 
Roboguru

Salah satu dasar penentuan stratifikasi sosial adalah tingkat pendidikan. Mengapa aspek pendidikan berperan penting dalam menentukan kedudukan seseorang?

Pembahasan Soal:

Stratifikasi sosial adalah pembedaan masyarakat atau individu secara vertikal, dalam artian dalam posisi atau status yang tidak sama. Stratifikasi sosial dapat terbentuk berdasarkan kekayaan (ekonomi), pendidikan, kekuasaan, atau keturunan. Masyarakat masih lebih menghargai orang yang memiliki kekayaan berlimpah daripada orang yang tidak memiliki kekayaan sama sekali. Stratifikasi sosial lewat pendidikan dipandang sebagai jalan untuk mencapai kedudukan yang lebih baik dalam masyarakat. Makin tinggi pendidikan yang diperoleh seseorang makin besar harapan untuk naik status dalam tangga sosialnya. Pendidikan juga mempunyai potensi untuk dapat mengembangkan skill seorang individu sehigga seorang individu dapat memiliki daya saing tinggi dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya, sehingga seorang individu tidak akan tersingkirkan karena kurangnya pendidikan, pada zaman saat ini masyarakat akan lebih memilih untuk dapat berpendidikan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang layak agar dapat meningkatkan ekonomi dan pekerjaan, sehingga dengan mudah menaikan stratifikasi sosial kearah yang lebih tinggi. undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved