Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di era teknologi digital sekarang ini, telah muncul banyak perusahaan-perusahaan E-Commerce , yang umumnya menawarkan harga jual yang lebih murah dan bagi masyarakat dinilai jauh lebih praktis. Berbeda dengan pedagang kaki lima (PKL) yang berskala mikro di mana jumlah aset dan omzet pekerjanya tergolong sangat kecil. Jika perkembangan sektor E-Commerce ini cenderung lebih diperhatikan, sedangkan perlindungan dan pemberdayaan terhadap PKL ini semakin minim, maka bukan tidak mungkin hal ini membuat para PKL semakin terpinggirkan dari persaingan dan jauh dari kesejahteraan. Kondisi ketimpangan ini dapat dipengaruhi oleh ….

Di era teknologi digital sekarang ini, telah muncul banyak perusahaan-perusahaan E-Commerce, yang umumnya menawarkan harga jual yang lebih murah dan bagi masyarakat dinilai jauh lebih praktis. Berbeda dengan pedagang kaki lima (PKL) yang berskala mikro di mana jumlah aset dan omzet pekerjanya tergolong sangat kecil. Jika perkembangan sektor E-Commerce ini cenderung lebih diperhatikan, sedangkan perlindungan dan pemberdayaan terhadap PKL ini semakin minim, maka bukan tidak mungkin hal ini membuat para PKL semakin terpinggirkan dari persaingan dan jauh dari kesejahteraan. Kondisi ketimpangan ini dapat dipengaruhi oleh ….undefined 

  1. pembangunan infrastruktur fisik hanya di desa-desa yang sudah tergolong majuundefined 

  2. suatu daerah mengalami pembangunan pesat, sedangkan daerah lain tidakundefined 

  3. tingkat kesejahteraan golongan pekerja terampil dan pekerja kasar berbedaundefined 

  4. kebijakan pemerintah yang cenderung lebih memberikan perhatian pada perusahaan besarundefined 

  5. diskriminasi perusahaan besar yang tidak memiliki kemampuan ekonomi lebih besar dari PKLundefined 

Iklan

W. Ayu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Ketimpangan ekonomi antarsektor memang dapat menghasilkan kerugian pada sektor industri yang tergolong kecil atau nonunggulan. Hal ini dapat dipengaruhi karena adanya perhatian melaluikebijakan pemerintah yang cenderung lebih banyak mengutamakan industri-industri besar. Maka dari itu, perusahaan besar lebih mudah mengembangkan diri dibandingkan pedagang kaki lima (PKL). Di beberapa kasus lain misalnya, keberadaan sektor industri besar cenderung terkonsentrasi di daerah maju, sedangkan sektor pertanian tersebar merata di daerah yang relatif belum berkembang. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Ketimpangan ekonomi antarsektor memang dapat menghasilkan kerugian pada sektor industri yang tergolong kecil atau nonunggulan. Hal ini dapat dipengaruhi karena adanya perhatian melalui kebijakan pemerintah yang cenderung lebih banyak mengutamakan industri-industri besar. Maka dari itu, perusahaan besar lebih mudah mengembangkan diri dibandingkan pedagang kaki lima (PKL). Di beberapa kasus lain misalnya, keberadaan sektor industri besar cenderung terkonsentrasi di daerah maju, sedangkan sektor pertanian tersebar merata di daerah yang relatif belum berkembang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Latihan Bab

Konsep Ketimpangan Sosial

Faktor Penyebab Struktural dan Kultural Ketimpangan Sosial

Teori-Teori Ketimpangan Sosial

Bentuk-Bentuk Ketimpangan Sosial Ekonomi

50

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan ilustrasi di bawah ini! Terdapat sebuah desa terpencil yang sulit dijangkau akibat tidak adanya akses jalan yang memadai. Kondisi tersebut diperlihatkan dengan kondisi akses jalan yang...

168

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia