Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduknya fenomena itu sangat jarang dijumpai. Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal itu adalah ....

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduknya fenomena itu sangat jarang dijumpai.

Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal itu adalah ....

  1. prinsip korologi

  2. prinsip persebaran

  3. prinsip interelasi

  4. prinsip keruangan

  5. prinsip deskripsi

Iklan

Y. Setyo

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jenderal Soedirman

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ada empat prinsip dalam ilmu geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki karakteristiknya masing-masing, yaitu: Prinsip Distribusi adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena di permukaan bumi. Contohnya adalah biomahutan hujan tropis di Indonesia cenderung berada pada wilayah bagian barat. Prinsip Deskripsi adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu. Penjelasan tersebut dapat berupa pemaparan data dalam tabel, diagram, grafik, dan lain sebagainya. Contohnya adalahhutan hujan tropis merupakanjenis hutan heterogenyang banyak ditumbuhi tanaman yang memiliki daun lebat, Keadaan tanah pada wilayah hutan hujan tropis sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah. Prinsip Interelasi adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat pada berbagai fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Contohnya adalah luasnya padang rumput di Nusa Tenggara Barat menyebabkan banyak masyarakat memilih menggeluti usaha peternakan hewan besar. Prinsip Korologi adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip di atas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang. Pada soal dijelaskan bahwa diwilayah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena tersebut sangat jarang dijumpai. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang mengarah ke prinsip interelasi. Sebab apabila penduduk suatu daerah padat maka setiap penduduk pasti akan melakukan aktivitas sehari-hari untuk bermobilitas (berpindah) yang menggunakan alat transportasi, sehingga menyebabkan kemacetan yang tinggi. Maka, jawaban yang tepat adalah C. Pernyataan pada soal:

Ada empat prinsip dalam ilmu geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki karakteristiknya masing-masing, yaitu:

  1. Prinsip Distribusi adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena di permukaan bumi. Contohnya adalah bioma hutan hujan tropis di Indonesia cenderung berada pada wilayah bagian barat.
  2. Prinsip Deskripsi adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu. Penjelasan tersebut dapat berupa pemaparan data dalam tabel, diagram, grafik, dan lain sebagainya. Contohnya adalah hutan hujan tropis merupakan jenis hutan heterogen yang banyak ditumbuhi tanaman yang memiliki daun lebat, Keadaan tanah pada wilayah hutan hujan tropis sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah.
  3. Prinsip Interelasi adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat pada berbagai fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Contohnya adalah luasnya padang rumput di Nusa Tenggara Barat menyebabkan banyak masyarakat memilih menggeluti usaha peternakan hewan besar.
  4. Prinsip Korologi adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip di atas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang.

Pada soal dijelaskan bahwa di wilayah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena tersebut sangat jarang dijumpai. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang mengarah ke prinsip interelasi. Sebab apabila penduduk suatu daerah padat maka setiap penduduk pasti akan melakukan aktivitas sehari-hari untuk bermobilitas (berpindah) yang menggunakan alat transportasi, sehingga menyebabkan kemacetan yang tinggi. Maka, jawaban yang tepat adalah C.

Pernyataan pada soal:

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang termasuk dalam prinsip geografi adalah ....

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia