Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena ini sangat jarang dijumpai. Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal itu adalah ...

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena ini sangat jarang dijumpai.

Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal itu adalah ...

  1. Prinsip korologi

  2. Prinsip persebaran

  3. Prinsip interelasi

  4. Prinsip keruangan

  5. Prinsip deskripsi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni: Prinsip deskripsi , prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta dsb. Prinsip persebaran/distribusi , sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran. Prinsip interelasi , Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya. Prinsip korologi , Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya. Soal ini mendeskrisikan sebuah fenomena kemacetan pada daerah dengan kepadatan penduduk tinggi dengan kemacetan yang jarang ditemui pada daerah yang berpenduduk lebih sedikit. Kalimat dalam soal hanya berupa gambaran umum kejadian kemacetan dan tidk terdapat unsur-unsur lainnya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni:

  1. Prinsip deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta dsb.
  2. Prinsip persebaran/distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran.
  3. Prinsip interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.
  4. Prinsip korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya.

Soal ini mendeskrisikan sebuah fenomena kemacetan pada daerah dengan kepadatan penduduk tinggi dengan kemacetan yang jarang ditemui pada daerah yang berpenduduk lebih sedikit. Kalimat dalam soal hanya berupa gambaran umum kejadian kemacetan dan tidk terdapat unsur-unsur lainnya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penjelasan dengan menggunakan peta, grafik, dan tabel adalah pengkajiaan geografi menggunakan konsep...

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia