Roboguru

Di daerah yang bersuhu rendah, penduduknya cenderung mengenakan pakaian yang tebal. fenomena ini berkaitan dengan konsep esensial geografi, yaitu....

Pertanyaan

Di daerah yang bersuhu rendah, penduduknya cenderung mengenakan pakaian yang tebal. fenomena ini berkaitan dengan konsep esensial geografi, yaitu....space 

  1. Lokasispace 

  2. Interaksispace 

  3. Aglomerasispace 

  4. Nilai Kegunaanspace 

  5. Interaksi dan Interdependensispace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Terdapat 10 konsep esensial dalam geografi, di antaranya konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, diferensiasi area serta keterkaitan keruangan.Pada soal pernyataan mengenai di daerah yang bersuhu rendah, penduduknya cenderung mengenakan pakaian yang tebal merupakan fenomena yang dibahas menggunakan  konsep lokasi, konsep lokasi menjelaskan mengenai suatu objek atau fenomena geosfer yang berkaitan dengan letaknya di permukaan bumi.

Konsep lokasi dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Lokasi absolut adalah lokasi yang tetap terhadap letak astronomis, seperti garis lintang dan garis bujur. Contohnya: Indonesia terletak diantara 6 LU - 11 LS dan 96 BT - 141 BT.
  2. Lokasi relatif adalah lokasi yang dipengaruhi oleh kondisi letak geografis yang ada disekitarnya. Contohnya: Di daerah yang bersuhu rendah, penduduknya cenderung mengenakan pakaian yang tebal dan di suatu daerah yang bersuhu tinggi, penduduknya cenderung mengenakan pakaian yang tipis atau kaos.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa lumpur Lapindo Sidoarjo menyebabkan nilai harga rumah mengalami penurunan dari nilai jual sebelumnya. Hal itu sangat erat kaitannya dengan ....

Pembahasan Soal:

Penurunan harga tanah di wilayah Sidoarjo yang berdekatan dengan daerah semburan lumpur Lapindo Sidoarjo hal ini sangat berhubungan dengan konsep lokasi dalam geografi. Penurunan harga tanah ini karena lokasi tanah yang sudah tidak strategis karena berdekatan dengan daerah rawan bencana yaitu semburan lumpur lapindo. Karena wilayah tersebut tidak dapat digunakan sebagai mestinya dengan baik. Konsep lokasi adalah konsep letak suatu tempat dengan kejadian fenomena geosfer.

Jadi, jawaban yang benar adalah B

Roboguru

Indonesia terletak di 6° LU — 11° LS dan 95° BT — 141° BT serta diapit oleh Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena t...

Pembahasan Soal:

  • Konsep lokasi adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.
  • Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi.
  • Aglomerasi adalah adanya suatu fenomena yang mengelompok menjadi satu bentuk atau struktur.
  • Jarak adalah ruang atau sela yang menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Konsep Jarak memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif.

Sesuai dengan penjabaran dapat dilihat bahwa konsep yang sesuai adalah konsep Lokasi. Indonesia terletak di 60 43 08’’ LS dan 1060 4315’’ BT menunjukkan lokasi absolut dari Indonesia. Lokasi absolut adalah letak suatu daerah dilihat dari garis lintang dan garis bujur. Keadaan lokasi absolut bersifat statis dan tidak dapat berubah karena berpedoman pada garis astronomi bumi.

Roboguru

Pembangunan pabrik gula perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu agar dapat menekan biaya produksi dan kelangsungan industri tersebut. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Ada 10 konsep dalam ilmu geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut:

  1. Konsep Keterjangkauan, adalah konsep yang membahas tentang kemudahan akses suatu wilayah tertentu. Keterjangkauan ini bisa dilihat dari jarak, biaya transportasi, hingga medan yang akan dilewati. Contohnya adalah pengiriman soal UN ke Papua mengalami keterlambatan karena kondisi jalanan yang rusak dan kondisi medan yang sulit untuk ditempuh.
  2. Konsep Lokasi, adalah konsep yang membahas mengenai suatu letak suatu objek yang ada di permukaan bumi. Contohnnya adalah SMA 17 Agustus berada di Jl. Tebet Dalam III, Jakarta Selatan
  3. Konsep Aglomerasi, adalah konsep yang membahas mengenai pengelompokkan suatu fenomena yang ada di permukaan bumi. Contohnya adalah pengelompokkan beberapa jenis kegiatan industri di Kawasan Industri Pulogadung.
  4. Konsep Morfologi, adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contohnya adalah Kota Jakarta yang memiliki kondisi fisik dataran rendah.
  5. Konsep Diferensiasi Area, adalah konsep yang membahas tentang perbedaan dari wilayah yang ada di permukaan bumi. Contohnya adalah mayoritas orang yang tinggal di wilayah pegunungan akan bekerja di bidang perkebunan, sementara mayoritas orang yang tinggal di wilayah pesisir pantai akan bekerja sebagai nelayan.

Ilustrasi soal menjelaskan tentang keberadaan pabrik gula yang perlu memperhatikan keberadaan perkebunan tebu. Kalimat tersebut menunjukkan adanya penerapan konsep lokasi, yakni lokasi dari pabrik gula dan perkebunan tebu. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis bangkai pesawat Sukhoi yang jatuh pada Rabu, 9 Mei 2012 berada di ketingian 5.100 kaki di permukaan laut pada titik koordinat dan Konsep geogr...

Pembahasan Soal:

Konsep lokasi adalah letak atau tempat dimana fenomena geografi terjadi. Konsep terbagi menjadi 2, yakni lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut adalah letak atau tempat yang dilihat dari garis lintang dan garis bujur (garis astronomi), sedangkan lokasi relatif adalah letak atau tempat yang dilihat dari daerah lain disekitarnya. Posisi pesawat Sukhoi yang tdisebutkan dalam soal adalah 6o 43’ 08” LS dan 106o 43’ 15” BT yang merupakan lokasi absolut. Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat adalah B. konsep lokasi.

Roboguru

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis bangkai pesawat sukhoi yang jatuh pada Rabu, 9 Mei 2012 berada di ketinggian 5.100 kaki dari permukaan laut pada titik koordinat 60 43’ 08’’ LS ...

Pembahasan Soal:

  • Konsep keterjangkauan adalah kemudahan akses jarak tempuh menuju suatu titik. Dalam kata lain keterjangkauan adalah jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal yang harus diperhatikan dalam konsep keterjangkauan adalah sarana dan prasarana penunjang yang ada.
  • Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.
  • Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi
  • Konsep pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.

Pernyataan menunjukkan adanya lokasi bangkai pesawat Sukoi yang jatuh dengan pada titik koordinat 60 43 08’’ LS dan 1060 4315’’ BT. Konsep yang sesuai dengan pernyatan ini adalah konsep lokasi dengan menekankan pada lokasi absolut. Lokasi absolut adalah letak suatu daerah dilihat dari garis lintang dan garis bujur. Keadaan lokasi absolut bersifat statis dan tidak dapat berubah karena berpedoman pada garis astronomi bumi.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved