Pertanyaan

Di bawah ini yang tidak termasuk cara penyebaran Islam di Nusantara, yaitu, kecuali ...

Di bawah ini yang tidak termasuk cara penyebaran Islam di Nusantara, yaitu, kecuali ...

  1. Perkawinan

  2. Perdagangan

  3. Peperangan

  4. Tasawuf

  5. Pendidikan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi jawaban benar adalah C.

opsi jawaban benar adalah C.

Pembahasan

Pembahasan

Islam masuk ke wilayah Nusantara (Indonesia), diperkirakan telah dimulai sejak abad ke-7 masehi, kemudian berangsur-angsur terus hingga abad ke-13 masehi. Dalam proses penyebaran yang berlangsung ketika itu, tentu tidak bisa dilepaskan dari aktivitas perdagangan dunia yang melibatkan wilayah Nusantara sebagai salah bagian di dalamnya, di samping Arab, India, Eropa dan Tiongkok. Dengan begitu, jalur penyebaran yang mula-mula paling efektif dalam islamisasi di Nusantara adalah jalur perdagangan. Selain itu, dalam perkembangan kemudian, jalur perkawinan sebagai konsekuensi karena banyaknya aktivitas perdagangan dan interaksi antar pedagang dan masyarakat pribumi, membuat penyebaran kian masif. Jalur penyebaran lain dalam proses islamisasi di Nusantara adalah jalur kesenian atau kebudayaan, sebagai pendekatan yang cukup efektif dalam mengenalkan Islam kepada masyarakat, terdapat juga jalur tasawuf (kebatinan) untuk mendekatkan diri kepada Allah. Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

Islam masuk ke wilayah Nusantara (Indonesia), diperkirakan telah dimulai sejak abad ke-7 masehi, kemudian berangsur-angsur terus hingga abad ke-13 masehi. Dalam proses penyebaran yang berlangsung ketika itu, tentu tidak bisa dilepaskan dari aktivitas perdagangan dunia yang melibatkan wilayah Nusantara sebagai salah bagian di dalamnya, di samping Arab, India, Eropa dan Tiongkok. 
Dengan begitu, jalur penyebaran yang mula-mula paling efektif dalam islamisasi di Nusantara adalah jalur perdagangan. Selain itu, dalam perkembangan kemudian, jalur perkawinan sebagai konsekuensi karena banyaknya aktivitas perdagangan dan interaksi antar pedagang dan masyarakat pribumi, membuat penyebaran kian masif. Jalur penyebaran lain dalam proses islamisasi di Nusantara adalah jalur kesenian atau kebudayaan, sebagai pendekatan yang cukup efektif dalam mengenalkan Islam kepada masyarakat, terdapat juga jalur tasawuf (kebatinan) untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

2rb+

5.0 (2 rating)

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia