Roboguru

Di bawah ini yang termasuk usaha dagang ialah ….

Pertanyaan

Di bawah ini yang termasuk usaha dagang ialah ….space 

  1. Salon Jelitaspace 

  2. Toko Barokahspace 

  3. Rumah Makan Seger Warasspace 

  4. Losmen Alam Indahspace 

  5. BPR Dana Usahaspace 

Pembahasan Soal:

Usaha dagang dapat didefinisikan sebagai kegiatan jual beli barang jasa dan bertujuan untuk mencari keuntungan termasuk melakukan kegiatan sebagai perantara dari kegiatan jual  beli tersebut.

Macam-macam Usaha Dagang
Sekarang banyak macam bisnis dagang yang bisa dilakukan. Mulai dari skala kecil dengan modal yang kecil hingga skala besar dengan modal yang besar. Tergantung jenis dagangan dan target yang ingin dicapai. Semua jenis usaha tersebut sama-sama memiliki kesempatan untuk mendapat keuntungan. Berikut ini contoh macam-macam bisnis dagang berdasarkan skala atau jangkauannya.

Pengecer
Pernahkah Anda terpikir untuk memiliki bisnis dagang sebagai pengecer? Menjadi pengecer bisa dalam bentuk skala kecil maupun besar. Anda bisa memulai menjadi pengecer untuk barang-barang yang ada di warung-warung atau toko-toko kelontong.

Jika sudah cukup modal, bisnis dapat berkembang dengan menjadi pengecer barang untuk minimarket, supermarket, usaha online, hingga bekerja dalam bentuk direct selling.

Penjualan agen
Usaha dagang penjualan agen kapasitasnya masih berada di atas pengecer. Usaha ini memiliki jaringan yang lebih luas. Jika Anda tertarik untuk menekuni usaha bisnis ini, Anda bisa menjual barang ke banyak wilayah dalam skala yang lebih besar.

Bahkan dengan menjadi agen, Anda bisa menggerakkan agen-agen kecil atau tim pengecer untuk mengembangkan usaha penjualan menjadi lebih luas baik secara online maupun offline. Canggih, bukan?

Dropshipping
Banyak yang sudah mengenal dropshipping. Konsep dropshipping ini cukup berbeda dari berbagai bisnis dagang yang ada. Usaha ini bisa dilakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal.

Dalam usaha ini, Anda berperan sebagai agen pemasaran. Dengan berbekal katalog, Anda bisa memasarkan barang-barang dan mengajak calon pembeli untuk membeli barang.

Setelah calon konsumen memutuskan barang yang akan dibeli, Anda tinggal memesankan barang kepada pihak produsen. Pihak produsen akan mengirimkan barang ke berbagai agen-agen yang sudah bekerja sama dengan pihak produsen untuk melayani dropshipper atau konsumen untuk melayani dan mengambil barang. Dropshipping ini bisa dilakukan dengan mudah melalui sistem online dan offline.

Ekspor impor
Usaha dagang ekspor impor juga memiliki sistem yang juga berbeda dari bisnis dagang lainnya. Dalam bisnis ekspor impor, Anda memiliki jaringan yang luas sampai ke manca negara dan proses transaksinya juga dilakukan melalui lintas negara.

Bekerja dalam jenis usaha ekspor impor, Anda tidak perlu berhubungan dengan proses produksi karena tugas utamanya adalah mencari pembeli luar untuk membeli produk dalam negeri atau sebaliknya mencari pembeli dalam negeri untuk membeli produk dari luar negeri.

Distribusi barang besar
Jika Anda memiliki modal yang besar dan berniat untuk memiliki bisnis dagang dengan skala dan kapasitas yang lebih besar, maka pilihlah berbisnis dalam usaha distribusi barang besar. Usaha distribusi barang besar memungkinkan Anda untuk memiliki jaringan dan lingkaran usaha yang lebih luas.

Bahkan beberapa pelaku usaha yang memiliki jenis usaha ini telah memiliki beberapa macam merek dagang. Jika usaha distribusi barang dengan skala besar berhasil, maka seluruh penjualan produk di beberapa kota berada dalam naungan usaha Anda.

Jadi jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 April 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved