Roboguru

Di bawah ini yang termasuk golongan lingkungan alam adalah....

Pertanyaan

Di bawah ini yang termasuk golongan lingkungan alam adalah....undefined 

  1. individuundefined 

  2. masyarakatundefined 

  3. kelompokundefined 

  4. floraundefined 

  5. manusiaundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada konteks soal lingkungan alam yang dimaksud adalah segala sesuatu yang meliputi pegunungan, sungai, danau, hutan, rawa, flora dan fauna.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Wahyu

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Aritoteles manusia adalah zoon politicon, keberkaitan zoon politicon dengan manusia sebagai makhluk sosial adalah ....

Pembahasan Soal:

Aristoteles seorang ahli filsafat Yunani kuno menyatakan dalam ajarannya, bahwa manusia adalah zoon politicon artinya bahwa manusia itu sebagai makhluk, pada dasarnya selalu ingin bergaul dalam masyarakat. Karena sifatnya ingin bergaul satu sama lain, maka manusia disebut sebagai makhluk sosial.

Manusia sebagai makhluk sosial adalah manusia yang senantiasa hidup dengan manusia lain (masyarakatnya). Ia tidak dapat merealisasikan potensi hanya dengan dirinya sendiri. Manusia akan membutuhkan manusia lain untuk hal tersebut, termasuk dalam mencukupi kebutuhannya.

Maka jawaban yang tepat adalah A.

 

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk sosial?

Pembahasan Soal:

Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu membutuhkan orang lain untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Jadi dalam kehidupan bermasyarakat tidak luput dari interaksi dan komunikasi. Sebenarnya manusia ini saling ketergantungan.space space

Roboguru

Menurut Aristoteles, manusia sebagai makhluk sosial berarti....

Pembahasan Soal:

Seorang ahli filsafat bernama Aristoteles mengatakan bahwa manusia pada kodratnya adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain. Artinya, manusia harus hidup dalam masyarakat. Untuk itu, sebagai makhluk sosial, manusia perlu membangun sikap sosial, seperti tenggang rasa, kerjasama, dan solidaritas. Sikap sosial diperlukan dalam membangun interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan suatu timbal balik antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok.

Roboguru

Kehidupan sosial sangat dibutuhkan oleh setiap manusia karena sejak lahir manusia membutuhkan orang lain untuk ....

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal ini adalah tentang fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat.

Menurut Aristoteles, manusia pada kodratnya adalah makhluk sosial. Manusia harus hidup dalam masyarakat dan menunjukkan sikap sosial yang positif. Bentuk sikap sosial yang positif antara lain adalah tenggang rasa, kerja sama, solidaritas, dan toleransi. Seseorang sudah membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya sejak saat dilahirkan. Kebutuhan ini mengarahkan manusia untuk hidup bersama dengan orang lain dan menjalin interaksi sosial. lnteraksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Roboguru

Secara tidak langsung untuk disebut sebagai masyarakat, dibutuhkan waktu yang relatif lama dan panjang. Pendapat tersebut disampaikan oleh ….

Pembahasan Soal:

Masyarakat merupakan sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Adapun pengertian masyarakat berdasarkan pendapat para ahli (tokoh), sebagai berikut.

  1. Max Weber: Menurut Max weber, pengertian masyarakat adalah suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nilai yang dominan pada warganya.
  2. Selo Soemardjan: Menurut Selo Soemardjan, pengertian masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
  3. Emile Durkheim: Menurut Emile Durkheim, masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif pribadi yang merupakan anggotanya.
  4. Horton dan Hunt:  Menurut Paul B. Horton & C. Hunt, masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok/ kumpulan manusia tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban B. Horton dan Hunt.undefined  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved