Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di bawah ini yang bukan peran pemerintah sebagai pengontrol kegiatanperekonomian adalah ....

Di bawah ini yang bukan peran pemerintah sebagai pengontrol kegiatan perekonomian adalah .... space space 

  1. mengawasi lalu lintas keuangan space space 

  2. mengatur tingkat suku bunga space space 

  3. mengawasi lalu lintas kredit space space 

  4. memproduksi barang/jasa publik space space 

  5. mencetak dan mengedarkan uang space space 

Iklan

M. Fitri

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space space  

Iklan

Pembahasan

Pemerintah memegang peranan penting dalam kegiatan pelaku ekonomi yang ditujukan untuk menentukan kebijakan-kebijakan di bidang ekonomi. Kebijakan-kebijakan tersebut diambil dalam rangka mengatur, menstabilkan dan mengembangkan kegiatan ekonomi dalam masyarakat. Pemerintah sebagai pengatur/regulator. Dalam perannya sebagai regulator, pemerintah memiliki peran sebagai pengatur perekonomian dengan mengatur kebijakan-kebijakan dalam bidang perekonomian, yaitu kebijakan fiskal, kebijakan moneter dan kebijakan perdagangan internasional. Pemerintah sebagai produsen. Dalam perannya sebagai produsen, pemerintah memiliki peran untuk menghasilkan serta memproduksi barang dan jasa yang dilaksanakan oleh perusahaan pemerintah yaitu BUMN dan BUMD. Pemerintah sebagai konsumen. Untuk menjalankan perannya sebagai regulator dan produsen, pemerintah membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, yang dibeli dari rumah tangga perusahaan/produsen. Hal ini menjadikan pemerintah perlu untuk menggunakan faktor-faktor produksi sehingga pemerintah dalam hal ini bertindak sebagai konsumen. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pemerintah memegang peranan penting dalam kegiatan pelaku ekonomi yang ditujukan untuk menentukan kebijakan-kebijakan di bidang ekonomi.
Kebijakan-kebijakan tersebut diambil dalam rangka mengatur, menstabilkan dan mengembangkan kegiatan ekonomi dalam masyarakat.

  1. Pemerintah sebagai pengatur/regulator. Dalam perannya sebagai regulator, pemerintah memiliki peran sebagai pengatur perekonomian dengan mengatur kebijakan-kebijakan dalam bidang perekonomian, yaitu kebijakan fiskal, kebijakan moneter dan kebijakan perdagangan internasional.
  2. Pemerintah sebagai produsen. Dalam perannya sebagai produsen, pemerintah memiliki peran untuk menghasilkan serta memproduksi barang dan jasa yang dilaksanakan oleh perusahaan pemerintah yaitu BUMN dan BUMD.
  3. Pemerintah sebagai konsumen. Untuk menjalankan perannya sebagai regulator dan produsen, pemerintah membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, yang dibeli dari rumah tangga perusahaan/produsen. Hal ini menjadikan pemerintah perlu untuk menggunakan faktor-faktor produksi sehingga pemerintah dalam hal ini bertindak sebagai konsumen.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space  

Latihan Bab

Biaya Produksi

Produksi

Konsumsi

Distribusi

833

jaemin's wife

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Peranan utama pelaku kegiatan ekonomi adalah ….

210

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia