Roboguru

Di bawah ini yang bukan merupakan peran BUMD terhadap perekonomian Indonesia, yaitu ....

Pertanyaan

Di bawah ini yang bukan merupakan peran BUMD terhadap perekonomian Indonesia, yaitu .... 

  1. membangun berbagai infrastruktur 

  2. mendorong peran serta masyarakat dalam bidang usaha 

  3. pemupukan dana bagi pembiayaan pembangunan daerah 

  4. memenuhi kebutuhan barang dan jasa bagi kepentingan publik 

Pembahasan Soal:

Badan usaha milik daerah (BUMD) memiliki peranan utama, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Melaksanakan kebijakan pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan daerah.
  • Mendorong peran serta masyarakat dalam bidang usaha. Opsi B
  • Pemupukan dana bagi pebiayaan pembangunan daerah. Opsi C
  • Memenuhi kebutuhan barang dan jasa bagi kepentingan publik. Opsi D
  • Menjadi perintis kegiatan dan usaha yang kurang diminati swasta.

Oleh karena itu yang bukan termasuk peran BUMD ialah membangun berbagai infrastruktur.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Saepuloh

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Join venture adalah....

Pembahasan Soal:

Joint venture adalah  kerja sama antara dua perusahaan atau lebih untuk menjalankan usaha bersama dalam periode waktu tertentu. Kerja sama ini biasanya terjadi antara perusahaan luar negeri (asing) dengan perusahaan dalam negeri. Joint venture termasuk jenis kerja sama kontrak karena dilakukan atas dasar aturan tertentu dan sudah disepakati secara tertulis dalam sebuah kontrak.

Roboguru

Tujuan koperasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Tujuan koperasi berdasarkan Undang-Undang Perkoperasian adalah mensejahterakan anggota koperasi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Anggota koperasi akan diberikan keuntungan dari pembagian SHU, selain itu koperasi ada untuk memenuhi kebutuhan anggota. Misalnya, ada yang membutuhkan pinjam dana, pemasaran, produksi, dll.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space  

Roboguru

Siapa itu pelaku ekonomi?

Pembahasan Soal:

Pelaku ekonomi adalah individu atau lembaga yang terlibat dalam proses kegiatan ekonomi. Kegiatan tersebut baik produksi, distribusi, maupun konsumsi. Terdapat beberapa pihak yang bisa disebut sebagai pelaku ekonomi. 

Rumah Tangga Produsen:

Rumah tangga produsen adalah sebuah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang ataupun sekelompok orang yang bertujuan menghasilkan berbagai macam barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Atau dengan kata lain produsen adalah organisasi ekonomi yang didirikan dengan untuk tujuan memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Rumah Tangga Konsumsi:

Rumah tangga konsumsi merupakan sekelompok masyarakat (kelompok atau individu) yang melakukan kegiatan konsumsi barang maupun jasa yang dihasilkan produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak terbatas.

Rumah Tangga Pemerintah:

Pemerintah merupakan pihak yang memiliki peran vital dalam sebuah perekonomian, pemerintah bertugas untuk mengontrol dan mengendalikan perekonomian negara agar masyarakat dapat mencapai kemakmuran. Dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi dan pemerintah, negara telah mengamanatkan dalam UUD pasal 33 ayat (2) tahun 1945, yang berbunyi: "Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara." 

Masyarakat Luar Negeri:

Keadaan setiap negara mempunyai perbedaan satu sama lain, baik itu keadaan geografisnya atau keadaan masyarakatnya. Keadaan geografis mengakibatkan terjadinya perbedaan sumber daya alam, ada negara yang mempunyai sumber daya alam yang berlimpah dan ada juga negara yang tidak memiliki sumber daya alam yang baik tetapi punya sumber daya manusia yang berkualitas. Karena memiliki SDA dan juga SDM yang berbeda-beda, suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Oleh karena itu, peran masyarakat internasional atau masyarakat luar negeri sangat penting, yaitu dalam kegiatan ekspor dan impor.

Roboguru

Bagaimana upaya badan usaha untuk memperoleh keuntungan?

Pembahasan Soal:

Badan usaha berperan sebagai produsen dalam kegiatan ekonomi dengan tujuan utama mendapatkan keuntungan. Upaya badan usaha memperoleh keuntungan adalah sebagai berikut.

  • Menetapkan harga produk dengan baik (proporsional)
    Sebagai produsen, menetapkan harga dengan proporsional adalah keharusan, artinya harga tidak terlalu murah agar mendapatkan laba yang tepat, namun jangan terlalu mahal juga agar konsumen nyaman dengan produk yang dijual.
  • Mengevaluasi kinerja bisnis
    Setiap bisnis yang berjalan perlu dilakukan evaluasi rutin agar terhindar dari hambatan bisnis, evaluasi yang dilakukan biasanya menyesuaikan dengan perusahaan, bisa sebulan sekali, tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau satu tahun sekali.
  • Mengoptimalkan pemasaran
    Tentunya untuk mendapatkan laba yang optimal, pemasaran merupakan ujung tombak dalam penentu keberhasilan penjualan produk sebuah perusahaan. Selain pemasaran dengan cara konvensional, dengan adanya internet pemasaran bisa lebih optimal dengan melalui media digital juga.
  • Fokus ke pertumbuhan bisnis 
    Menjalankan bisnis bagi perusahaan tentu harus fokus terhadap tujuan dari perusahaan yaitu mencari keuntungan seoptimal mungkin. Pertumbuhan tersebut tidak dapat dirasakan dengan instan, namun membutuhkan waktu sebagai proses pertumbuhan bisnis pada perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. space

 

Roboguru

Dasar hukum pendirian perusahaan negara adalah...

Pembahasan Soal:

Dasar hukum pendirian BUMN mengacu pada Inti Pasal 33 UUD 1945 mengamanatkan perekonomian disusun berdasar azas kekeluargaan, cabang-cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara, dan bumi, air dan kekayaan alam didalamnya dikuasai oleh Negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Isi pasal ini mengamanatkan jika sektor strategis yang menjadi pemasukan negara harus diupayakan sendiri menjadi kepemilikan perusahaan negara dan bukan asing, 

Jadi, jawaban yang tepat adalah Cundefined  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved