Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di bawah ini tertera reaksi-reaksi kimia dalam proses katabolisme Jumlah kalori terbesar berturut-turut dihasilkan pada reaksi bemomor . ...

Di bawah ini tertera reaksi-reaksi kimia dalam proses katabolisme

Jumlah kalori terbesar berturut-turut dihasilkan pada reaksi bemomor . ...

 

  1. rightwards arrow 2

  2. rightwards arrow 1

  3. 2 rightwards arrow 3

  4. rightwards arrow 1

  5. rightwards arrow 2

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Katabolisme merupakan reaksi kimiawi di dalam tubuh dimana terjadi pemecahan senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Contoh reaksi katabolisme di dalam tubuh adalah reaksi respirasi. Reaksi ini memecah senyawa kompleks berupa karbohidrat menjadi karbondioksida, air dan energi dalam bentuk ATP. Berdasarkan kebutuhan akan oksigen maka reaksi respirasi dibagi menjadi 2 yaitu respirasi aerob dan anaerob dengan reaksi seperti di bawah ini: Respirasi Aerob: Respirasi Anaerob: Pada pilihan reaksi yang diberikan pada soal : Reaksi katabolisme berupa respirasi aerob. Reaksi ini membutuhkan oksigen yang kemudian menghasilkan karbondioksida, air, kalori sebanyak 675 kal dan enerrgi dalam bentuk ATP sebanyak 38 ATP. 1 ATP = 7.600 kal. 38 ATP x 7.600 kal = 288.800 kal. Reaksi katabolisme berupa respirasi anaerob. Reaksi ini bisa berjalan tanpa adanya oksigen dan tetap menghasilkan energi dalam bentuk ATP namun hanya berjumlah sedikit yaitu berkisar 2 ATP. Selain itu, pada respirasi anaerob juga menghasilkan alkohol, karbondioksida dan kalori sebanyak 21 kalori. 1 ATP = 7.600 kal. 2 ATP x 7.600 kal = 15.200 kal. Reaksi nitrifikasi. Reaksi anabolisme berupa proses oksidasi ammonia menjadi nitrit atau nitrat dan menghasilkan kalori sebanyak 158 kkal. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Katabolisme merupakan reaksi kimiawi di dalam tubuh dimana terjadi pemecahan senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Contoh reaksi katabolisme di dalam tubuh adalah reaksi respirasi. Reaksi ini memecah senyawa kompleks berupa karbohidrat menjadi karbondioksida, air dan energi dalam bentuk ATP. Berdasarkan kebutuhan akan oksigen maka reaksi respirasi dibagi menjadi 2 yaitu respirasi aerob dan anaerob dengan reaksi seperti di bawah ini :

Respirasi Aerob:

Respirasi Anaerob:

Pada pilihan reaksi yang diberikan pada soal :

  1. Reaksi katabolisme berupa respirasi aerob. Reaksi ini membutuhkan oksigen yang kemudian menghasilkan karbondioksida, air, kalori sebanyak 675 kal dan enerrgi dalam bentuk ATP sebanyak 38 ATP. 1 ATP = 7.600 kal. 38 ATP x 7.600 kal = 288.800 kal.
  2. Reaksi katabolisme berupa respirasi anaerob. Reaksi ini bisa berjalan tanpa adanya oksigen dan tetap menghasilkan energi dalam bentuk ATP namun hanya berjumlah sedikit yaitu berkisar 2 ATP. Selain itu, pada respirasi anaerob juga menghasilkan alkohol, karbondioksida dan kalori sebanyak 21 kalori. 1 ATP = 7.600 kal. 2 ATP x 7.600 kal = 15.200 kal.
  3. Reaksi nitrifikasi. Reaksi anabolisme berupa proses oksidasi ammonia menjadi nitrit atau nitrat dan menghasilkan kalori sebanyak 158 kkal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jenis metabolisme yang merupakan reaksi eksergonik dan berperan dalam menghasilkan ATP melalui respirasi sel adalah ….

739

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia