Roboguru

Di bawah ini terdapat negara-negara anggota pada awal pembentukan ASEAN, kecuali....

Pertanyaan

Di bawah ini terdapat negara-negara anggota pada awal pembentukan ASEAN, kecuali....

  1. Malaysia

  2. Filipina

  3. Singapura

  4. Indonesia

  5. Brunei Darussalam

Pembahasan Soal:

Perasaan senasib sebagai bekas negara terjajah menyebabkan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara berinisiatif melakukan kerjasama antarnegara di kawasan Asia Tenggara. Pada 8 Agustus 1967, keinginan membentuk organisasi kerja sama antarnegara di kawasan Asia Tenggara terwujud melalui pertemuan Bangkok. Pertemuan yang dihadiri lima tokoh dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina yang menghasilkan kesepakatan mengenai pembentukan organisasi yang bernama Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan lima negara tersebut otomatis menjadi anggota awal dari ASEAN.

Berdasarkan penjelasan tersebut jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 03 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa kepanjangan ASEAN ?

Pembahasan Soal:

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara. Tujuan utama dari ASEAN ialah untuk mencipatakan kedamaian, keamanan, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. Hal tersebut, didasari dengan kondisi di kawasan Asia Tenggara di era 1960-an yang rawan akan konflik karena pengaruh ideologi negara lain. ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok.

Dengan demikian kepanjangan dari ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations.undefined

1

Roboguru

Kapan berdiri Asean

Pembahasan Soal:

ASEAN didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui Deklarasi Bangkok. PERBARA (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara) yang lebih terkenal dengan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) ini adalah sebuah organisasi geo politik dan ekonomi dari Negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. ASEAN mendapat anggota baru pada tanggal 7 Januari 1984 yaitu Brunai Darussalam, disusul oleh Vietnam sebagai anggota baru ASEAN yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995 dan hingga sampai saat ini, anggota ASEAN adalah semua Negara di Asia Tenggara, kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.

Dengan demikian, ASEAN didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967.

0

Roboguru

Siapakah pendiri ASEAN?

Pembahasan Soal:

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nation atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Latar belakang berdirinya organisasi ini didasarkan pada letak geografis, kepentingan nasional, persamaan nasib, dan kebudayaan. ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pendirian ASEAN dipelopori oleh lima negara, yaitu:

  1. Singapura : S. Rajaratnam
  2. Thailand : Thanat Khoman
  3. Malaysia : Tun Abdul Razak
  4. Indonesia : Adam Malik
  5. Filipina : Narciso Ramos

Meski ASEAN adalah asosiasi negara-negara Asia Tenggara, tapi kenyataannya belum semua negara di wilayah Asia Tenggara tergabung dalam ASEAN. Adapun tujuan dibentuknya ASEAN adalah.

  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan budaya di kawasan Asia Tenggara.
  2. Mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui penghormatan terhadap keadilan dan supremasi hukum dalam hubungan antara negara di kawasan dan kepatuhan terhadap asas Piagam PBB.
  3. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu antar anggota demi kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi, ilmu pengetahuan, dan administratif.
  4. Menyediakan bantuan satu sama lain dalam bentuk fasilitas-fasilitas latihan dan penelitian.
  5. Kerjasama yang lebih besar dalam bidang pertanian, industri, perdagangan, pengangkutan, komunikasi serta usaha peningkatan standar kehidupan rakyat.
  6. Memajukan studi-studi masalah Asia Tenggara.
  7. Memelihara dan meningkatkan kerjasama yang bermanfaat dengan organisasi-organisasi regional dan internasional yang ada.

Dengan demikian pendirian ASEAN dipelopori oleh lima negara, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia dan Filipina.

0

Roboguru

Kapan berdirinya organisasi ASEAN?

Pembahasan Soal:

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Organisasi ini didirikan berdasarkan Deklarasi Perbara oleh Indonesia, Malaysia, Flipina, Singapura, dan Thailand. ASEAN bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan kestabilan di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

Dengan demikian, ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967.

0

Roboguru

Apa yang anda ketahui tentang Sekretarian ASEAN?

Pembahasan Soal:

Sekretariat ASEAN adalah organ ASEAN yang berfungsi meningkatkan koordinasi antar badan ASEAN dan implementasi berbagai kegiatan dan proyek dalam kerangka kerja sama ASEAN. Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Sekretaris Jenderal.

Dengan demikian, tugas Sekretaris ASEAN adalah menjalankan pekerjaan sehari-hari yang dipertanggungjawabkan kepada sidang para Menteri Luar Negeri ASEAN dan Standing Committee, memperlancar dan membantu kemajuan perkembangan pelaksanaan kegiatan ASEAN, membantu peningkatan pelaksanaan semua proyek dan semua kegiatan ASEAN, sebagai jalur komunikasi antara ASEAN dengan semua organisasi regional dan internasional, pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved