Roboguru

Di bawah ini bukan merupakan komposisi media tanam yang dibutuhkan tanaman ....

Pertanyaan

Di bawah ini bukan merupakan komposisi media tanam yang dibutuhkan tanaman ....undefined 

  1. Pasirundefined 

  2. Tanah liatundefined 

  3. Remahundefined 

  4. Akar-akaranundefined 

Pembahasan Soal:

Media tanam disebut juga dengan media tumbuh, bagi tanaman umumnya berupa tanah. Tanah liat adalah tanah yang miskin unsur hara dan sifatnya yang tidak menahan air sehingga air tidak terserap ke dalamnya. Tanah liat adalah media tanam yang kurang diminati karena sifatnya tersebut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Anissa

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kelompok tanaman di bawah ini yang perkembangbiakannya secara kawin alami adalah ....

Pembahasan Soal:

Pekawinan alami sering disebut juga dengan perkembangbiakan secara generatif. Perkembangbiakan secara generatif yaitu perkembangbiakan yang melalui proses peleburan benang sari dan putik. Pada tumbuhan perkembangbiakan secara generatif ini sering dibantu oleh serangga, angin maupun manusia. Contohnya perkembangbiakan tumbuhan secara generatif ini yaitu pada terung, cabe dan tomat. 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Perhatikan gambar tumbuhan berikut!  Bagaimana cara perkembangbiakan vegetatif alami dan vegetatif buatan pada kedua jenis tumbuhan tersebut? Coba jelaskan!

Pembahasan Soal:

Perkembangbiakan vegetatif blami pada tumbuhan diantaranya yaitu Rhizoma (Rimpang), Stolon (Geragih), Umbi Lapis, Umbi Batang, Tunas dan Tunas Adventif. Sementara perkembangbiakan vegetatif buatan terdiri atas setek, runduk, cangkok, sambung dan tempel.

Gambar A merupakan tumbuhan Stroberi. Bentuk perkembangbiakan vegetatif pada stroberi yaitu :

  • Vegetatif alami dengan cara Stolon (Geragih), yaitu bagian batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Pada bagian ruas-ruasnya muncul akar dan akan tumbuh menjadi individu baru.
  • Vegetatif buatan dengan cara runduk, yaitu dengan membengkokkan atau membenamkan bagian batang atau cabang suatu tumbuhan ke dalam tanah. Akar akan terbentuk pada bagian batang yang ditimbun tanah. Setelah tumbuh akar, bagian tersebut dapat dipotong dan dipindahkan sehingga tumbuh menjadi individu baru.

Gambar B merupakan tumbuhan Bambu. Bentuk perkembangbiakan vegetatif pada bambu yaitu :

  • Vegetatif alami dengan cara tunas. Tunas merupakan bagian tumbuhan yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Tunas biasanya terbentuk melalui pembelahan sel pada bagian jaringan meristematis misalnya di ujung batang, ketiak daun, dan ruas-ruas batang.
  • Vegetatif buatan dengan cara setek. Setek adalah teknik perkembangbiakan tanaman dengan cara memotong bagian tanaman untuk ditanam sehingga akan tumbuh menjadi individu baru. Bagian tanaman bambu yang dapat digunakan untuk setek yaitu batang.undefined 
Roboguru

Sebutkan perbedaan antara tumbuhan angiospermae dan gynmospermae!

Pembahasan Soal:

Tumbuhan berbiji dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu Gymnospermae dan Angiospermae. Perbedaan utama pada tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae adalah dari bijinya. Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka sedangkan Angiospermae adalah tumbuhan biji tertutup. Selain itu, Gymnospermae tidak mempunya organ reproduksi generatif berupa bunga. Organ reproduksi generatif pada Gymnospermae adalah strobilus. Sedangkan organ reproduksi pada Angiospermae adalah bunga. Contoh tumbuhan Gymnospermae yaitu pinus, pakis haji, melinjo, dan ginkgo. Contoh tumbuhan Angiospermae adalah karet, jambu, padi, tebu, jahe, jagung, dan mangga.undefined 

Roboguru

Pohon mangga dapat dikembangbiakkan secara vegetatif buatan dan generatif. Di antara kedua teknik perkembangbiakan tersebut, manakah yang akan menghasilkan keturunan dengan sifat sama seperti induknya...

Pembahasan Soal:

Teknik perkembangbiakan tumbuhan yang dapat menghasilkan keturunan dengan sifat sama dengan induknya adalah secara vegetatif buatan. Keturunan yang lebih cepat berbuah adalah secara vegetatif buatan karena teknik ini dilakukan ketika tumbuhan induk sudah memasuki pertumbuhan dewasa. Sehingga keturunannya dapat berbuah cepat dibandingkan denfan teknik generatif yang ditumbuhkan dari biji dan harus melewati proses pertumbuhan perkembangan yang lama.undefined 

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara perkembangbiakan vegetatif dengan perkembangbiakan generatif pada tumbuhan!

Pembahasan Soal:

Perkembangbiakan pada tumbuhan dapat dilakukan secara vegetatif maupun generatif. Perbedaan kedua cara perkembangbiakan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Perkembangbiakan secara generatif, terjadi proses fertilisasi (bertemunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina). Contohnya pada tanaman kamboja dan mawar.
  • Perkembangbiakan secara vegetatif, tidak terjadi proses fertilisasi. Perkembangbiakan secara vegetatif terbagi menjadi dua jenis yaitu vegetatif alami (tanpa bantuan manusia) dan vegetatif buatan (dengan bantuan manusia). Contoh vegetatif alami yaitu tunas dan rhizoma, contoh vegetatif buatan yaitu cangkok dan stek.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved