Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di bawah ini adalah kalimat yang menggunakan kata penghubung dengan benar. (Ada lebih dari satu jawaban benar. Pilih semua jawaban benar).

Di bawah ini adalah kalimat yang menggunakan kata penghubung dengan benar. (Ada lebih dari satu jawaban benar. Pilih semua jawaban benar).space 

  1. Aku dan adik suka berlibur ke Bandung.space 

  2. Roni tetap kalah, padahal ia sudah rajin berlatih.space 

  3. Anto suka bermain bola, tetapi aku juga suka bermain bola.space 

  4. Dia bukan marah, melainkan menasihati kamu agar tidak salah lagi.space 

Iklan

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A, B, D.

jawaban yang benar adalah A, B, D.space 

Iklan

Pembahasan

Kata hubung atau konjungsi adalahkata tugasatau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Jenis kata hubung berbagai macam. Berikut adalah beberapa jenis kata hubung yang digunakan dalam pilihan di soal ini: Aku dan adik suka berlibur ke Bandung. Kata hubung yang digunakan pada kalimat ini adalah kata hubunggabungan yang berfungsi menghubungkan antarklausayang memiliki kedudukan yang sama. Kata hubung gabungan adalah dan, lagipula, serta . Penggunaan kata hubung pada kalimat ini tepat. Roni tetap kalah, padahal ia sudah rajin berlatih. Kata hubung yang digunakan pada kalimat ini adalah kata hubungpertentangan yang menghubungkan dua buah kalimat, kata, ataupun klausa yang setara namun mempertentangkan kedua bagian tersebut. Kata hubung pertentanganadalah tetapi, melainkan, padahal,sedangkan . Penggunaan kata hubung pada kalimat ini tepat, karena kedua kalimat memiliki makna berlawanan. Anto suka bermain bola, tetapi aku juga suka bermain bola. Kata hubung yang digunakan pada kalimat ini adalah kata hubungpertentangan yang menghubungkan dua buah kalimat, kata, ataupun klausa yang setara namun mempertentangkan kedua bagian tersebut. Kata hubung pertentanganadalah tetapi, melainkan, padahal,sedangkan . Penggunaan kata hubung pada kalimat ini tidaktepat, karena kedua kalimat tersebut setara. Dia bukan marah, melainkan menasihati kamu agar tidak salah lagi. Kata hubung yang digunakan pada kalimat ini adalah kata hubungpertentangan yang menghubungkan dua buah kalimat, kata, ataupun klausa yang setara namun mempertentangkan kedua bagian tersebut. Kata hubung pertentanganadalah tetapi, melainkan, padahal,sedangkan . Penggunaan kata hubung pada kalimat ini tepat, karena kedua kalimat memiliki makna berlawanan. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A, B, D.

Kata hubung atau konjungsi adalah kata tugas atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Jenis kata hubung berbagai macam. Berikut adalah beberapa jenis kata hubung yang digunakan dalam pilihan di soal ini:

  • Aku dan adik suka berlibur ke Bandung.
    Kata hubung yang digunakan pada kalimat ini adalah kata hubung gabungan yang berfungsi menghubungkan antarklausa yang memiliki kedudukan yang sama. Kata hubung gabungan adalah dan, lagipula, serta. Penggunaan kata hubung pada kalimat ini tepat.
     
  • Roni tetap kalah, padahal ia sudah rajin berlatih.
    Kata hubung yang digunakan pada kalimat ini adalah kata hubung pertentangan yang menghubungkan dua buah kalimat, kata, ataupun klausa yang setara namun mempertentangkan kedua bagian tersebut. Kata hubung pertentangan adalah tetapi, melainkan, padahal, sedangkanPenggunaan kata hubung pada kalimat ini tepat, karena kedua kalimat memiliki makna berlawanan.
     
  • Anto suka bermain bola, tetapi aku juga suka bermain bola.
    Kata hubung yang digunakan pada kalimat ini adalah kata hubung pertentangan yang menghubungkan dua buah kalimat, kata, ataupun klausa yang setara namun mempertentangkan kedua bagian tersebut. Kata hubung pertentangan adalah tetapi, melainkan, padahal, sedangkanPenggunaan kata hubung pada kalimat ini tidak tepat, karena kedua kalimat tersebut setara.
     
  • Dia bukan marah, melainkan menasihati kamu agar tidak salah lagi. 
    Kata hubung yang digunakan pada kalimat ini adalah kata hubung pertentangan yang menghubungkan dua buah kalimat, kata, ataupun klausa yang setara namun mempertentangkan kedua bagian tersebut. Kata hubung pertentangan adalah tetapi, melainkan, padahal, sedangkanPenggunaan kata hubung pada kalimat ini tepat, karena kedua kalimat memiliki makna berlawanan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A, B, D.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Keysha Nabila Putri

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat yang memuat konjungsi temporal yang tepat adalah ...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia