Roboguru
SD

Di awal 1980-an, Indonesia membeli lebih dari 30 pesawat tempur Skyhawk dari Israel yang dilakukan secara rahasia melalui operasi Alpha. Para pilot Indonesia juga dilatih di negara itu oleh instruktur Israel. “Itu kerjasama intelijen yang sangat bagus, sampai semua orang tidak tahu,” ungkap Letjen TNI (purnawirawan) Rais Abin, mantan Panglima pasukan perdamaian PBB di Timur Tengah, kepada BBC Indonesia, Senin (11/12/2017). Rais Abin kemudian menjelaskan operasi intelijen itu dijalankan sangat rapi, termasuk mengelabui seolah-olah para pilot TNI-AU dilatih di AS dan bukan ke Israel. “Di dalam negeri, kita tidak boleh bilang mereka ke Israel.” Operasi Alpha, sambungnya, saat itu tidak banyak diketahui karena 'kerjasama intelijennya yang sangat kokoh sehingga tidak bocor'. Pengadaan pesawat militer dari Israel ini tidak pernah diakui secara resmi oleh TNI, tetapi kemudian terungkap setelah salah-seorang pilot TNI Angkatan Udara (AU), Djoko Poerwoko -yang mengikuti pelatihan di Israel- membocorkan melalui buku otobiografinya berjudul ‘Menari di angkasa’. Sumber: http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-42305112 Aktivitas sosial yang menunjukkan objek kajian Sosiologi sesuai dengan paparan di atas adalah....

Pertanyaan

Di awal 1980-an, Indonesia membeli lebih dari 30 pesawat tempur Skyhawk dari Israel yang dilakukan secara rahasia melalui operasi Alpha. Para pilot Indonesia juga dilatih di negara itu oleh instruktur Israel. “Itu kerjasama intelijen yang sangat bagus, sampai semua orang tidak tahu,” ungkap Letjen TNI (purnawirawan) Rais Abin, mantan Panglima pasukan perdamaian PBB di Timur Tengah, kepada BBC Indonesia, Senin (11/12/2017). Rais Abin kemudian menjelaskan operasi intelijen itu dijalankan sangat rapi, termasuk mengelabui seolah-olah para pilot TNI-AU dilatih di AS dan bukan ke Israel. “Di dalam negeri, kita tidak boleh bilang mereka ke Israel.”

Operasi Alpha, sambungnya, saat itu tidak banyak diketahui karena 'kerjasama intelijennya yang sangat kokoh sehingga tidak bocor'. Pengadaan pesawat militer dari Israel ini tidak pernah diakui secara resmi oleh TNI, tetapi kemudian terungkap setelah salah-seorang pilot TNI Angkatan Udara (AU), Djoko Poerwoko -yang mengikuti pelatihan di Israel- membocorkan melalui buku otobiografinya berjudul ‘Menari di angkasa’.

Sumber: http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-42305112

Aktivitas sosial yang menunjukkan objek kajian Sosiologi sesuai dengan paparan di atas adalah....

  1. Rais Abin menjelaskan operasi intelejen harus dijalankan dengan sangat rapi

  2. Seorang pilot TNI AU membocorkan informasi kerja sama melalui buku otobiografi

  3. Djoko Poerwoko bekerja sama dengan Rais Abin

  4. Para pilot Indonesia dilatih oleh instruktur Israel

  5. Rais Abin merupakan mantan Panglima pasukan perdamaian PBB di Timur Tengah

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Objek kajian Sosiologi membahas tentang hubungan sosial di masyarakat. Pernyataan yang menjelaskan terjalinnya hubungan masyarakat dan menjadi objek kajian Sosiologi sesuai pada bacaan di atas ditunjukkan pada pilihan jawaban D. Pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat karena pernyataan ketiga jawaban tersebut tidak menunjukkan adanya hubungan sosial yang terjalin. Sementara, pilihan jawaban C tidak tepat karena pernyataan tersebut tidak ada dalam bacaan di atas.

12

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan beberapa aktivitas masyarakat berikut ini! Mengolah tanah pertanian/persawahan untuk mendapatkan nafkah Berkomunikasi secara teratur untuk menjaga kesatuan masyarakat Membedakan kedudu...

28

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia