Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di atas meja laboratorium kimia terdapat 4 gelas kimia yang berisi larutan air aki kendaraan, air sabun, larutan cuka, dan air kapur. Jika ke dalam setiap larutan dicelupkan kertas lakrnus merah dan biru, apa yang akan terjadi?

Di atas meja laboratorium kimia terdapat 4 gelas kimia yang berisi larutan air aki kendaraan, air sabun, larutan cuka, dan air kapur. Jika ke dalam setiap larutan dicelupkan kertas lakrnus merah dan biru, apa yang akan terjadi?space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Air aki kendaraan dan larutan cuka akan mengubah lakmus biru menjadi merah dan lakmus merah tetap, sedangkan air sabun dan air kapur akan mengubah lakmus merah menjadi biru dan lakmus biru tetap. Kertas lakmus adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah suatu senyawa bersifat asam, basa atau netral. Kertas lakmus terdiri dari 2 yaitu kertas lakmus merah dan lakmus biru. Pada larutan asam , lakmus biru akan berubah menjadi merah dan lakmus merah tetap merah . Pada larutan basa , lakmus merah akan berubah menjadi biru dan lakmus biru tetap biru . Pada larutan netral, maka lakmus merah dan biru tidak mengalami perubahan warna. Air air kendaraan dan larutan cuka adalah larutan asam. Sedangkan air sabun dan air kapur adalah larutan basa. Hasil pengujian keempat larutan tersebut dengan kertas lakmus dapat dilihat pada tabel berikut.

Air aki kendaraan dan larutan cuka akan mengubah lakmus biru menjadi merah dan lakmus merah tetap, sedangkan air sabun dan air kapur akan mengubah lakmus merah menjadi biru dan lakmus biru tetap.

Kertas lakmus adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah suatu senyawa bersifat asam, basa atau netral. Kertas lakmus terdiri dari 2 yaitu kertas lakmus merah dan lakmus biru.

Pada larutan asam, lakmus biru akan berubah menjadi merah dan lakmus merah tetap merah. Pada larutan basa, lakmus merah akan berubah menjadi biru dan lakmus biru tetap biru. Pada larutan netral, maka lakmus merah dan biru tidak mengalami perubahan warna.

Air air kendaraan dan larutan cuka adalah larutan asam. Sedangkan air sabun dan air kapur adalah larutan basa. Hasil pengujian keempat larutan tersebut dengan kertas lakmus dapat dilihat pada tabel berikut.


Latihan Bab

Konsep pH dan pOH

Kekuatan dan pH Asam Kuat dan Asam Lemah

Kekuatan dan pH Basa Kuat dan Basa Lemah

Indikator Asam-Basa

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data sebagai berikut: Yang termasuk larutan asam adalah....

2rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia