Roboguru

Di antara unsur-unsur berikut yang penting untuk pembentukan klorofil adalah ....

Pertanyaan

Di antara unsur-unsur berikut yang penting untuk pembentukan klorofil adalah ....

  1. Cu dan Mg 

  2. Fe dan Mg

  3. S dan P

  4. Cu dan Fe

  5. Na dan Cl

Pembahasan Soal:

Di antara unsur-unsur berikut yang penting untuk pembentukan klorofil adalah Cu dan Mg.

  • Unsur Cu (unsur mikronutrien) memiliki fungsi utama yaitu komponen enzim redoks, biosintesis lignin, dan pembentukan klorofil. Jika terjadi defisiensi akan mengakibatkan klorosis, daun berbintik-bintik, daun muda layu, keriput dan melengkung seperti magkok.
  • Unsur Mg (unsur makronutrien) memiliki fungsi utama yaitu komponen klorofil dan mengaktifkan enzim. Jika terjadi defisiensi akan mengakibatkan klorosis, daun pucat dan menguning.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Andriyani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sita dan Rani melakukan percobaan pengaruh kotiledon terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang hijau. Dalam percobaan, Sita dan Rani membuat dua kelompok percobaan. Kelompok I diberi perlak...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan data hasil percobaan Sita dan Rani, dapat diketahui bahwa pemotongan kotiledon memengaruhi pertumbuhan tanaman kacang hijau. Tanaman kacang hijau yang mempunyai kotiledon lengkap tumbuh lebih cepat dibanding dengan tanaman yang tidak mempunyai kotiledon. Kondisi tersebut disebabkan jika tanaman memiliki kotiledon maka tanaman memiliki cadangan makanan. Oleh karena itu, apabila cadangan makanan dalam tanaman lengkap dapat memacu pertumbuhan tanaman dengan cepat karena kebutuhan makanan terpenuhi dengan baik. Sementara itu, cahaya juga dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman. Tanaman yang berada di tempat gelap akan tumbuh lebih cepat daripada tanaman yang berada di tempat yang terang. Adapun penyiraman air dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman. Selama penyiraman air tidak berlebihan atau kekurangan maka tidak akan menghambat pertumbuhan tanaman.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space

0

Roboguru

Irma melakukan percobaan tentang pengaruh pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Setelah satu minggu Irma memperoleh data seperti berikut.  Berdasarkan data hasil percobaan yang diperoleh I...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan data hasil pengamatan pengaruh dosis pupuk selama 1 minggu terhadap pertumbuhan tanaman dapat diketahui bahwa dosis pupuk mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Tanaman dapat tumbuh optimal jika diberi pupuk dengan dosis 4 gram, sedangkan jika diberikan kadar pupuk melebihi batas optimal maka pertumbuhan akan terhambat. Hal ini dikarenakan dosis pupuk yang tinggi dapat mengakibatkan pekatnya larutan pada media tanam sehingga sulit diserap oleh akar. Pertumbuhan tanaman akan mencapai optimal apabila faktor penunjang atau pendukung pertumbuhan dalam keadaan optimal, unsur-unsur yang seimbang, dosis pupuk yang tepat serta nutrisi yang dibutuhkan tersedia bagi tanaman. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Dalam perkecambahan biji dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang pada umumnya, diperlukan untuk perkecambahan adalah......

Pembahasan Soal:

Perkecambahan adalah proses awal pertumbuhan suatu tumbuhan, terutama pada tumbuhan berbiji. Tumbuhan berbiji akan mulai aktif dan berkecambah setelah air masuk ke dalam benih atau yang biasa disebut dengan imbibisi air. Faktor yang mempengaruhi perkecambahan ada dua yaitu internal (gen dan hormon) dan eksternal (Air, pH, nutrisi, kadar garam, cahaya, dan oksigen). 

0

Roboguru

Istilah untuk tumbuhan kurang nutrisi adalah....

Pembahasan Soal:

Istilah untuk tumbuhan kurang nutrisi adalah defisiensi. Defisiensi nutrisi atau malnutrisi adalah kondisi ketika tumbuhan tidak mendapatkan unsur pembangun yang dibutuhkan dalam kadar ideal agar tumbuhan bisa tumbuh dengan baik. Hal ini membuat tumbuhan lebih rentan terserang penyakit.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah defisiensi.

0

Roboguru

Faktor eksternal yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan diantaranya adalah ….

Pembahasan Soal:

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar tumbuhan yang ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Faktor eksternal tersebut diantaranya adalah nutrisi, pH, kadar garam, ketersediaan oksigen, cahaya, suhu, dan kelembaban. Dengan demikian, pilihan jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved