Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di antara pasangan-pasangan senyawa berikut, pasangan yang keduanya hanya mempunyai gaya dispersi (gaya London) adalah . . . .

Di antara pasangan-pasangan senyawa berikut, pasangan yang keduanya hanya mempunyai gaya dispersi (gaya London) adalah . . . .space

  1. C O subscript 2 dan HClspace

  2. C H subscript 4 dan O subscript 2space

  3. N H subscript 3 dan H subscript 2 Sspace

  4. C subscript 2 H subscript 5 O H dan C H subscript 3 bond O bond C H subscript 3space

  5. C H subscript 3 C O O H dan C subscript 4 H subscript 10space

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Gaya dispersi atau gaya london adalah gaya tarik menarik antara dipol sementara. Dipol sementara terbentuk karena molekul yang tidak memiliki dipol terinduksi sehingga menyebabkan munculnya dipol positif dan negatif yang sifatnya sementara. Suatu molekul disebut tidak memiliki dipol, jikapada molekul tidak terjadi pergeseran kerapatan elektron. Hal tersebut terjadi pada molekul yang tidak memiliki perbedaan keelektronegatifan dan mungkin juga terjadipada molekul yang bentuknya simetris. Molekul yang tidak memiliki perbedaan keelektronegatifan contohnya molekul diatomik dengan atom yang sama. Pada opsi, molekul tersebut adalah O 2 ​ . Pada molekul dengan bentuk simetris, untuk mengetahui apakah molekul tersebuttidak memiliki dipol, kita harus melihat pergeseran kerapatan elektronnya. Contoh molekul yang bentuknya simetris adalah CH 4 ​ . Berikut penggambaran pergeseran kerapatan elektron pada CH 4 ​ , pergeseran kerapatan elektron ditunjukkan oleh tanda panah. Pergeseran elektron terjadi dari H ke C karena C lebih elektronegatif.Pergeseran kerapatan elektron dari 4 atom H ke atom C akan saling menghilangkan, karena C mengikat 4 atom yang sama dan bentuk molekulnya simetris. Jadi hasilnya pada CH 4 ​ tidak terjadi pergeseran kerapatan elektron. Jadi, molekulyang hanya memiliki gaya london adalah dan . Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Gaya dispersi atau gaya london adalah gaya tarik menarik antara dipol sementara. Dipol sementara terbentuk karena molekul yang tidak memiliki dipol terinduksi sehingga menyebabkan munculnya dipol positif dan negatif yang sifatnya sementara. Suatu molekul disebut tidak memiliki dipol, jika pada molekul tidak terjadi pergeseran kerapatan elektron. Hal tersebut terjadi pada molekul yang tidak memiliki perbedaan keelektronegatifan dan mungkin juga terjadi pada molekul yang bentuknya simetris.

Molekul yang tidak memiliki perbedaan keelektronegatifan contohnya molekul diatomik dengan atom yang sama. Pada opsi, molekul tersebut adalah .

Pada molekul dengan bentuk simetris, untuk mengetahui apakah molekul tersebut tidak memiliki dipol, kita harus melihat pergeseran kerapatan elektronnya. Contoh molekul yang bentuknya simetris adalah . Berikut penggambaran pergeseran kerapatan elektron pada , pergeseran kerapatan elektron ditunjukkan oleh tanda panah.

Pergeseran elektron terjadi dari  ke  karena  lebih elektronegatif. Pergeseran kerapatan elektron dari 4 atom  ke atom   akan saling menghilangkan, karena  mengikat 4 atom yang sama dan bentuk molekulnya simetris. Jadi hasilnya pada  tidak terjadi pergeseran kerapatan elektron.

Jadi, molekul yang hanya memiliki gaya london adalah C H subscript 4 dan O subscript 2.
Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Latihan Bab

Gaya van der Waals

Gaya London

Gaya Dipol-Dipol

Ikatan Hidrogen

416

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di antara molekul-molekul berikut yang mengalami gaya dispersi adalah …

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia