Roboguru

Di antara kelompok-kelompok cacing berikut ini, yang berperan dalam menjaga kesuburan tanah adalah ....

Pertanyaan

Di antara kelompok-kelompok cacing berikut ini, yang berperan dalam menjaga kesuburan tanah adalah .... 

  1. Annelida 

  2. Polychaeta 

  3. Oligochaeta 

  4. Platyhelminthes 

  5. Nemathelminthes 

Pembahasan Soal:

Kelompok cacing yang berguna dalam bidang pertanian adalah Oligochaeta atau disebut dengan cacing tanah. Oligochaeta mempunyai ciri-ciri yaitu rambut sedikit, habitatnya adalah di jumpai di darat, dan perairan tawar. Kemudian bersifat hermafrodit, yang artinya di dalam tubuhnya di jumpai kelamin jantan dan kelamin betina. Cacing tanah merupakan makro fauna tanah yang berperan penting sebagai penyelaras berlangsungnya ekosistem yang sehat bagi biota tanah, hewan dan manusia. Cacing tanah selama ini diketahui sebagai makhluk yang berguna untuk menyuburkan tanah dan sebagai makanan ternak. Fungsi cacing tanah terhadap kesuburan tanah yaitu sebagai organisme detrivor (memakan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati). Setelah dimakan dan dicerna oleh cacing tanah kemudian dikembalikan ke dalam tanah dalam bentuk nutrisi yang mudah dimanfaatkan oleh tanaman, selain itu kotoran cacing tanah juga kaya akan unsur hara. Peran cacing tanah terhadap sifat fisik tanah yaitu dapat memperbaiki aerasi dan drainase di dalam tanah, menguraikan bahan organik,membantu pengangkutan sejumlah lapisan tanah dari bahan organik, dan  dapat memperbaiki struktur tanah, sehingga tanah menjadi subur.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Andriyani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nania mengamati Pheretima posturna yang ditemukan di lingkungan sekitarnya. Dia ingin mengidentifikasi ciri-ciri hewan tersebut. Pernyataan yang benar mengenai ciri-ciri hewan tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Pheretima posturna merupakan salah satu spesies cacing tanah yang masuk dalam subkelas Oligochaeta, filum Annelida. Anggota dari Annelida termasuk hewan triploblastik selomata. Triploblastik berarti memiliki tiga lapisan embrionik, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Selomata berarti memiliki rongga tubuh sejati yang sepenuhnya berasal dari mesoderm.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.undefined 

Roboguru

Jelaskan perbedaan ciri-ciri antara Polychaeta, Oligochaeta, dan Hirudinae!

Pembahasan Soal:

Polycaheta, Oligochaeta, dan Hirudinae merupakan kelas dari filum Annelida. Ketiga hewan dari kelas ini memiliki bentuk tubuh seperti susunan cincin atau bersegmen atau beruas-ruas. Ketiga kelas ini dibedakan berdasarkan chaeta atau seta yaitu rambut halus di setiap ruang tubuhnya. Berikut merupakan ciri-ciri dari masing-masing kelas tersebut: 

  1. Polychaeta, memiliki chaeta atau seta (rambut halus) yang banyak (poly). Tubuh dapat dibedakan menjadi prostomium (kepala) dan peristomium (segmen pertama). Memiliki panjang tubuh sekitar 5-10 cm, dengan diameter 2-10 mm. Memiliki parapodia (alat gerak). Polychaeta hidup di air. Contoh spesies dari polychaeta ini adalah Nereis sp. (cacing air laut). 
     
  2. Oligochaeta, memiliki sedikit (beberapa) chaeta atau seta (rambut halus) pada segmen tubuhnya. Memiliki klitelum yaitu penebalan pada kulit di segmen ke 32-37. Tidak memiliki parapodia, hidup di air tawar atau darat. Bersifat hermafrodit. Contoh: Lumbricus terestris, Pheretima sp. (cacing tanah) 
     
  3. Hirudinae, tidak memiliki seta (rambut halus) dan parapodia. Tubuh pipih dengan ujung anterior dan posterior yang meruncing. Hidup di air tawar, darat, dan air laut. Dan memiliki zat antikoagulasi (anti pembekuan darah). Contoh: Heaemodipso zeylanice (pacet), Hirudo medicinalis (lintah) space 
Roboguru

Lengkapilah perbedaan klasifikasi Annelida berikut : Indikator Polychaeta Oligochaeta Hirudinea Setae     ...

Pembahasan Soal:

Indikator

Polychaeta

Oligochaeta

Hirudinea

Setae

Ada banyak

Ada sedikit

Tidak ada

Parapodia

Ada

Tidak ada

Tidak ada

Habitat

Perairan

Daratan

Darat dan air

Letak mulut

Pangkal ruas

Pangkal ruas

Pangkal ruas

Alat isap

Tidak ada

Tidak ada

Ada

Setae adalah rambut-rambut kecil pada tubuh Annelida. Parapodia adalah tonjolan yang ada di setiap ruas-ruas tubuh Annelida. Kelas yang memiliki alat isap hanya Hirudinea contohnya adalah Lintah dan Pacet (lintah darat).undefined 

Roboguru

Cacing yang membantu menyuburkan tanah adalah . . . . Lysidice sp. Pheretima sp. Eunice viridis Lumbricus sp.

Pembahasan Soal:

Cacing yang membantu untuk menyuburkan tanah adalah Pheretima, sp. dan Lumbricus, sp. Keduanya adalah cacing tanah yang dapat mengolah senyawa organik menjadi senyawa anorganik. Perbedaannya Pheretima, sp. lebih banyak memakan tanah dan mengubah senyawa organik di dalam tanah menjadi senyawa anorganik, sementara Lumbricus, sp. lebih banyak memakan serasah (sisa-sisa tumbuhan). 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C. undefined 

Roboguru

Di bawah ini yang merupakan kelompok cacing yang sangat bermanfaat bagi dunia pertanian ialah. . . .

Pembahasan Soal:

Terdapat anggota Filum Annelida yang menguntungkan bagi manusia, yaitu sebagai penggembur tanah dalam kegiatan pertanian seperti cacing tanah (Pherentima). Cacing tanah diklasifikasikan pada kelas Oligochaeta yang memiliki ciri memiliki sedikit setae pada setiap segmen tubuhnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved