Roboguru

Di antara delta, gumuk pasir, dan tombolo manakah yang dapat menyebabkan banjir?

Pertanyaan

Di antara delta, gumuk pasir, dan tombolo manakah yang dapat menyebabkan banjir?undefined 

Pembahasan Soal:

Delta terjadi karena proses sedimentasi yang terjadi di muara sungai, gumuk pasir terjadi proses sedimentasi yang terjadi karena angin dan membentuk gundukan pasir, dan tombolo adalah endapan material sedimen yang membentuk tanggul pasir alami dan menghubungkan daratan dengan pulau kecil. Berdasarkan deskripsi dari ketiga fenomena tersebut, dapat kita ketahui bahwa delta merupakan delta merupakan daerah yang rawan banjir, karena banyaknya angkutan sedimen yang terbawa arus sungai, maka seterusnya material tersebut akan diendapkan di daerah yang relatif rendah (muaara sungai) dan selanjutnya akan membentuk dataran banjir.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana proses terbentuknya delta, gumuk pasir, dan tombolo terjadi?

Pembahasan Soal:

Bentuk muka bumi disebabkan oleh dua tenaga yang sangat besar. Ada tenaga yang berasal dari dalam bumi dan ada yang berasal dari luar bumi. Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi, yaitu tenaga yang bersifat merusak dan mengikis permukaan bumi, terutama pada bagian-bagian tinggi. Salah satu bentuk dari tenaga eksogen adalah proses sedimentasi, yaitu proses pengendapan material hasil erosi di tempat tertentu yang diangkut oleh angin, air, atau gletser. Akibat dari tenaga tersebut menyebabkan terbentuknya delta, gumuk pasir, tombolo. Delta terjadi karena proses sedimentasi yang terjadi di muara sungai, gumuk pasir terjadi proses sedimentasi yang terjadi karena angin dan membentuk gundukan pasir, dan tombolo adalah endapan material sedimen yang membentuk tanggul pasir alami dan menghubungkan daratan dengan pulau kecil.  

Roboguru

Fenomena yang menunjukkan proses sedimentasi yaitu ....

Pembahasan Soal:

Fenomena yang menunjukkan proses sedimentasi antara lain sebagai berikut.

  1. Meander atau kelokan adalah badan sungai yang berbelok-belok secara teratur dengan arah belokan mencapai lebih dari setengah lingkaran. Meander terletak di bagian tengah sungai.
  2. Dolina, yaitu ubang atau sumur2 yg berbentuk corong didaerah batuan kapur yg tebentuk oleh gaya air hujan.
  3. Uvala, yaitu cekungan tertutup yang luas, yang terbentuk oleh gabungan dari beberapa dolina.
  4. Polje, yaitu cekungan lebar dan rata, berbentuk memanjang dan merupakan perkembangan dari uvala.
  5. Terbentuknya stalaktit dan stalakmit terdapat pada gua di perbukitan kapur, adapun proses terbentuknya stalaktit dan stalakmit berasal dari proses pengendapan akibat adanya air yg membawa material kapur 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Dari pernyataan dibawah ini, yang paling benar…

Pembahasan Soal:

Besarnya aliran sungai dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain luas daerah aliran sungai, kemiringan lereng sungai, banyaknya cabang sungai di bagian hulu, dan lebar badan sungai. Kecepatan aliran sungai memengaruhi pola badan utama sungai. Di bagian hulu, aliran sungai lebih deras, kecepatan aliran sungai cukup besar sehingga energi alirannya mampu membawa partikel yang berukuran besar, tingkat erosi pada bagian dasar sungai lebih tinggi daripada erosi di bagian tepi sungai.  Sementara itu, di bagian tengah, kecepatan air mulai berkurang karena terletak di kawasan dataran yang relatif landai, sehingga energi aliran juga berkurang. Pada hilir/muara sungai, air  mengalir sangat lambat sehingga partikel yang masih  mampu  mengalir  hanyalah partikel berukuran kecil. Mulut sungai dapat terbentuk delta, estuaria, dan gosong pasir.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.undefined

Roboguru

Jelaskan perbedaan delta, meander, dan pesisir pantai ....

Pembahasan Soal:

Hasil dari proses pembentukan sedimen fluvial adalah meander dan delta sungai sedangkan pesisir pantai bukan.

Delta adalah daratan di dekat pantai yang terbentuk karena pengendapan lumpur, tanah, pasir dan batuan yang terbawa oleh air sungai. Delta terbentuk di muara atau hilir sungai. 

Meander adalah kelokan-kelokan alur sungai, biasanya berada di wilayah hilir sungai dan terbentuk karena proses pengikisan dan pengendapan air sungai.

Pesisir pantai adalah daerah yang apabila laut sedang pasang, maka daerah ini terendam air sementara ketika air laut surut daerah ini tidak terandam oleh air. Pesisir pantai berada pada daerah perbatasan antara daratan dan lautan.

Perbedaan antara delta, meander dan pesisir pantai yaitu terletak pada proses terbentuknya, delta terjadi pengendapan di hilir sungai, meander terjadi karena erosi sungai, dan pesisir pantai terbentuk karena pengendapan oleh arus pantai.space 

Roboguru

Daratan yang terbentuk akibat punggungan pasir menyatukan pulau dilepas pantai dengan pantai disebut...

Pembahasan Soal:

Sedimentasi marine adalah pengendapan hasil material abrasi di sepanjang pantai. Bentuk bentang alam yang disebabkan oleh sedimentasi marine, yaitu:

  1. Pantai, adalah tempat interaksi antara air laut dan daratan.
  2. Bar atau gosong pasir, merupakan bentang alam sedimentasi yang berbentuk memanjang sebagai hasil pengerjaan air laut.
  3. Tombolo, yaitu daratan yang terbentuk saat punggungan pasir (spit) memanjang ke arah lepas pantai dan menghubungkan pulau di lepas pantai dengan pantai.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved