Roboguru

Di antara campuran berikut yang merupakan larutan yaitu . . . .

Pertanyaan

Di antara campuran berikut yang merupakan larutan yaitu . . . . 

  1. Jus Tomat 

  2. Air Teh 

  3. Es Buah 

  4. Air Sungai Keruh 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Campuran dibagi menjadi dua, yaitu campuran homogen yang biasa disebut larutan, dan juga campuran heterogen. 

Air teh merupakan campuran antara sari teh yang terlarut di dalam air, sehingga tidak dapat dibedakan lagi antara zat penyusun dari air teh itu sendiri, tapi sifat dari air dan teh tersebut masih terlihat atau dirasakan. Oleh karena itu, campuran yang termasuk larutan adalah air teh.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah Bundefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Campuran berikut yang termasuk ke dalam suspensi kasar adalah  . . . .

Pembahasan Soal:

Campuran suspensi kasar adalah campuran antara dua zat yang masih dapat dibedakan antara zat terlarut dan zat pelarutnya dengan mata telanjang, contoh suspensi kasar adalah kopi, air tanah, obat batuk, dan lain lain. Dengan demikian maka campuran yang termasuk suspensi kasar adalah kopi.space

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Suatu larutan menyebabkan garis warna pada kertas indikator universal menjadi (dari bawah) kuning, hijau, jingga, jingga. Berapakah pH larutan tersebut? Apa sifat larutan tersebut?

Pembahasan Soal:

Indikator kertas universal berupa kertas serap dan tiap kotak kemasan indikator jenis ini dilengkapi dengan peta warna. Penggunaannya sangat sederhana, sehelai indikator dicelupkan ke dalam larutan yang akan diukur pH-nya. Kemudian dibandingkan dengan peta warna yang tersedia.

Untuk warna kertas indikator kuning, hijau, jingga, jingga jika disesuaikan dengan peta warna pada kemasan menunjukkan bahwa pH = 1. Jkika pH < 7 maka larutan bersifat asam, sedangkan jika pH > 7 larutan bersifat basa, dan jika pH = 7 maka larutan bersifat netral. Artinya larutan tersebut bersifat asam, karena pH < 7.

Jadi, pH larutan tersebut adalah 1 dan sifatnya asam.space 

Roboguru

Berdasarkan asalnya, asam dikelompokkan dalam 2 golongan, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan asalnya, asam dikelompokkan dalam 2 golongan, yaitu asam organik dan asam anorganik. Asam organik umumnya bersifat asam lemah, korosif, dan banyak terdapat di alam. Asam anorganik umumnya bersifat asam kuat dan korosif. Karena sifat-sifatnya itulah, maka asam-asam anorganik banyak digunakan di berbagai kebutuhan manusia.

Jadi berdasarkan asalnya, asam dikelompokkan dalam 2 golongan yaitu asam organik dan asam anorganik.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

Roboguru

Pernyataan yang paling mendukung fakta bahwa udara adalah campuran dan bukan senyawa adalah ...

Pembahasan Soal:

Campuran homogen sering disebut sebagai larutan. Larutan adalah campuran dua atau lebih zat yang seluruh bagiannya memiliki komposisi dan sifat fisis yang sama, sehingga tidak dapat dibedakan lagi zat-zat yang membentuk campuran tersebut. Contoh larutan yaitu sirop (gula dalam air), air garam (garam dapur dalam air), udara (campuran gas-gas terutama gas nitrogen kira-kira 80% volume dan gas oksigen kira-kira 20% volume), udara basah (uap air dalam udara), air soda (karbon dioksida dalam air), dan paduan logam atau alloy, misalnya kuningan (campuran tembaga dafam zink) dan perunggu (campuran timah dalam tembaga). 

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa udara termasuk dalam golongan campuran (lebih tepatya campuran homogen) karena komposisi dan sifat fisis udara di berbagai tempat sama dan konstan, serta kita tidak dapat membedakan zat penyusun udara tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Audrey sedang melakukan percobaan untuk mengekstraksi minyak parfum dari tumbuhan. Prinsip kerja untuk memisahkan komponen-komponennya dilakukan berdasarkan perbedaan titik didih. Campuran senyawa-sen...

Pembahasan Soal:

Distilasi merupakan pemisahan campuran berdasarkan perbedaan titik didih. Proses pemisahan secara distilasi dibagi menjadi 5, yaitu :

  1. Distilasi sederhana : dasar pemisahannya adalah perbedaan titik didih yang jauh atau dengan salah satu komponen bersifat volatil. Contoh : memisahkan campuran air dan alkohol.
  2. Distilasi bertingkat : digunakan untuk campuran dengan perbedaan titik didih kurang dari 20°C dan bekerja pada tekanan atmosfer. Contoh : memisahkan komponen-komponen dalam minyak mentah.
  3. Distilasi uap : digunakan pada campuran senyawa-senyawa yang memiliki titik didih mencapai 200°C atau lebih. Contoh : mengekstraksi minyak parfum dari tumbuhan.
  4. Distilasi vakum : digunakan jika senyawa yang ingin didistilasi tidak stabil, dengan pengertian dapat terdekomposisi sebelum atau mendekati titik didihnya atau campuran yang memiliki titik didih di atas 150°C.
  5. Distilasi azetrop : salah satu jenis destilasi yang menguapkan zat cair tanpa perubahan komposisi.

Nah, karena campuran senyawa-senyawa ini memiliki titik didih mencapai 250 °C, maka ini termasuk pemisahan dengan cara distilasi uap.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved