Roboguru

Deskripsikan sifat dan hakikat sosiologi!

Pertanyaan

Deskripsikan sifat dan hakikat sosiologi!space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Poin pada soal terkait sifat dan hakikat sosiologi. 

Konsep pada soal terkait dengan ilmu sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, yang mana sosiologi dapat diartikan ilmu kemasyarakatan yang mempelajari semua fenomena sosial yang di hasilkan dari aktifitas masyarakat berupa interaksi antar masyararakat. Sebagai ilmu pengetahuan sosiologi memiliki sifat dan hakikatnya sebagai sebuah ilmu. Adapun sifat dan hakikatnya adalah sebagai berikut :

Ada 4 sifat yang menggambarkan karakteristik sosiologi, yaitu:

  1. Empiris, Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi yang dilakukan terhadap kenyataan dan akal sehat, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.
  2. Teoritis, merupakan ilmu pengetahuan yang selalu berusaha menyusun secara abstraksi dari hasil-hasil pengamatan, abstraksi tersebut merupakan kesimpulan logis yang memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
  3. Kumulatif, disusun berdasarkan teori-teori yang telah ada sebelumnya atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama.
  4. Non Etistidak mempersoalkan baik ataupun buruk masalah, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam atau analitis.

Hakikat Sosiologi yang menggambarkan dasar-dasar dalam ilmu sosiologi, yaitu:

  1. Sosiologi merupakan ilmu sosial, karena sosiologi mengkaji tentang masyarakat.
  2. Sosiologi bersifat kategoris, artinya mengkaji masyarakat berdasarkan pada apa yang terjadi (fakta), bukan pada apa yang akan terjadi atau apa yang seharusnya terjadi.
  3. Sosiologi merupakan ilmu murni (pure sience) sekaligus ilmu terapan (applied science), artinya sebagai ilmu murni sosiologi dapat dikembangkan untuk meningkatkan mutu keilmuan, sedangkan sosiologi sebagai ilmu terapan artinya data-data yang dikumpulkan dari hasil penelitian dapat dipakai untuk menjadi solusi-solusi dalam menyelesaikan persoalan di masyarakat.
  4. Sosiologi bersifat abstrak, artinya sosiologi melakukan pengamatan terhadap bentuk serta pola yang terjadi dalam masyarakat.
  5. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum bukan khusus, artinya sosiologi mempelajari gejala umum yang terjadi pada masyarakat, yang merupakan objek studi dari sosiologi itu sendiri, gejala umum yang dipelajari lebih ditekankan pada interaksi yang terjadi.
  6. Sosiologi merupakan ilmu rasional, dan terkait dengan metode yang digunakan, artinya sosiologi tidak berlawanan dengan akal sehat serta kenyataan yang ada, serta dalam penelitiannya menggunakan metode-metode sosiologi.space space 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ilmu sosiologi sebagai ilmu yang memiliki sifat-sifat sebagai upaya pencarian informasi dan juga pengembangannya dalam masyarakat secara objektif, karena pada hakikatnya ilmu sosiologi itu termasuk ilmu pengetahuan yang kategoris, yang bukan normatif dan sosiologi adalah ilmu bebas nilai, sebab tidak mempertimbangkan baik buruknya fakta. space space space space space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Berikut ini merupakan sifat hakikat sosiologi, kecuali ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved