Roboguru

Deskripsikan penyebab runtuhnya Majapahit!

Pertanyaan

Deskripsikan penyebab runtuhnya Majapahit!

Pembahasan Soal:

Majapahit tercatat dalam sejarah pernah menjadi kemaharajaan besar di Nusantara dengan wilayah yang amat luas. Namun, kerajaan yang berdiri pada akhir abad 13 Masehi ini melemah lalu tamat menjelang abad 16. Apa saja penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit? Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit sebagai berikut:

1. Wafatnya Gajah Mada dan Hayam Wuruk. Setelah Gajah Mada meninggal dunia pada 1364, disusul dengan wafatnya Hayam Wuruk pada 1389, Majapahit tidak memiliki pemimpin yang mampu mengulangi masa kejayaan kerajaan ini. Masa-masa selanjutnya menjadi periode yang suram dan panjang bagi Majapahit. Sering terjadi pertikaian bahkan di dalam lingkungan istana, wilayah-wilayah taklukan pun mulai melepaskan diri yang semakin memperlemah pengaruh Majapahit.

2. Perang Saudara. Tiadanya pemimpin yang kuat membuat internal Majapahit goyah dan terbelah. Pada 1405, terjadi perang saudara yang dikenal dengan sebutan Perang Paregreg. Perang ini melibatkan Wikramawardhana melawan Bhre Wirabhumi. Wikramawardhana adalah istri putri Hayam Wuruk dari permaisuri yakni Kusumawardhani. Sedangkan Bhre Wirabhumi merupakan putra Hayam Wuruk dari istri selir. Perang saudara tersebut dimenangkan oleh Wikramawardhana (1390-1428) yang menjadikan dirinya tetap berkuasa sebagai Raja Majapahit setelah Hayam Wuruk. Namun demikian, Wikramawardhana maupun para penerusnya tidak mampu membangkitkan kejayaan Majapahit.

3. Berkembangnya Agama Islam. Ahmad Mansyur dalam Api Sejarah I (2012:108) menyebutkan, pada periode 1405-1433, armada muslim dari Cina yang dipimpin oleh Laksamana Cheng-Ho beberapa kali datang ke Jawa. Terbentuklah komunitas muslim Cina dan Arab di beberapa daerah, seperti Semarang, Demak, Tuban, serta Ampel. Dari situlah Islam berkembang, terutama di wilayah pesisir pantai Utara Jawa. Mulai terjadi proses islamisasi di banyak tempat di Jawa, termasuk di wilayah kekuasaan Majapahit. Bandar-bandar dagang baru pun dibuka untuk menyaingi bandar milik Majapahit yang pengaruhnya semakin merosot. Salah satu bandar baru yang kemudian berpengaruh adalah di Demak. Di sinilah nantinya berdiri Kesultanan Demak yang merupakan kerajaan bercorak Islam pertama di Jawa dan menjadi ancaman baru bagi Majapahit.

Dengan demikian runtuhnya Kerajaan Majapahit karena adanya pertengkaran keluarga kerajaan, munculnya kekuatan Islam di pesisir utara Jawa, dan banyak daerah yang akhirnya melepaskan diri dari wilayah Majapahit.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit terletak di daerah Trowulan sekarang, Mojokerto, Jawa Timur. Tanggal berdirinya kerajaan ini adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja, yakni 10 November 1293 M. Kerajaan majapahit mencapai masa keemasannya ketika masa raja Hayam Wuruk. Kemudian, Kerajaan Majapahit runtuh karena faktor-faktor berikut.

  1. Tidak adanya pengganti Hayam Wuruk yang pandai dalam menjalankan pemerintahan Majapahit.
  2. Terjadinya Perang Paregreg yang melemahkan kekuasaan Majapahit.
  3. Semakin banyaknya daerah kekuasaan Majapahit yang melepaskan diri, terutama di daerah pesisir.
  4. Serangan dari Kerajaan Islam Demak.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penyebab keruntuhan majapahit disebabkan oleh terjadinya Perang Paregreg hingga serangan dari Kerajaan Islam Demak.

0

Roboguru

Perhatikan informasi-informasi di bawah ini! Banyak bermunculan pemberontakan antara lain pemberontakan Kuti. Terjadinya perang saudara antar anggota keluarga Majapahit yang dikenal dengan Perang ...

Pembahasan Soal:

Penyebab keruntuhan Kerajaan Majapahit

  1. Terjadinya pemberontakan yang dilakukan oleh Ra Kuti
  2. Wafatnya Gajah Mada dan Hayam Wuruk
  3. Munculnya perang saudara yang dikenal dengan Perang Paregreg
  4. Tidak ada pemimpin yang cakap sepeninggal Hayam Wuruk
  5. Muncul Kerajaan Demak sebagai kerajaan Islam pertama di Jawa yang didirikan oleh Raden Patah, Putra Bhre Kertabumi
  6. Penaklukan Majapahit oleh Sultan Trenggana

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Sepeninggal Raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran. Kemunduran tersebut disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Sepeninggal Hayam Wuruk, Majapahit mengalami kemunduran karena beberapa faktor, dan terdapat peristiwa yang menyebabkan kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan yaitu perang Paregreg. Perang Paregreg merupakan perang antara istana barat Majapahit yang dipimpin Wikramawardhana, yaitu keponakan sekaligus menantu Hayam Wuruk, melawan istana timur yang dipimpin Bhre Wirabhumi yang merupakan putra Hayam Wuruk dari selir. Perang ini terjadi tahun 1404-1406 dan menjadi penyebab utama kemunduran Majapahit. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Prasasti Kedukan Bukit berisi tentang ...

Pembahasan Soal:

Di Sumatra sekitar abad ke-7 diketahui terdapat tiga kerajaan, yakni kerajaan Tulangbawang, Melayu dan Sriwijaya. Salah satu kerajaan yang dikenal cukup luas adala kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan bercorak Buddha yang berdiri sekitar abad ke-7 di Sumatra. Sumber Informasi mengenai perkembangan kerajaan Sriwijaya diketahui dari berita Tiongkok dan prasasti-prasasti, dimulai dari prasasti Kedukan Bukit (683 M) hingga prasasti Karang Berahi (686 M). Prasasti pertama yang ditemukan adalah prasasti Kedukan Bukit yang berangka tahun 605 Saka (683 M), prasasti ini ditemukan di Tepi Sungai Tatang, dekat Palembang. Prasasti ini berisi mengenai seorang Dapunta Hyang mengadakan perjalanan suci (siddhayatra) dengan menggunakan perahu. Ia berangkat dari Minangtamwan dengan membawa 20.000 tentara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Mengapa bahasa Melayu cepat berkembang di Nusantara?

Pembahasan Soal:

Bahasa Melayu digunakan hampir pada semua pelabuhan-pelabuhan di Kepulauan Nusantara.Sejak zaman kuno bahasa itu sudah menjadi bahasa resmi negara Melayu (Jambi). Bahkan, pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya, bahasa Melayu dijadikan bahasa resmi dan bahasa ilmu pengetahuan. Bahasa Melayu tumbuh menjadi bahasa perantara dan menjadi lingua franca di seluruh Kepulauan Nusantara. Perkembangannya semakin pesat pada masa Islam dan erat dengan kehidupan masyarakat hingga masa Pergerakan Nasional. Hal ini dapat dilihat pada saat terjadi kongres pemuda yang akan menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi. Dengan demikian, bahasa Melayu dapat berkembang cepat karena beberapa hal antara lain: digunakan oleh kerajaan besar sebagai bahasa resmi, bersifat sederhana, serta mudah diterima masyarakat.

4

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved