Roboguru

Deskripsikan lima faktor individu yang menentukan mobilitas sosial !

Pertanyaan

Deskripsikan lima faktor individu yang menentukan mobilitas sosial !space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Faktor individu yang menentukan mobilitas sosial yaitu :

  1. Perbedaan kemampuan. Kemampuan menentukan seseorang dalam memperoleh suatu kedudukan sosial. Oleh karena itu terdapatnya berbagai macam kedudukan adalah karena kemampuan individu yang berbeda - beda.
  2. Orientasi sikap terhadap mobilitas. Orientasi sikap seseorang untuk melakukan mobilitas sosial menentukan mobilitasnya. Hal ini dapat dilihat dari pendidikan dan kebiasaan kerja.
  3. Pola penundaan kesenangan. Individu memiliki pola tertentu dalam menunda kesenangan. Ada yang rela menunda kesenangannya karena sedang berusaha meraih suatu kedudukan sosial tertentu. Misalnya, rela mengurangi pengeluaran konsumsi untuk ditabung karena bercita - cita naik haji.
  4. Pola kesenjangan nilai. Pola kesenjangan nilai, memungkinkan seseorang memercayai nilai yang diakuinya, tetapi yang bersangkutan tidak melakukan usaha untuk mencapai sasaran tersebut atau mengakui segala kesalahan yang diperbuatnya sebagai penyebab dari kegagalan. Oleh karena itu, nilai yang diyakini baik harus dilaksanakan apabila ingin meraih sesuatu.
  5. Kemampuan pemanfaatan peluang. Peluang untuk mobilitas sosial berbeda - beda. Apabila peluang yang ada di sia - siakan maka kedudukan yang diharapkan tidak dapat diraih. Misalnya, seorang anak pengusaha kaya terjerat kasus narkoba.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Raden Bawono seorang mahasiswa yang dibesarkan di lingkungan kraton/feodal dan memegang teguh tradisi yang berlaku dalam keluarga. Selama di kampus dia merasa kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan ...

Pembahasan Soal:

Contoh kasus yang dialami Raden Bawono adalah terhambatnya mobilitas sosial akibat adanya sikap memegang teguh tradisi yang berlaku dalam keluarganya. Hal ini disebabkan pengaruh dari sosialisasi yang kuat berasal dari lingkungan kraton dan keluarga membuat dirinya (Raden Bawono) membatasi pergaulan dengan teman-temannya yang memiliki perbedaan latar belakang sosial budaya. Tidak hanya itu, pengaruh sosialisasi yang kuat terhadap Raden Bawono membuat ia kesulitan menyesuaikan diri dengan teman-teman dan lingkungan barunya (lingkungan sekitar kampus) sehingga dirinya sulit melakukan mobilitas sosial.

Roboguru

Seorang anak tukang becak yang mempunyai semangat hidup, ulet dan pekerja keras, sambil sekolah ia membantu ibunya berjualan kue. Setelah lulus SMA, ia mengikuti kursus membuat kue dan makanan lainnya...

Pembahasan Soal:

Mobilitas sosial yang dilakukan individu dapat terjadi karena faktor tertentu yang membuat individu memperoleh kesuksesan (terjadi kenaikan status), seperti halnya faktor semangat kerja yang dimiliki seorang anak tukang becak. Seorang anak tukang becak yang mempunyai semangat hidup, ulet, dan pekerja keras, sambil sekolah ia membantu ibunya berjualan kue hingga akhirnya ia lulus SMA dan mengikuti kursus (pendidikan nonformal) membuat kue dan makanan lainnya serta menjadi pengusaha sukses di bidang Food and Pastry setelah 10 tahun menjalani usaha yang telah ditekuninya. Hal tersebut dapat terjadi karena semangat kerjanya yang sangat tinggi sehingga mengantarkan anak tersebut menjadi pengusaha sukses.

Roboguru

Seseorang manager di suatu pabrik mengalami penurunan jabatan karena berperilaku curang. Sekarang ia hanya menjadi karyawan biasa dengan menerima perlakuan kurang baik dari rekan kerja yang selama ini...

Pembahasan Soal:

Seorang manager yang turun jabatan tidak mendapatkan perlakuan yang sama dari rekan kerjanya seperti ketika ia masih menjabat sebagai manager. Hal ini terjadi karena adanya mobilitas sosial atau perpindahan kelas sosial ke tingkatan yang berbeda. Yang perlu dicermati, kelas sosial mempunyai keistimewaan dan kehormatan yang berbeda di mata masyarakat. Ketika seseorang menjabat menjadi manajer, orang itu mempunyai keistimewaan dan kehormatan yang lebih di mata masyarakat. Ketika ia mengalami mobilitas sosial ke kelas yang lebih rendah (karyawan), keistimewaan dan kehormatannya juga otomatis hilang.

Roboguru

Keberhasilan seseorang dalam melakukan mobilitas sosial naik, dapat ditentukan oleh faktor yang berasal dari dalam dirinya atau faktor individu. Dalam hal ini, faktor individu dipengaruhi oleh ….

Pembahasan Soal:

Keberhasilan seseorang dalam melakukan mobilitas sosial naik, dapat ditentukan oleh faktor yang berasal dari dalam dirinya atau faktor individu. Dalam hal ini, dipengaruhi oleh perbedaan kemampuan dan motivasi yang dimiliki seseorang. Sebagai contoh, dalam satu kelas, setiap siswa memang memiliki kedudukan yang sama. Artinya, sama-sama sebagai siswa dan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan prestasi. Akan tetapi, yang dapat membedakannya adalah perbedaan kemampuan dan motivasi mereka untuk mendapatkan prestasi. Bagi yang kemampuan belajar baik karena giat belajar dan termotivasi untuk mendapatkan beasiswa, maka peluangnya untuk mendapatkan prestasi tersebut semakin tinggi sehingga dapat mengalami mobilitas sosial vertikal naik (climbing). Namun, jika kemampuan dan motivasi belajarnya kurang karena malas belajar hingga akhirnya tidak naik kelas, yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu mobilitas sosial vertikal turun atau sinking. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Perhatikan data berikut ! Faktor Individu Faktor Kemiskinan Faktor Ekonomi Faktor Politik Faktor Sosial Faktor Diskriminasi Berdasarkan data diatas yang termasuk faktor pendorong mobilitas s...

Pembahasan Soal:

Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi kelompok maupun individu dari lapisan sosial yang satu ke lapisan sosial yang lain. Pergerakan yang terjadi dalam struktur sosial. Istilah terakhir merujuk pada pola-pola tertentu yang menunjukkan adanya lapisan dalam organisasi masyarakat. Dalam mobilitas sosial masyarakat  memiliki kesempatan untuk dapat menempati status sosial yang lebih baik dari sebelumnya, karena usaha yang dilakukan oleh individu tersebut. Dalam mobilitas sosial masyarakat ada beberapa faktor yang menyebabkan mobilitas sosial dapat terjadi, diantaranya :  

Faktor struktural : Jumlah relatif dari posisi tertentu yang bisa diisi. Ketika status sosial yang dituju oleh individu memang ada tempatnya untuk diisi, maka kondisi tersebut dapat mendorong terjadinya mobilisasi sosial.

Faktor individu : Merujuk pada kualitas seseorang, baik dari pendidikan, penampilan, keterampilan, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk dalam cakupan individu yakni perbedaan kemampuan, orientasi sikap terhadap mobilitas, dan keberuntungan.

Status sosial : Pada status sosial merujuk pada kelas-kelas sosial yang dimiliki oleh seorang individu yang bisa dilihat dari keturunan, kehormatan, kekayaan dan juga pendidikan yang dimiliki oleh seorang individu. Status sosial dapat mengalami peningkatan atau bahkan penurunan bagi masyarakat yang berada pada struktur sosial terbuka. 

Faktor ekonomi : Keadaan ekonomi dapat menjadi pendorong terjadinya mobilitas sosial. Kenyataan hidup yang serba kekurangan dapat mendorong manusia untuk giat bekerja dan merubah status sosialnya.

Faktor politik : Situasi politik dapat menyebabkan terjadinya mobilitas suatu masyarakat dalam sebuah negara. Keadaan negara yang tidak menentu berpengaruh ke situasi keamanan yang bisa mengakibatkan terjadinya mobilitas masyarakat ke daerah yang lebih aman.

Faktor demografi : Kondisi ini dapat mengubah status dan stratifikasi sosial dalam masyarakat. Ada yang menjadi kaya atau miskin. Ada yang mendapatkan jabatan tertentu tetapi ada juga yang kehilangan jabatan.

Dari faktor-fakter tersebut dapat mengakibatkan adanya mobilitas sosial dalam masyarakat, baik mobilitas secara horizontal atau bahkan vertikal. 

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah A. 1, 2, 3, 4.

undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved