RoboguruRoboguru
SD

Deskripsikan ciri-ciri untuk setiap fase mulai dari zigot, morulasi, blastulasi, gastrulasi, dan morfogenesis!

Pertanyaan

Deskripsikan ciri-ciri untuk setiap fase mulai dari zigot, morulasi, blastulasi, gastrulasi, dan morfogenesis!space

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Fase-fase tersebut merupakan fase embrionik dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Setiap fase pada perkembangan tersebut memiliki ciri-ciri, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Zigot, merupakan hasil fertilisasi dari kedua induk antara sperma dan sel telur.
  • Morulasi, pada tahap ini zigot mengalami serangkaian pembelahan (cleavage) secara mitosis dari 1 sel menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, 16 sel dan seterusnya. Pembelahan hanya membagi-bagi sitoplasma zigot yang besar menjadi banyak sel yang berukuran lebih kecil dan masing-masing berinti yang disebut blastomer. Pembelahan tidak terjadi secara bersamaan, pembelahan yang cepat terjadi di bagian kutub animal dan kutub vegetal. Blastomer-blasomer hasil pembelahan selanjutnya membentuk bola sel padat yang disebut morula.
  • Blastulasi, pada tahap ini sel-sel morula terus menerus membelah dan membentuk rongga blastosol di antara kutub animal dengan kutub vegetal. Rongga tersebut semakin membesar dan berisi cairan blastosol. Sitoplasma pada kutub animal berjumlah lebih sedikit dibanding kutub vegetal.
  • Gastrulasi, pada tahap ini sel-sel di sekitar permukaan blastula berpindah ke lokasi yang lebih dalam sehingga terbentuk tiga lapisan germinal (lapisan embrionik), yaitu ektoderm (lapisan luar), mesoderm (lapisan tengah), dan endoderm (lapisan dalam). Gastrulasi dimulai ketika lipatan kecil (bibir dorsal blastopori) muncul pada salah satu sisi blastula. Lipatan tersebut dibentuk oleh sel-sel pada kutub vegetal yang mengalami invaginasi ke arah dalam dari permukaan. Blastosoel menjadi mengerut dan terbentuk arkenteron. Pada perkembangan selanjutnya, arkenteron akan menjadi saluran pencernaan. Seiring dengan berlangsungnya gastrulasi, terjadi pula proses diferensiasi sel-sel. 
  • Organogenesis, pada tahap ini terjadi proses pembentukan berbagai organ tubuh yang berkembang dari lapisan-lapisan embrionik.space

574

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan dan gambarkan fase embrionik pada hewan terdiri dari tahap zigot, morulasi, blastulasi, gastrulasi dan organogenesis!

47

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia