Roboguru

Desa memiliki lahan luas dengan berbagai kondisi tanah. Bagiamana keterkaitan kondisi tanah terhadap mata pencaharian penduduk?

Pertanyaan

Desa memiliki lahan luas dengan berbagai kondisi tanah. Bagiamana keterkaitan kondisi tanah terhadap mata pencaharian penduduk?space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kondisi tanah akan mempengaruhi kondisi mata pencaharian penduduk. Persebaran jenis tanah di Indonesia tidak merata ada jenis tanah karst, vulkanik, dan jenis tanah fluvial. Untuk jenis tanah yang subur seperti tanah vulkan maka pekerjaan penduduk akan dibidang pertanian dan perkebunan. Untuk tanah jenis fluvial atau tanah lempung maka penduduk akan bermata percaharian dalam bidang perikanan, atau tambak. dan untuk penduduk yang berada di daerah karst atau tanah yang kurang subur maka penduduk mayoritas akan bermata pencaharian di bidang tanaman jati dan tambang kapur.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Identifikasilah fungsi sosial dan ekonomi lahan desa!

Pembahasan Soal:

  1. Fungsi sosial: sebagai tempat berinteraksi antara individu dengan individu maupun kelompok
  2. Fungsi ekonomi: lahan pertanian untuk bidang ekonomi bisa di manfaatkan sebagi lahan pertanian, perkebunan, perikanan. Lahan pertanian dimanfaatkan sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan.
Roboguru

Desa sebagai hinterland mempunyai fungsi  terhadap daerah sekitarnya sebagai berikut, kecuali ….

Pembahasan Soal:

Daerah pedesaan memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan daerah perkotaan. Desa merupakan penyangga (hinterland) kota,  yaitu daerah penghasil bahan makanan pokok untuk penduduk kota dan penyedia tenaga kerja bagi pembangunan fisik di daerah perkotaan. Selain itu, hasil industri rumahan kecil atau kerajinan produksi desa dapat dipasarkan di daerah perkotaan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka desa sebagai hinterland mempunyai fungsi  terhadap daerah sekitarnya sebagai berikut, kecuali potensi pariwisata.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Roboguru

Membangun industri berbasis hasil pertanian di pedesaan dapat ...

Pembahasan Soal:

Potensi desa adalah sumber daya yang terdapat di suatu desa yang dapat dikembangkan dan diaktifkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu komponen alam yang ada di desa adalah keadaan tanah yang dapat mencirikan kesuburan lahan. Fungsi ekonomis desa contohnya lahan pedesaan dapat dimaanfaatkan sebagai lahan pertanian dan membangun industri berbasis hasil pertanian, sehingga dapat menurunkan urbanisasi masyarakat desa ke kota. Hal tersebut terjadi karena pedesaan mampu mengolah potensi lahan dan hasil pertaniannya sendiri sehingga  menciptakan lapangan kerja.space

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

Roboguru

Ciri-ciri desa berpotensi tinggi adalah .... Lahan yang sangat subur. Topografi bersifat landai. Sumber air cukup banyak. Topografi bervariasi.

Pembahasan Soal:

Desa merupakan wilayah yang memilliki ciri-ciri tertentu, dalam hal fisiografis, sosial, ekonomi, politik, dan budayanya. Desa memiliki potensi yang tinggi apabila memiliki lahan yang subur, topografi yang landai, dan sumber air yang banyak. Lahan subur dapat mendukung masyarakat desa untuk bercocok tanam, terutama jika didukung oleh sumber daya air yang melimpah. Topografi desa yang landai dapat memudahkan perkembangan transportasi di desa, sehingga masyarakat dapat menjual bahan pangan hasil panennya ke daerah lain.

Pilihan yang tepat ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Jelaskan maksud dari desa merupakan hinterland bagi masyarakat kota!

Pembahasan Soal:

Desa berfungsi sebagai hinterland bagi masyarakat kota karena desa merupakan daerah belakang yang memasok kebutuhan bagi masyarakat kota. Kebutuhan kota yang dipasok oleh desa antara lain bahan pangan, bahan baku industri, tenaga kerja produktif, dan lainnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa maksud dari desa merupakan hinterland bagi masyarakat kota adalah desa berfungsi sebagai pemasok kebutuhan masyarakat kota. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved