Roboguru
SD

Desa Andir berada di bantaran sungai, permukiman di wilayah memanjang mengikuti arah aliran sungai. Permukiman di desa ini sering dilanda banjir saat musim hujan. Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah ....

Pertanyaan

Desa Andir berada di bantaran sungai, permukiman di wilayah memanjang mengikuti arah aliran sungai. Permukiman di desa ini sering dilanda banjir saat musim hujan. Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah ....space 

  1. lokasispace 

  2. polaspace 

  3. morfologispace 

  4. keterjangkauanspace 

  5. nilai kegunaanspace 

S. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan

Jawaban yang benar pada soal ini adalah B.

Berikut adalah penjelasannya.

Konsep geografi terbagi menjadi 10, yaitu lokasi, jarak, morfologi, keterjangkauan, pola, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi & interdependensi, diferensiasi area, dan keterkaitan ruang. Untuk menjawab soal ini, kita perlu mengetahui pengertian konsep geografi berdasarkan pilihan jawaban yang tersedia. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Lokasi, merupakan letak atau posisi suatu tempat di permukaan bumi. Lokasi terbagi menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif. Contohnya Indonesia terletak di pertemuan lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik.
  • Pola, merupakan susunan atau bentuk penyebaran fenomena yang terjadi di permukaan bumi seperti contohnya bentuk pemukiman, dan lain sebagainya.
  • Morfologi, merupakan gambaran bentukan permukaan bumi seperti contohnya pegunungan, atau bentukan bentang bumi.
  • Keterjangkauan, merupakan kemudahan aksesibilitas untuk mencapai suatu objek pada suatu wilayah di permukaan bumi. Contohnya akses jalan yang baik, sarana dan prasarana yang memadai dan lain sebagainya. 
  • Nilai guna, merupakan kelebihan atau potensi yang dimiliki suatu wilayah yang memiliki nilai kegunaan berdasarkan fungsinya. Contohnya Pulau Bali memiliki daya tarik pariwisata. 

Contoh fenomena yang terjadi di Desa Andir yang membentuk pemukiman di wilayah yang memanjang dan mengikuti aliran sungai merupakan konsep pola. Hal ini dikarenakan Desa Andir membentuk pola yang memanjang dan mengikuti bentuk pinggiran sungai.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.space 

44

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Di daerah pegunungan sebagian besar permukimannya mengelompok. Sementara di tepi pantai permukimannya memanjang garis pantai. Untuk memahami fenomena tersebut menggunakan konsep ....

16

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia