Roboguru

Dengan teknik rekayasa genetik telah dimungkinkan untuk memasukkan gen insulin manusia ke dalam bakteri sehingga insulin dapat diproduksi dalam jumlah besar dengan harga yang murah. Untuk memasukkan gen tersebut,  diperlukan vektor yang disebut ....

Pertanyaan

Dengan teknik rekayasa genetik telah dimungkinkan untuk memasukkan gen insulin manusia ke dalam bakteri sehingga insulin dapat diproduksi dalam jumlah besar dengan harga yang murah. Untuk memasukkan gen tersebut,  diperlukan vektor yang disebut .... 

  1. kromosom 

  2. plasmid

  3. sentrosom 

  4. satelit

  5. enzim

Pembahasan Soal:

Dengan teknik rekayasa genetik telah dimungkinkan untuk memasukkan gen insulin manusia ke dalam bakteri sehingga insulin dapat diproduksi dalam jumlah besar dengan harga yang murah. Untuk memasukkan gen tersebut, diperlukan vektor yang disebut plasmid.  Plasmid merupakan rangkaian DNA non kromosom yang berbentuk sirkuler atau lingkaran. Plasmid mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:

  • Berupa rangkaian DNA dan dapat bereplikasi
  • Dapat dipindahkan dari suatu sel ke sel lain (transformasi)
  • Sifat plasmid dapat diturunkan pada sel keturunannya

Alasan plasmid digunakan sebagai vektor 

  • Plasmid terdapat dalam sel bakteri secara alamiah
  • Berukuran sangat kecil dari kromosom bakteri
  • Dapat dikeluarkan dari suatu sel bakteri dan dapat dimasukkan ke sel bakteri lainnya

Insulin dibuat dengan mencangkokkan gen yang mengkode insulin ke dalam plasmid bakteri. Bakteri dengan DNA rekombinan ini kemudian membelah diri dan memproduksi insulin yang dibutuhkan. Dalam proses pembuatan DNA rekombinan diperlukan enzim retriksi endonuklease untuk memotong plasmid dan gen yang mengkode sekresi insulin, dan enzim ligase untuk menyambungkan plasmid dengan gen insulin.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Andriyani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapilah tabel di bawah ini dengan benar!

Pembahasan Soal:

Insulin merupakan salah satu produk bioteknologi modern. Insulin menggunakan prinsip rekombinasi DNA yaitu penggabungan DNA yang berbeda menggunakan enzim khusus dalam prosesnya. Pembuatan insulin menggunakan teknologi plasmid bakteri dan disisipkan oleh DNA penghasil insulin.

Jadi, jenis bioteknologinya adalah bioteknologi modern dan menggunakan teknik rekombinasi DNA dengan teknologi plasmid.

0

Roboguru

Tahap-tahap kloning gen insulin dan manusia adalah sebagai berikut.  isolasi gen insulin dari manusia  penyisipan DNA donor ke dalam vektor plasmid  pemotongan DNA menggunakan enzim restriksi end...

Pembahasan Soal:

Kloning gen atau teknik DNA rekombinan merupakan teknik rekayasa genetik yang digunakan untuk menyisipkan gen dari suatu organisme ke dalam genom organisme lain sehingga organisme tersebut membawa sifat-sifat tertentu dari gen yang disisipkan tadi. Contoh paling terkenal dari teknik ini adalah produksi insulin manusia dengan menggunakan sel bakteri. Adapun langkah-langkah pembuatan insulin adalah sebagai berikut.space 

  1. isolasi gen insulin dari manusia (1)space 
  2. pemotongan DNA menggunakan enzim restriksi endonuklease (3)space 
  3. penyisipan DNA donor ke dalam vektor plasmid (2)space 
  4. transformasi DNA ke dalam sel bakteri (4)space 
  5. deteksi gen insulin apakah mampu diekspresikan oleh bakteri (5)space 

Jadi urutan yang benar proses pembuatan insulin adalah 1, 3, 2, 4, 5.space 

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jelaskan proses rekayasa insulin!

Pembahasan Soal:

Rekayasa Genetika untuk Produksi Hormon Insulin telah dilakukan sejak tahun 1978, rekayasa genetika telah berhasil memproduksi hormon insulin dengan bantuan Eschericia coli. Prosedur rekayasa genetika dalam produksi hormon insulin sebagai  berikut:

  1. Kromosom dikeluarkan dari sel-sel pankreas menggunakan zat kimia berupa polietilen glikol atau kalsium klorida (Ca Cl subscript 2). 
  2. Gen insulin dipotong dengan menggunakan enzim restriksi endonuklease dan kemudian dimurnikan.
  3. Plasmid dikeluarkan dengan cara memecah dinding sel bakteri, menggunakan deterjen atau lisozim, kemudian dilisis dengan natrium hidroksida (Na O H) dan larutan dedosil sulfat. Plasmid dipisahkan dengan cara sentrifugasi.
  4. Endapan yang mengandung plasmid dijenuhkan dengan etanol. Plasmid dimurnikan dengan filtrasi gel. Plasmid dipotong dengan enzim restriksi endonuklease.
  5. Gen insulin disambungkan pada plasmid menggunakan enzim ligase dan prosesnya disebut ligasi. Suhu optimum untuk ligasi adalah ± 37oC, tetapi ikatannya stabil pada suhu 4-15oC.
  6. Plasmid rekombinan dimasukkan kembali ke dalam sel bakteri.
  7. Koloni sel bakteri ditumbuhkan dalam medium kultur dan kemudian diseleksi koloni sel yang sudah mengandung plasmid rekombinan.
  8. Koloni sel-sel bakteri dengan plasmid rekombinan ditumbuhkan dalam fermentor untuk menghasilkan insulin dalam jumlah yang banyak.
  9. Insulin yang terbentuk kemudian dimurnikan.

0

Roboguru

Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ...

Pembahasan Soal:

Penyisipan gen pembentuk insulin pada plasmid bakteri merupakan proses rekombinasi DNA. Rekombinasi DNA adalah suatu upaya meletakkan DNA dari suatu organisme ke dalam DNA bakteri dengan menggabungkan dua atau lebih sekuens untuk memperoleh hasil yang diinginkan.undefined

Dengan demikian, proses pembuatan insulin meruapakan proses rekombinasi DNA.undefined

0

Roboguru

Jelaskan proses rekayasa insulin!

Pembahasan Soal:

Tahapan teknologi plasmid dalam pembuatan hormon insulin adalah sebagai berikut. 

  • Sebuah plasmid bakteri dan DNA yang mengandung gen insulin dari sel pankreas dipotong dengan enzim endonuklease restriksi. Pemotongan urutan basa DNA plasmid sesuai dengan urutan basa DNA dari sel pankreas.
  • Fragmen DNA gen insulin disambungkan pada plasmid menggunakan enzim DNA ligase sehingga terbentuklah plasmid dengan rangkaian DNA rekombinan.
  • Plasmid rekombinan dimasukkan ke dalam sel bakteri sehingga diperoleh bakteri yang mempunyai gen kromosom asli dan juga gen insulin.
  • Bakteri rekombinan dikembangbiakan sehingga diperoleh populasi bakteri yang mampu menghasilkan hormon insulin dalam jumlah banyak.
  • Hormon insulin yang dihasilkan oleh bakteri rekombinan dikumpulkan dan disuntikkan pada penderita diabetes melitus yang memerlukan. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved