Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dengan menyusun konfigurasi elektron, manakah dari kelompok unsur-unsur berikut yang terletak pada golongan yang sama? a. Be ( Z =4), Ca( Z =20), dan Na ( Z =11) b. Na ( Z =11), Al (Z=13), dan N ( Z =7) c. C ( Z =6), Si ( Z =14), dan Ge ( Z =32)

Dengan menyusun konfigurasi elektron, manakah dari kelompok unsur-unsur berikut yang terletak pada golongan yang sama?space 

a. Be (Z=4), Ca(Z=20), dan Na (Z=11)
b. Na (Z=11), Al (Z=13), dan N (Z=7)
c. C (Z=6), Si (Z=14), dan Ge (Z=32)

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

unsur-unsur yang teletak pada golongan yang sama adalah C, Si, dan Ge.

unsur-unsur yang teletak pada golongan yang sama adalah C, Si, dan Ge.

Iklan

Pembahasan

Dalam sistem periodik modern, golongan unsur-unsur ditentukkan berdasarkan persamaan elektron valensi, sedangkan periodeditentukkan berdasarkan persamaan jumlah kulit. Untuk menentukan letak periode unsur-unsur tersebut perlu dituliskan konfigurasi elektronnya. Konfigurasi elektron merupakan susunan-susunan elektron dalam atom.Konfigurasi elektron disusun menurut aturanBohr dan bilangan kuantum. Konfigurasi elektron menurut Bohr adalah sebagai berikut: Jumlah elektron maksimum dalam setiap kulit adalah , dengan adalah nomor kulit. Oleh karena itujumlah elektron maksimum pada kulit K, L, M, N berturut-turut adalah 2, 8,18, dan 32. Jumlah elektron maksimum dalam kulit yang terjauh adalah 8, sedangkan jumlah elektron maksimum dalam kulit terjauh yang kedua (1 kulit sebelumkulit terjauh) adalah 18. Kelompok unsur yang terletak pada golongan yang sama adalahC ( Z =6), Si ( Z =14), dan Ge ( Z =32) karena memiliki elektron valensi yang sama. Konfigurasi unsur-unsurnya adalah sebagai berikut. Unsur Konfigurasi elektron Elektron valensi C 2 4 4 Si 2 8 4 4 Ge 2 8 18 4 4 Jadi, unsur-unsur yang teletak pada golongan yang sama adalah C, Si, dan Ge.

Dalam sistem periodik modern, golongan unsur-unsur ditentukkan berdasarkan persamaan elektron valensi, sedangkan periode ditentukkan berdasarkan persamaan jumlah kulit. Untuk menentukan letak periode unsur-unsur tersebut perlu dituliskan konfigurasi elektronnya.  

Konfigurasi elektron merupakan susunan-susunan elektron dalam atom. Konfigurasi elektron disusun menurut aturan Bohr dan bilangan kuantum. Konfigurasi elektron menurut Bohr adalah sebagai berikut:

Jumlah elektron maksimum dalam setiap kulit adalah , dengan adalah nomor kulit. Oleh karena itu jumlah elektron maksimum pada kulit K, L, M, N berturut-turut adalah 2, 8, 18, dan 32.
Jumlah elektron maksimum dalam kulit yang terjauh adalah 8, sedangkan jumlah elektron maksimum dalam kulit terjauh yang kedua (1 kulit sebelum kulit terjauh) adalah 18.

Kelompok unsur yang terletak pada golongan yang sama adalah C (Z=6), Si (Z=14), dan Ge (Z=32) karena memiliki elektron valensi yang sama. Konfigurasi unsur-unsurnya adalah sebagai berikut.space 

Unsur Konfigurasi elektron Elektron valensi
C 2 4 4
Si 2 8 4 4
Ge 2 8 18 4 4


Jadi, unsur-unsur yang teletak pada golongan yang sama adalah C, Si, dan Ge.

Latihan Bab

Perkembangan Sistem Periodik Unsur

Unsur Golongan Utama (A)

Unsur Golongan Transisi (B)

Konsep Kilat

544

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diantara unsur–unsur dibawah ini: 12 ​ P , 16 ​ Q , 19 ​ R , 34 ​ S dan 53 ​ T yang terletak pada golongan yang sama dalam sistem periodik unsur adalah ….

9rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia