Pertanyaan

Dengan menggunakan berbagai sumber, jawablah pertanyaan di bawah ini. Faktor pendorong apa saja yang menyebabkan bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia?

Dengan menggunakan berbagai sumber, jawablah pertanyaan di bawah ini.

Faktor pendorong apa saja yang menyebabkan bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia?

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

faktor pendorong kedatangan bangsa barat ke Indonesia adalah ditutupnya jalur perdagangan konstatinopel oleh Kesultanan Turki Usmani yang menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Hal ini mengakibatkan para pedagang eropa mencari langsung penghasil rempah-rempah salah satunya adalah Indonesia. selain itu, di Indonesia SDM sangat berlimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa barat dalam hal 3G (Gold, Glory, dan Gospel).

faktor pendorong kedatangan bangsa barat ke Indonesia adalah ditutupnya jalur perdagangan konstatinopel oleh Kesultanan Turki Usmani yang menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Hal ini mengakibatkan para pedagang eropa mencari langsung penghasil rempah-rempah salah satunya adalah Indonesia. selain itu, di Indonesia SDM sangat berlimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa barat dalam hal 3G (Gold, Glory, dan Gospel).

Pembahasan

Pembahasan

Diketahui bahwa kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia merupakan bagian dari penjelajahan samudera. Aktivitas penjelajahan samudera ini didorong oleh ditutupnya jalur dagang konstatinopel oleh kekaisaran Usmani sehingga harga rempah-rempah melambung sangat tinggi. Hal ini mendorong para pedagang di Eropa untuk mencari sendiri jalur dagang mereka langsung ke tempat dimana rempah - rampah berasal. Adapun, penjelajahan samudera ini bertujuan untuk menemukan dunia baru demi memperoleh kejayaan ekonomi dan politik. Pencarian dunia baru ini merupakan pencarian terhadap negara penghasil rempah-rempah yang berada di daerah Timur Eropa. Rempah-rempah merupakan salah satu komoditas perdagangan yang sangat laris di Eropa, sehingga dengan menemukan daerah penghasil rempah-rempah maka dapat menguasai perdagangan. Indonesia terkenal sebagai “mutiara dari Timur” karena banyaknya hasil rempah-rempah yang dihasilkan. Rempah-rempah digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan bahan obat-obatan. Perbedaan kondisi alam antara Indonesia dengan negara Barat, membuat bangsa Barat banyak yang mengincar rempah-rempah di Indonesia. Musim penghujan dan kemarau yang ada di Indonesia membuat Indonesia kaya akan rempah-rempah dibandingkan negara Barat. Selain penghasil rempah-rempah, di Indonesia terdapat sumber daya manusia yang melimpah dan belum mendapatkan pengaruh. Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku yang tersebar di ribuan pulau di Indonesia membuat bangsa Barat datang di Indonesia. Selain itu bangsa Indonesia yang ketika itu dengan sepenuh tenaga mempertahankan tradisi cenderung belum mendapat pengaruh darimanapun. Hall tersebut yang dimanfaatkan bangsa Barat untuk kepentingan mereka dan menyebarkan pengaruh yang dibawa oleh bangsa Barat yang selanjutnya dengan 3G. Dalam aktivitas penjelajahan samudera, terkenal dengan semboyan 3G (Gold, Glory, dan Gospel) Gold yang artinya adalah emas, memunyai makna bahwa bangsa barat harus mencari kekayaan untuk mencari kekayaan, khusunya untuk dibawa pulang ke negaranya. Glory yang berarti kejayaan, memunyai makna bahwa kejayaan bangsa Barat harus ditegakkan di daerah-daerah yang mereka singgahi. Gospel bermakna keinginan bangsa Barat untuk menyebarkan agama Nasrani. Dengan demikian, faktor pendorong kedatangan bangsa barat ke Indonesia adalah ditutupnya jalur perdagangan konstatinopel oleh Kesultanan Turki Usmani yang menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Hal ini mengakibatkan para pedagang eropa mencari langsung penghasil rempah-rempah salah satunya adalah Indonesia. selain itu, di Indonesia SDM sangat berlimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa barat dalam hal 3G (Gold, Glory, dan Gospel).

Diketahui bahwa kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia merupakan bagian dari penjelajahan samudera. Aktivitas penjelajahan samudera ini didorong oleh ditutupnya jalur dagang konstatinopel oleh kekaisaran Usmani sehingga harga rempah-rempah melambung sangat tinggi. Hal ini mendorong para pedagang di Eropa untuk mencari sendiri jalur dagang mereka langsung ke tempat dimana rempah - rampah berasal. Adapun, penjelajahan samudera ini bertujuan untuk menemukan dunia baru demi memperoleh kejayaan ekonomi dan politik. Pencarian dunia baru ini merupakan pencarian terhadap negara penghasil rempah-rempah yang berada di daerah Timur Eropa.

Rempah-rempah merupakan salah satu komoditas perdagangan yang sangat laris di Eropa, sehingga dengan menemukan daerah penghasil rempah-rempah maka dapat menguasai perdagangan. Indonesia terkenal sebagai “mutiara dari Timur” karena banyaknya hasil rempah-rempah yang dihasilkan. Rempah-rempah digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan bahan obat-obatan. Perbedaan kondisi alam antara Indonesia dengan negara Barat, membuat bangsa Barat banyak yang mengincar rempah-rempah di Indonesia. Musim penghujan dan kemarau yang ada di Indonesia membuat Indonesia kaya akan rempah-rempah dibandingkan negara Barat.

Selain penghasil rempah-rempah, di Indonesia terdapat sumber daya manusia yang melimpah dan belum mendapatkan pengaruh. Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku yang tersebar di ribuan pulau di Indonesia membuat bangsa Barat datang di Indonesia. Selain itu bangsa Indonesia yang ketika itu dengan sepenuh tenaga mempertahankan tradisi cenderung belum mendapat pengaruh darimanapun. Hall tersebut yang dimanfaatkan bangsa Barat untuk kepentingan mereka dan menyebarkan pengaruh yang dibawa oleh bangsa Barat yang selanjutnya dengan 3G.

Dalam aktivitas penjelajahan samudera, terkenal dengan semboyan 3G (Gold, Glory, dan Gospel) Gold yang artinya adalah emas, memunyai makna bahwa bangsa barat harus mencari kekayaan untuk mencari kekayaan, khusunya untuk dibawa pulang ke negaranya. Glory yang berarti kejayaan, memunyai makna bahwa kejayaan bangsa Barat harus ditegakkan di daerah-daerah yang mereka singgahi. Gospel bermakna keinginan bangsa Barat untuk menyebarkan agama Nasrani.

Dengan demikian, faktor pendorong kedatangan bangsa barat ke Indonesia adalah ditutupnya jalur perdagangan konstatinopel oleh Kesultanan Turki Usmani yang menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Hal ini mengakibatkan para pedagang eropa mencari langsung penghasil rempah-rempah salah satunya adalah Indonesia. selain itu, di Indonesia SDM sangat berlimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa barat dalam hal 3G (Gold, Glory, dan Gospel).

175

Aziz Ardiansyah

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada masa renaisans bangsa-bangsa Eropa mengalami kemajuan di bidang teknologi. Kemajuan teknologi yang dimanfaatkan bangsa-bangsa Eropa untuk melakukan penjelajahan samudra adalah ...

7rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia