Pertanyaan

Dengan mempertimbangkan harga energi ionisasi dan afinitas elektron dari masing-masing atom, perkirakan ikatan apa yang terjadi pada senyawa-senyawa berikut. a. CS 2 ​ d. CuS b. MgO e. BrF 3 ​ c. CaH 2 ​

Dengan mempertimbangkan harga energi ionisasi dan afinitas elektron dari masing-masing atom, perkirakan ikatan apa yang terjadi pada senyawa-senyawa berikut.

a.                d. 

b.             e.

c. 

S. Lubis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pada atom logam (energi ionisasi rendah) cenderung melepaskan elektron, lalu diterima oleh atom nonlogam (afinitas elektron besar). Dari proses transfer elektron dari atom logam ke atom nonlogam ini akan terbentuk ion positif dan ion negatif dengan konfigurasi gas mulia yang saling tarik menarik dengan gaya elektrostatis yang disebut ikatan ion. Pada atom nonlogam cenderung tidak ingin melepaskan elektronnya (energi ionisasi tinggi) dan ingin menarik elektron-elektron dari atom lainnya (afinitas elektron besar) sehingga terdapat satu atau lebih pasangan elektron yang dipakai untuk berbagi bersama. Ikatan kimia yang terbentuk dari sharing elektron terlokalisasi antara atom ini disebut ikatan kovalen. Berdasarkan penjelasan di atas, maka ikatan kimia yang terbentuk pada senyawa - senyawa berikut adalah : a. = ikatan kovalen (terbentuk sesama atom nonlogam) b. = ikatan ion (terbentuk antara atom logam dengan atom nonlogam) c. = ikatan ion (terbentuk antara atom logam dengan atom nonlogam) d. = ikatan ion (terbentuk antara atom logam dengan atom nonlogam) e. = ikatan kovalen (terbentuk sesama atom nonlogam)

Pada atom logam (energi ionisasi rendah) cenderung melepaskan elektron, lalu diterima oleh atom nonlogam (afinitas elektron besar). Dari proses transfer elektron dari atom logam ke atom nonlogam ini akan terbentuk ion positif dan ion negatif dengan konfigurasi gas mulia yang saling tarik menarik dengan gaya elektrostatis yang disebut ikatan ion.

Pada atom nonlogam cenderung tidak ingin melepaskan elektronnya (energi ionisasi tinggi) dan ingin menarik elektron-elektron dari atom lainnya (afinitas elektron besar) sehingga terdapat satu atau lebih pasangan elektron yang dipakai untuk berbagi bersama. Ikatan kimia yang terbentuk dari sharing elektron terlokalisasi antara atom ini disebut ikatan kovalen.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka ikatan kimia yang terbentuk pada senyawa - senyawa berikut adalah :

a. C S subscript 2 = ikatan kovalen (terbentuk sesama atom nonlogam)         

b. Mg O = ikatan ion (terbentuk antara atom logam dengan atom nonlogam)         

c. Ca H subscript 2 =  ikatan ion (terbentuk antara atom logam dengan atom nonlogam) 

d. Cu S =  ikatan ion (terbentuk antara atom logam dengan atom nonlogam) 

e.space Br F subscript 3 = ikatan kovalen (terbentuk sesama atom nonlogam)     

389

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kelompokkanlah senyawa-senyawa berikut berdasarkan ikatan kimianya! FeCl 3 ​ H 2 ​ O NaCl CaO NH 4 ​ Cl CH 3 ​ Cl H 2 ​ C 2 ​ O 4 ​ CH 3 ​ COONa

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia