Roboguru

Dengan cara apa Islam disebarkan di Indonesia?

Pertanyaan

Dengan cara apa Islam disebarkan di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Agama Islam diperkirakan masuk ke Indonesia sejak abad ke-12 dan 13 Masehi. Dalam proses penyebarannya, agama Islam menggunakan berbagai saluran-saluran Islamisasi. Saluran-saluran Islamisasi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Perdagangan. Para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan India telah melakukan hubungan dagang dengan Indonesia sejak abad ke-7 M. Para pedagang ini melakukan kegiatan perdagangan sekaligus menyebarkan agama Islam kepada masyarakat Indonesia.

  2. Perkawinan. Para pedagang Islam dari luar negeri yang menetap di Nusantara melakukan perkawinan dengan wanita pribumi sehingga mengharuskan mereka memeluk agama Islam. Hal ini akan diikuti dengan keluarga dari mempelai wanita.

  3. Pendidikan. Penyebaran agama Islam dilakukan melalui pondok pesantren sebagai tempat pengajaran agama Islam bagi para santri. Para santri kemudian menyebarkan agama Islam kepada masyarakat.

  4. Tasawuf. Dalam menyebarkan agama Islam, para ahli tasawuf menggunakan cara yang disesuaikan dengan kondisi, alam pikiran, dan budaya masyarakat pada saat itu.

  5. Kesenian. Penyebaran Islam juga dilakukan lewat berbagai kesenian, seperti seni bangunan (arsitektur), seni ukir, seni tari, seni musik, seni sastra, pertunjukan wayang, dan lain-lain.

Jadi, ajaran Islam disebarkan dengan lima cara Islamisasi, yaitu perdagangan, perkawinan, pendidikan, tasawuf, dan kesenian. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved