Roboguru

Dengan bertambahnya nomor atom halogen, maka ....

Pertanyaan

Dengan bertambahnya nomor atom halogen, maka ....

  1. energi ionisasi bertambahundefined

  2. potensial reduksi standar bertambahundefined

  3. daya pengoksidasi bertambahundefined

  4. keelektronegatifannya bertambahundefined

  5. jari-jari atomnya bertambah

Pembahasan Soal:

Dalam satu golongan unsur halogen, dari atas ke bawah, dengan semakin bertambahnya nomor atom, maka:

  1. energi ionisasi semakin berkurang
  2. potensial reduksi semakin berkurang
  3. daya pengoksidasi semakin berkurang
  4. keelektronegatifan semakin berkurang
  5. jari-jari atom semakin bertambah

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dwihermiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 28 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Diketahui beberapa sifat unsur: Sangat reaktif, terdapat di alam dalam bentuk senyawa Bilangan oksidasinya +2 dan +3 Merupakan oksidator kuat Dalam bentuk unsur bebas merupakan racun Umumnya, s...

Pembahasan Soal:

Sifat unsur halogen (VIIA)

  • Sangat reaktif.
  • Tidak ditemukan bebas di alam, tapi dalam bentuk senyawa
  • Berbentuk molekul diatomik
  • Pada suhu kamar, Flourin (F) berwujud gas berwarna kuning, Klorin (Cl) berwujud gas berwarna hijau, Iodin (I) berwujud padat berwarna coklat tetapi gasnya berwarna ungu
  • Unsurnya beracun
  • Memiliki keelektronegatifan paling tinggi
  • Oksidator kuat
  • Umumnya memiliki biloks -1. Namun ada pula biloks +1, +3, +5 dan +7, kecuali Flourin

0

Roboguru

Untuk setiap sifat-sifat berikut, tunjukkan apakah fluor atau brom yang nilainya lebih besar.  a. keelektronegatifan b. jari-jari ion c. jari-jari atom  d. energi pengionan e. afinitas elektron

Pembahasan Soal:

Dalam tabel periodik unsur unsur brom dan flor terletak pada golongan VIIA, Flor terletak di periode 2 dan brom terletak di periode 4. 

  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah keelektronegatifan semakin kecil. Dengan demikian, flour memiliki keelektronegatifan lebih besar.
  • Jari-jari Ion negatif (anion) memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran atom asalnya. Karena jumlah kulit yang dimiliki brom lebih besar, maka jari-jari ion yang lebih besar adalah brom.
  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah, jari-jari atom semakin besar. Dengan demikian, brom memiliki jari-jari lebih besar.
  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah energi ionisasi semakin berkurang. Dengan demikian, flour memiliki energi ionisasi yang paling besar.
  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah afinitas elektron semakin kecil. Dengan demikian, flour memiliki afinitas elektron paling besar.space 

Oleh karena itu, flour memiliki keelektronegatifan, energi pengionan (ionisasi) dan afinitas elektron yang lebih besar, sedangkan brom memiliki jari-jari ion dan jari-jari atom yang lebih besar.

0

Roboguru

Bagaimana kecenderungan perubahan sifat halogen berikut dari F ke I dan jelaskan alasannya.   a. Energi Ionisasi b. Afinitas elektron c. Titik didih dan titik leleh  d. Daya oksidasi dan daya reduksi

Pembahasan Soal:

Halogen adalah kelompok unsur yang terletak pada Golongan VIIA dalam sistem periodik unsur. Unsur-unsur golongan halogen dari atas ke bawah adalah F, Cl, Br, I, dan At. Kecenderungan perubahan sifat halogen dari F ke I adalah sebagai berikut.

a. Energi Ionisasi semakin kecil.

Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk mengeluarkan elektron dari tiap mol unsur dalam keadaan gas. Semakin kecil energi ionisasi, maka semakin mudah suatu unsur untuk melepas elektron karena jari-jari atom semakin besar sehingga semakin jauh jarak antara inti ke kulit terluar semakin mudah elektron tersebut untuk dilepaskan. 

b. Afinitas elektron semakin kecil.

Afinitas elektron adalah  perubahan energi yang terjadi ketika satu elektron diterima oleh atom suatu unsur dalam keadaan gas. Semakin kecil afinitas elektron, maka semakin sulit untuk menangkap elektron karena jari-jari atom semakin besar, semakin jauh jarak inti ke elektron yang akan ditangkap. 

c. Titik didih dan titik leleh semakin besar.

Hal ini disebabkan oleh semakin besarnya massa atom relatifnya dimana Gaya Van Der Waals nya akan semakin besar dan ikatannya semakin kuat sehingga titik didih dan titik lelehnya akan semakin besar.

d. Daya oksidasi semakin kecil.

Daya oksidasi adalah kemampuan suatu unsur untuk mengoksidasi unsur lain. Daya oksidasi semakin kecil karena semakin sulit mengalami reduksi akibat afinitas elektron yang semakin kecil. space

Jadi, kecenderungan perubahan sifat halogen dari F ke I sesuai penjelasan di atas.

0

Roboguru

Di antara unsur-unsur halogen, yaitu fluorin, klorin, bromin, dan iodin, tentukan manakah yang mempunyai jari-jari atom terbesar?

Pembahasan Soal:

Jari-jari atom adalah jarak paling pendek antara dua inti atom. Kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan (dari atas ke bawah) adalah dengan semakin bertambahnya nomor atom, maka jari-jari atom akan semakin besar. Hal ini karena semakin banyak jumlah kulit atom dari atas ke bawah. Maka, jari-jari atom unsur halogen dari atas ke bawah akan semakin besar.

F < Cl < Br < I

Jadi, jari-jari atom paling besar adalah iodin.undefined 
 

0

Roboguru

Hidrogen iodida (HI) merupakan asam paling lemah dibandingkan HF, HCl, dan HBr sebab ion H+ pada HI terikat paling kuat sehingga tidak mudah lepas.

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan kekuatan asam halogen dapat dilihat dari jari-jari atom halogen. Kecenderungan jari-jari atom dalam satu gologan adalah meningkat seiring bertambahnya nomor atom atau dalam kata lain semakin ke bawah jari-jari atom semakin besar.

Ketika jari-jari atom bertambah menyebabkan semakin lemah gaya tarik inti atom halogen terhadap elektron terluar sehingga ion H+ mudah dilepaskan. Semakin besar kemungkinan ion H+ dilepaskan maka semakin kuat sifat keasaman dari asam halida.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa HI adalah asam halida terkuat karena jari-jari atom I yang lebih panjang menyebabkan gaya tarik inti lebih lemah sehingga paling mudah untuk melepaskan ion H+.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved