Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dikeluarkan pada masa Demokrasi Liberal untuk meningkatkan stabilitas politik SEBAB Pada periode ini terjadi transisi pemerintahan yaitu Kabinet Kerja dibubarkan dan diganti oleh Kabinet Djuanda

Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dikeluarkan pada masa Demokrasi Liberal untuk meningkatkan stabilitas politik

SEBAB

Pada periode ini terjadi transisi pemerintahan yaitu Kabinet Kerja dibubarkan dan diganti oleh Kabinet Djuanda

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

  3. Jika pernyataan benar dan alasan salah

  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar

  5. Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan benar karena Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dikeluarkan oleh Presiden Soekarno untuk mengakhiri masa Demokrasi Liberal. Tujuannya untuk meningkatkan stabilitas politik Indonesia. Pada masa Demokrasi Liberal terjadi beberapa kali pergantian kabinet dalam kurun waktu selama sembilan tahun. Pergantian kabinet ini menyebabkan ketidakstabilan politik karena partai-partai saling mengedepankan kepentingan kelompoknya masing-masing. Hal ini menimbulkan kinerja setiap kabinet menjadi tidak maksimal. Alasan salah karena Kabinet Kerja tidak digantikan oleh Kabinet Djuanda melainkan sebaliknya. Setelah munculnya Dekrit Presiden, hal ini menandai berakhirnya masa Demokrasi Liberal. Kabinet Djuanda merupakan kabinet terakhir pada masa Demokrasi Liberal. Setelah dikeluarkannya Dekrit Presiden, pada tanggal 9 Juli 1959, Kabinet Djuanda dibubarkan dan diganti dengan Kabinet Kerja.

Pernyataan benar karena Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dikeluarkan oleh Presiden Soekarno untuk mengakhiri masa Demokrasi Liberal. Tujuannya untuk meningkatkan stabilitas politik Indonesia. Pada masa Demokrasi Liberal terjadi beberapa kali pergantian kabinet dalam kurun waktu selama sembilan tahun. Pergantian kabinet ini menyebabkan ketidakstabilan politik karena partai-partai saling mengedepankan kepentingan kelompoknya masing-masing. Hal ini menimbulkan kinerja setiap kabinet menjadi tidak maksimal.

Alasan salah karena Kabinet Kerja tidak digantikan oleh Kabinet Djuanda melainkan sebaliknya. Setelah munculnya Dekrit Presiden, hal ini menandai berakhirnya masa Demokrasi Liberal. Kabinet Djuanda merupakan kabinet terakhir pada masa Demokrasi Liberal. Setelah dikeluarkannya Dekrit Presiden, pada tanggal 9 Juli 1959, Kabinet Djuanda dibubarkan dan diganti dengan Kabinet Kerja.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

Wakwaw

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tanggal 13 Desember 1957, PM. Djuanda menyatakan deklarasi yang dikenal “Deklarasi Djuanda”, isi pokok deklarasi tersebut adalah ... (SIMAK UI 2009)

24

4.9

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia