Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dedi ingin mengetahui rata-rata tinggi badan siswa di SMP Ruangraya. Sampel yang mungkin pada penelitian tersebut adalah ....

Dedi ingin mengetahui rata-rata tinggi badan siswa di SMP Ruangraya. Sampel yang mungkin pada penelitian tersebut adalah ....

  1. 50 siswa kelas 8 di Indonesia

  2. seluruh siswa SMP di Indonesia

  3. 50 orang alumni SMP Ruangraya

  4. seluruh siswa kelas 9 di SMP Ruangraya

Iklan

F. Kurnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sampel merupakan bagian dari populasi dan berguna sebagai perwakilan populasi. Karena Dedi ingin mengetahui rata-rata tinggi badan siswa di SMP Ruangraya, maka populasi dari penelitian Dedi adalah seluruh siswa di SMP Ruangraya. Oleh karena itu, sampel dari penelitian Dedi haruslah bagian dari siswa di SMP Ruangraya yang banyaknya bisa berapa saja. Banyaknya sampel bisa saja 10 siswa, 20 siswa, 50 siswa, dan sebagainya. Perhatikan setiap pilihan yang diberikan. A. 50 siswa kelas 8 di Indonesia Dalam hal ini, lingkup penelitiannya membicarakan siswa kelas 8 di Indonesia, sementara lingkup dari penelitian Dedi adalah siswa di SMP Ruangraya. Karena lingkup penelitian dari sampel ini lebih luas dari populasinya, maka pilihan A tidak memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi. B. seluruh siswa SMP di Indonesia Dalam hal ini, lingkup penelitiannya membicarakan siswa SMP di Indonesia, sementara lingkup dari penelitian Dedi adalah siswa di SMP Ruangraya. Karena lingkup penelitian dari sampel ini lebih luas dari populasinya, maka pilihan B tidak memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi. C. 50 orang alumni SMP Ruangraya Dalam hal ini, lingkup penelitiannya membicarakan alumni SMP Ruangraya, sementara lingkup dari penelitian Dedi adalah siswa di SMP Ruangraya. Karena lingkup penelitian dari sampel ini berbeda dengan populasinya, maka pilihan C tidak memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi. D. seluruh siswa kelas 9 di SMP Ruangraya Dalam hal ini, lingkup penelitiannya membicarakan siswa kelas 9 di SMP Ruangraya, sementara lingkup dari penelitian Dedi adalah siswa di SMP Ruangraya. Karena siswa kelas 9 di SMP Ruangraya juga merupakan bagian dari siswa di SMP Ruangraya, maka pilihan D memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi. Oleh karena itu, pilihan D memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Sampel merupakan bagian dari populasi dan berguna sebagai perwakilan populasi.
Karena Dedi ingin mengetahui rata-rata tinggi badan siswa di SMP Ruangraya, maka populasi dari penelitian Dedi adalah seluruh siswa di SMP Ruangraya.

Oleh karena itu, sampel dari penelitian Dedi haruslah bagian dari siswa di SMP Ruangraya yang banyaknya bisa berapa saja. Banyaknya sampel bisa saja 10 siswa, 20 siswa, 50 siswa, dan sebagainya.

Perhatikan setiap pilihan yang diberikan.
A.    50 siswa kelas 8 di Indonesia
Dalam hal ini, lingkup penelitiannya membicarakan siswa kelas 8 di Indonesia, sementara lingkup dari penelitian Dedi adalah siswa di SMP Ruangraya. Karena lingkup penelitian dari sampel ini lebih luas dari populasinya, maka pilihan A tidak memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi.

B.    seluruh siswa SMP di Indonesia
Dalam hal ini, lingkup penelitiannya membicarakan siswa SMP di Indonesia, sementara lingkup dari penelitian Dedi adalah siswa di SMP Ruangraya. Karena lingkup penelitian dari sampel ini lebih luas dari populasinya, maka pilihan B tidak memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi.

C.    50 orang alumni SMP Ruangraya
Dalam hal ini, lingkup penelitiannya membicarakan alumni SMP Ruangraya, sementara lingkup dari penelitian Dedi adalah siswa di SMP Ruangraya. Karena lingkup penelitian dari sampel ini berbeda dengan populasinya, maka pilihan C tidak memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi.

D.    seluruh siswa kelas 9 di SMP Ruangraya
Dalam hal ini, lingkup penelitiannya membicarakan siswa kelas 9 di SMP Ruangraya, sementara lingkup dari penelitian Dedi adalah siswa di SMP Ruangraya. Karena siswa kelas 9 di SMP Ruangraya juga merupakan bagian dari siswa di SMP Ruangraya, maka pilihan D memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi.

Oleh karena itu, pilihan D memungkinkan untuk menjadi sampel dari penelitian Dedi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
 

Latihan Bab

Ruang Sampel

Frekuensi Harapan dan Kisaran Nilai Peluang

Peluang Kejadian Majemuk

Peluang

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

126

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dari seperangkat kartu bridge, akan diambil satu buah kartu secara acak. Misalkan A adalah kejadian terambil kartu King merah, maka ....

210

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia