Iklan

Iklan

Pertanyaan

Data penelitian tentang pendapat siswa terhadap profil guru ideal, datanya diperoleh dengan bertanya langsung kepada para siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan cara memperolehnya, data tersebut termasuk ....

Data penelitian tentang pendapat siswa terhadap profil guru ideal, datanya diperoleh dengan bertanya langsung kepada para siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan cara memperolehnya, data tersebut termasuk ....

  1. primer

  2. sekunder

  3. kuantitatif

  4. kualitatif

  5. deskriptif

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan cara memperolehnya data dibagi menjadi dua yaitu data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari pihak pertama, proses pengambilan data dengan cara melakukan wawancara langsung atau angket langsung. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa data penelitian tentang pendapat siswa terhadap profil guru ideal, datanya diperoleh dengan bertanya langsung kepada siswa sebagai subjek penelitiannya. Oleh karena itu, berdasarkan cara memperolehnya data tersebut merupakan dataprimer karena ada kata kunci yaitu bertanya langsung kepada para siswa. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung, data ini diperoleh dengan cara meminta data dari lembaga atau pihak lain yang sudah melakukan penelitian. Sebagai contoh meminta data KPAI tentang tingkat kekerasan anak di tahun 2018. Kuantitatif dan kualitatif merupakan data berdasarkan jenisnya. Deskriptif merupakan jenis penelitian.

Berdasarkan cara memperolehnya data dibagi menjadi dua yaitu data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari pihak pertama, proses pengambilan data dengan cara melakukan wawancara langsung atau angket langsung. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa data penelitian tentang pendapat siswa terhadap profil guru ideal, datanya diperoleh dengan bertanya langsung kepada siswa sebagai subjek penelitiannya. Oleh karena itu, berdasarkan cara memperolehnya data tersebut merupakan data primer karena ada kata kunci yaitu bertanya langsung kepada para siswa.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung, data ini diperoleh dengan cara meminta data dari lembaga atau pihak lain yang sudah melakukan penelitian. Sebagai contoh meminta data KPAI tentang tingkat kekerasan anak di tahun 2018.
  • Kuantitatif dan kualitatif merupakan data berdasarkan jenisnya.
  • Deskriptif merupakan jenis penelitian.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

67

Yongki Oki

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Data yang diperoleh seorang peneliti secara langsung dari objek penelitian disebut ....

56

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia