Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dasar utama dalam acuan untuk pendidikan multikultural adalah ....

Dasar utama dalam acuan untuk pendidikan multikultural adalah ....  

Iklan

F. Saputri

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Dasar utama acuan pendidikan multikultural berfungsi agar menghasilkan peserta didik yang menghargai perbedaan dan hidup dalam keharmonisan perbedaan tersebut. Ada beberapa dasar utama acuan pendidikan multikultural, yaitu: Tidak lagi terbatas menyamakan pendidikan multikultural dengan program sekolah formal . Maksudnya, program-program sekolah seharusnya terkait dengan pembelajaran informal di luar sekolah. Perlu menghindari menyamakan kebudayaan dengan kelompok etnik adalah sama . Dasar utama ini diharapkan mampu menghilangkan pandangan stereotip atau penilaian prasangka subjektif terhadap identitas masing-masing dan menerima beragam perbedaan budaya. Memiliki pandangan yang objektif terhadap kebudayaan baru . Perlunya mengurangi perluasan solidaritas kelompok yang akan menghambat kebudayaan baru untukditerima masyarakat. Meningkatkan kompetensi dalam beberapa kebudayaan. Diperlukan kemampuan selektif dalam menentukan kebudayaan yang akan diadopsi lalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang tepat dalam penyampaiannya. Pendidikan memiliki kesadaran terhadap kompetensi dalam beberapa kebudayaan. Hal tersebut mampu menjauhkan diri dari pembatasan ekspresi terhadap keberagaman kebudayaan.

Dasar utama acuan pendidikan multikultural berfungsi agar menghasilkan peserta didik yang menghargai perbedaan dan hidup dalam keharmonisan perbedaan tersebut.

Ada beberapa dasar utama acuan pendidikan multikultural, yaitu:

  1. Tidak lagi terbatas menyamakan pendidikan multikultural dengan program sekolah formal. Maksudnya, program-program sekolah seharusnya terkait dengan pembelajaran informal di luar sekolah.
  2. Perlu menghindari menyamakan kebudayaan dengan kelompok etnik adalah sama. Dasar utama ini diharapkan mampu menghilangkan pandangan stereotip atau penilaian prasangka subjektif terhadap identitas masing-masing dan menerima beragam perbedaan budaya.
  3. Memiliki pandangan yang objektif terhadap kebudayaan baru. Perlunya mengurangi perluasan solidaritas kelompok yang akan menghambat kebudayaan baru untuk diterima masyarakat.
  4. Meningkatkan kompetensi dalam beberapa kebudayaan. Diperlukan kemampuan selektif dalam menentukan kebudayaan yang akan diadopsi lalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang tepat dalam penyampaiannya.
  5. Pendidikan memiliki kesadaran terhadap kompetensi dalam beberapa kebudayaan. Hal tersebut mampu menjauhkan diri dari pembatasan ekspresi terhadap keberagaman kebudayaan. undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Masyarakat dengan beragam kelompok sosial, dengan sistem norma dan budaya yang berbeda disebut rnasyarakat ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia