Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dasar pembentukan stratifikasi sosial menurut kelas, status, dan kekuasaan, dikemukakan oleh ….

Dasar pembentukan stratifikasi sosial menurut kelas, status, dan kekuasaan, dikemukakan oleh ….

  1. Karl Marx

  2. Plato

  3. Max Weber

  4. Davis-Moore

  5. Emile Durkheim

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Max Weber mendefinisikan stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi kekuasaan, hak istimewa (privilege), dan prestise. Hak istimewa dapat diperoleh individu/kelompok dalam kekuasaan. Misalnya, anggota DPR memiliki sejumlah fasilitas berupa rumah dan kendaraan sebagai hak istimewa yang diterima berdasarkan kekuasaannya. Sementara, prestise (sesuatu yang menjadi kebanggaan) dapat diperoleh individu/kelompok melalui kelas yang dimilikinya. Misalnya, seseorang menduduki kelas atas (pengusaha) berpakaian menggunakan jas dan dasi. Penggunaan jas dan dasi dalam berpakaian menjadi kebanggaan (prestise) tersendiri bagi kelas sosial atas yang mungkin tidak dilakukan oleh kelas bawah (berpakaian jas dan dasi dalam bekerja).

Max Weber mendefinisikan stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi kekuasaan, hak istimewa (privilege), dan prestise. Hak istimewa dapat diperoleh individu/kelompok dalam kekuasaan. Misalnya, anggota DPR memiliki sejumlah fasilitas berupa rumah dan kendaraan sebagai hak istimewa yang diterima berdasarkan kekuasaannya.
Sementara, prestise (sesuatu yang menjadi kebanggaan) dapat diperoleh individu/kelompok melalui kelas yang dimilikinya. Misalnya, seseorang menduduki kelas atas (pengusaha) berpakaian menggunakan jas dan dasi. Penggunaan jas dan dasi dalam berpakaian menjadi kebanggaan (prestise) tersendiri bagi kelas sosial atas yang mungkin tidak dilakukan oleh kelas bawah (berpakaian jas dan dasi dalam bekerja).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gelar akademik, seperti sarjana, magister, doktor, ditempatkan pada posisi atas dalam masyarakat. Dalam konteks stratifikasi sosial, gelar tersebut dapat dilihat dari dimensi ….

28

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia