Roboguru

Dasar laut dangkal yang memisahkan antara perairan yang satu dengan perairan yang lain dinamakan ....

Pertanyaan

Dasar laut dangkal yang memisahkan antara perairan yang satu dengan perairan yang lain dinamakan ....

  1. ambang laut

  2. shelf

  3. teluk

  4. gunung laut

  5.  bekken

Pembahasan Soal:

Ambang laut (Drempel) berbentuk seperti pegunungan di dasar lautAmbang laut membatasi dua laut dalamAmbang laut terbentuk akibat adanya tenaga endogen (dari dalam bumi) dan tenaga eksogen (pelapukan dari gerak massa batuan).

jawaban yang paling tepat adalah A

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Morfologi dasar laut yang sangat dalam, memanjang, sempit, dan terjal disebut....

Pembahasan Soal:

Dasar laut memiliki berbagai relief yang beragam, hampir sama seperti daratan. Relief pada dasar laut ini disebut dengan morfologi dasar laut. Salah satu bentuk dari morfologi dasar laut adalah palung laut. Palung laut adalah dasar laut yang sangat dalam, memanjang, sempit, dan memiliki kedalaman hingga lebih dari 5.000 meter. Sehingga, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E.

1

Roboguru

Pengertian Laut Ingresi adalah...

Pembahasan Soal:

Laut merupakan badan perairan yang relatif sempit dibandingkan samudera namun lebih luas dibandingkan danau. Laut menurut cara terbentuknya dibagi menjadi 3, yaitu laut ingresi, laut transgresi, dan laut regresi. Laut ingresi merupakan istilah untuk laut yang terbentuk karena terjadi penurunan kerak samudera relatif dengan kerak benua. Hal ini menyebabkan laut menjadi semakin dalam sehingga secara visual akan berwarna biru tua. Oleh karena itu, laut-laut yang berjenis laut ingresi umumnya sangat dalam. Contoh laut ingresi adalah Laut Banda, Laut Falores, Laut Sulawesi, Laut Tengah, Laut Jepang.

0

Roboguru

Tulislah batas-batas wilayah laut beserta pulau-pulau terdepan Indonesia.

Pembahasan Soal:

Sebagai Negara Kepulauan, Indonesia memiliki batas-batas wilayah, yaitu:

  1. Zona Laut Teritorial, yakni batas berupa garis khayal dengan jarak 12 mil laut dihitung dari garis pangkal ke arah lautan lepas.
  2. Zona Landas Kontinen, yakni dasar laut baik secara morfologis dan geologis merupakan landasan suatu benua atau kontinen. Kedalaman laut pada zona ini di bawah 150 meter. Batas dari landas kontinen ini diukur mulai dari garis pangkal yang ada dan ditarik keluar sejauh 200 mil laut. Indonesia sendiri berada pada dua landas kontinen yaitu landas kontinen Australia & landas kontinen Asia.
  3. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), yakni jalur laut yang lebarnya 200 mil ke arah lautan lepas/terbuka yang diukur mulai dari garis dasar. Pada ZEE, Indonesia berhal melakukan eksplorasi, eksploitasi, konservasi dan pengelolaan SDA laut.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki ribuan pulau, 92 diantaranya adalah pulau yang berbatasan langsung dengan negara lain, atau disebut juga dengan pulau terdepan. Beberapa pulau terdepan yang dimiliki Indoneisa adalah Pulau Alor, Pulau Berhala, Pulau Enggano, Pulau Marampit, Pulau Miangas, Pulau Nusakambangan, dan Pulau Maratua. undefined  

0

Roboguru

Laut yang terjadi karena proses sedimentasi lumpur daratan yang masuk ke laut akibat erosi daratan disebut....

Pembahasan Soal:

Laut adalah sebuah perairan asin besar yang dikelilingi secara menyeluruh atau sebagian oleh daratan. Menurut terjadinya, laut dapat dibedakan menjadi laut ingresi, laut trangresi dan laut regresi. Laut Regresi adalah laut yang terjadi karena adanya proses penyempitan permukaan air laut, akibat adanya sedimentasi

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Menurut proses terjadinya, Laut Jawa merupakan laut....

Pembahasan Soal:

Klasifikasi laut berdasarkan proses terjadinya dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.

  1. Laut transgresi atau laut meluas adalah !aut yang terjadi karena perubahan permukaan air !aut positif, baik yang disebabkan kenaikan permukaan air !aut itu sendiri maupun turunnya daratan secara perlahan-lahan. Oleh karena itu, sebagian daratan digenangi air. Laut ini terbentuk pada akhir zaman es. Contohnya Laut Jawa, Laut Tiongkok Selatan, dan Laut Arafuru.
  2. Laut ingresi atau lauttanah turun adalah !aut yang terjadi karena turunnya tanah sebagai akibat tekanan vertikal gaya endogen yang menimbulkan patahan. Contohnya Laut Banda, Laut Flores, Laut Sulawesi, dan Laut Maluku.
  3. Laut regresi atau laut menyempit adalah !aut yang terjadi pada zaman es dan merupakan kebalikan dari laut trangresi. Contohnya Selat Karimata dan Selat Malaka.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved