Roboguru

Dari terbentuknya organisasi pertama di Indonesia lalu berlanjut dengan munculnya organisasi-organisasi lain, merupakan contoh dari ...

Pertanyaan

Dari terbentuknya organisasi pertama di Indonesia lalu berlanjut dengan munculnya organisasi-organisasi lain, merupakan contoh dari ...

  1. Ruang dan waktu

  2. Konsep keberlanjutan

  3. Konsep perubahan

  4. Konsep sinkronik

Pembahasan Soal:

Sejarah tidak lepas dari konsep keberlanjutan karena tidak ada suatu peristiwa yang dapat berdiri sendiri atau dipisahkan dari peristiwa lainnya. Hal ini terlihat dari  terbentuknya organisasi pertama di Indonesia, yaitu Budi Utomo pada tahun 1908 lalu berlanjut dengan munculnya organisasi-organisasi lain seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Partai Nasional Indonesia.

Jawaban, yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perwujudan dari suatu proses perkembangan aspek kehidupan masyarakat yang terus berlanjut meskipun situasi dan kondisi berubah merupakan pengertian dari . . . .

Pembahasan Soal:

Hal tersebut berkaitan dengan konsep keberlanjutan. Setiap rangkaian peristiwa yang telah terjadi maupun yang akan terjadi merupakan peristiwa yang berkelanjutan, sebab tidak ada peristiwa yang berdiri sendiri dan bisa dipisahkan dengan peristiwa lainnya. Adapun konsep keberlanjutan, yaitu suatu keadaan yang telah berlangsung lama. Keberlanjutan dalam sejarah merupakan rangkaian peristiwa di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Berikut ini unsur-unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan adalah unsur ….

Pembahasan Soal:

Sejarah merupakan kajian yang membahas tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau. Unusr-unsur utama dalam kajian tersebut meliputi tiga hal, antara lain waktu, ruang, dan manusia. Dari ketiga unsur tersebut, unsur waktu merupakan unsur yang membedakan sejarah dengan kajian lainnya. Waktu menjadi sesuatu yang mendasar dan terpenting dalam sejarah karena dengan adanya waktu terjadinya proses sejarah. Pada unsur tersebut dikenal pembabakan dalam sejarah atau periodeisasi sejarah. Setiap periode tersebut menunjukkan perubahan setiap peristiwa disetiap waktu secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Dengan demikian, waktu adalah unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut. Masa pendudukan Jepang di Indonesia terbilang singkat dari tahun 1942 sampai 1945. Namun, dampak yang ditimbulkan pemerintahan Jepang terhadap bangsa Indonesia...

Pembahasan Soal:

Jawaban: E

Berdasarkan paragraf di atas, dapat disimpulkan bahwa sejarah merupakan peristiwa masa lalu yang saling berkaitan dan memengaruhi masa berikutnya. Kesimpulan ini didapat ketika pendudukan Jepang, pemerintah memperkenalkan program tonarigumi yang kemudian saat ini dikenal dengan rukun tetangga. Program ini bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap berbagai aktivitas masyarakat di desa.

0

Roboguru

Pada awalnya kolonialisme adalah kelanjutan dari patrimonialisme, di mana kebijakan kolonial hanya mengadopsi kebiasaan lama. Hal ini disebut dengan istilah....

Pembahasan Soal:

Istilah kontinuitas dalam sejarah merujuk pada suatu ciri yang sama dan pada umumnya terus terjadi dalam berbagai peristiwa secara berkelanjutan di zaman yang berbeda dan hadir dalam detail yang berbeda. Dalam hal ini, patrimonialisme dan kolonialisme memiliki ciri yang sama, yaitu terjadi pada dua zaman yang berkelanjutan, namun memiliki detail yang berbeda.

Maka, jawaban yang paling tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Bacalah informasi berikut. Peristiwa ini merupakan contoh nyata dari konsep sejarah, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Dalam sejarah, kita mengenal konsep perubahan dan keberlanjutan. dimana konsep perubahan sendiri merupakan kondisi dimana peristiwa sejarah itu menyebabkan terjadinya kondisi atau situasi yang berbeda dari masa sebelumnya. Di sisi lain, biasanya konsep perubahan dalam sejarah ini juga memiliki makna penting dalam masyarakat. Konsep perubahan juga terbagi menjadi perubahan cepat dan perubahan lambat.

Selain konsep perubahan, dalam sejarah juga dikenal konsep Keberlanjutan dimana kondisi pada masa kini merupakan kelanjutan dari masa sebelumnya. Contohnya adalah dikenalnya Indonesia sebagai negara maritim yang mana sebutan tersebut tidak hanya muncul pasca kemerdekaan Indonesia, tapi jauh sebelum masa kemerdekaan.

Peristiwa mundurnya Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998 yang sekaligus mengakhiri Orde Baru dan dimulainya era Reformasi merupakan konsep nyata dari sejarah yakni Perubahan cepat karena peristiwa tersebut menyebabkan perbedaan kondisi politik Indonesia serta menjadi salah satu peristiwa penting dalam masyarakat Indonesia sekaligus dalam sejarah Indonesia karena berakhirnya kekuasaan presiden Suharto yang telah berlangsung selama kurang lebih 32 tahun.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved