Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dari proses pembakaran batu bara menghasilkan sisa pembakaran berupa fly ash dan bottom ash yang termasuk kategori limbah berbahaya dan beracun. Kebanyakan dari perusahaan yang menggunakan bahan bakar batu bara ini belum begitu paham kalau sisa membakar dari batu bara ini termasuk limbah B3 (beracun, berbahaya, dan beresiko). Karena sifatnya yang berbahaya ini, limbah B3 yang dihasilkan dari kegiatan industri harus terkelola dengan baik. Perbaikan kata berimbuhan yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....

            Dari proses pembakaran batu bara menghasilkan sisa pembakaran berupa fly ash dan bottom ash  yang termasuk kategori limbah berbahaya dan beracun. Kebanyakan dari perusahaan yang menggunakan bahan bakar batu bara ini belum begitu paham kalau sisa membakar dari batu bara ini termasuk limbah B3 (beracun, berbahaya, dan beresiko). Karena sifatnya yang berbahaya ini, limbah B3 yang dihasilkan dari kegiatan industri harus terkelola  dengan baik.

 

Perbaikan kata berimbuhan yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....

  1. dihasilkan, pembakar,  mengelola

  2. berhasilkan, pembakaran, dikelola

  3. penghasil, pembakaran, dikelola

  4. dihasilkan, pembakaran, dikelola 

  5. penghasilan, membakar,  mengelola 

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Kalimat pertama diawali preposisi dari sehingga kalimat ini didahului fungsi keterangan. Kemudian keterangan tersebut diikuti verba berawalan me- yang menyatakan kalimat aktif. Syarat kalimat aktif adalah subjek harus mendahului predikat sehingga perbaikan yang tepat adalah dengan mengganti verba menghasilkan dengan dihasilkan agar terbentuk kalimat dengan pola P-S. Kalimat kedua kurang tepat jika kata sisa diikuti verba sehingga harus diperbaiki dengan cara mengganti kata membakar yang merupakan verba menjadi pembakaran yang merupakan nomina. Penggunaan kata terkelola pada kalimat ketiga kurang tepat karena kata terkelola memiliki makna ‘tidak disengaja’ atau ‘tanpa pelaku, sedangkan kalimat tersebut mengharapkan pelaku sehingga verba yang tepat adalah dikelola . Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Kalimat pertama diawali preposisi dari sehingga kalimat ini didahului fungsi keterangan. Kemudian keterangan tersebut diikuti verba berawalan me- yang menyatakan kalimat aktif. Syarat kalimat aktif adalah subjek harus mendahului predikat sehingga perbaikan yang tepat adalah dengan mengganti verba menghasilkan dengan dihasilkan agar terbentuk kalimat dengan pola P-S.
Kalimat kedua kurang tepat jika kata sisa diikuti verba sehingga harus diperbaiki dengan cara mengganti kata membakar yang merupakan verba menjadi pembakaran yang merupakan nomina.
Penggunaan kata terkelola pada kalimat ketiga kurang tepat karena kata terkelola memiliki makna ‘tidak disengaja’ atau ‘tanpa pelaku, sedangkan kalimat tersebut mengharapkan pelaku sehingga verba yang tepat adalah dikelola. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pohon-pohon di hutan tropis membantu menghasilkan hujan. Imbuhan pada kata yang tercetak tebaltersebut termasuk jenis imbuhan....

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia