Roboguru

Dari percobaan daya hantar listrik terhadap beberapa larutan diperoleh data sebagai berikut. Larutan yang tergolong elektrolit kuat dan elektrolit lemah adalah ....

Pertanyaan

Dari percobaan daya hantar listrik terhadap beberapa larutan diperoleh data sebagai berikut.

Larutan yang tergolong elektrolit kuat dan elektrolit lemah adalah ....space 

  1. P dan Rspace 

  2. Q dan Rspace 

  3. P dan Qspace 

  4. R dan Tspace 

  5. Q dan Sspace 

Pembahasan Soal:

Ciri larutan elektrolit kuat: lampu menyala terang, banyak gelembung gas, dan derajat ionisasi sebesar 1.

Ciri larutan elektrolit lemah: lampu menyala redup atau tidak menyala, sedikit gelembung gas, dan derajat ionisasi di antara 0 sampai 1.

Ciri larutan nonelektrolit: lampu tidak menyala, tidak ada gelembung gas, dan derajat ionisasi sebesar 0.

Berdasarkan hal tersebut:

  • Larutan elektrolit kuat: larutan P dan R
  • Larutan elektrolit lemah: larutan S dan T
  • Larutan nonelektroit: larutan Q


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Hidayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Percobaan pengujian larutan dengan uji alat elektrolit didapatkan hasil sebagai berikut. Larutan Lampu Sekitar elektrode A Menyala Banyak gelembung gas B Tid...

Pembahasan Soal:

Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik karena tidak dapat menghasilkan ion-ion. Ciri non elektrolit adalah lampu tidak menyala dan tidak adanya gelembung gas. 

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, memberikan gejala berupa menyalanya lampu pada alat uji atau timbulnya gelembung gas dalam larutan. Larutan elektrolit terdiri dari:

  • elektrolit kuat: memberikan gejala berupa lampu menyala dan membentuk banyak gelembung gas. 
  • elektrolit lemah : tidak memberikan gejala lampu menyala atau redup tetapi menimbulkan gelembung gas sedikit.

Berdasarkan hal tersebut maka:

Larutan Lampu Sekitar elektrode Jenis larutan
A Menyala Banyak gelembung gas Elektrolit kuat
B Tidak menyala Sedikit gelembung gas Elektrolit lemah
C Tidak menyala Tidak ada gelembung gas Non elektrolit
D Tidak menyala Sedikit gelembung gas Elektrolit lemah
E Menyala Banyak gelembung gas Elektrolit kuat

Dengan demikian, maka elektrolit kuat ditunjukkan oleh larutan A dan B, elektrolit lemah ditunjukkan oleh larutan B dan D sedangkan non elektrolit ditunjukkan oleh larutan C.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Dari kedua contoh larutan tersebut, kesimpulan yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Larutan Elektrolit

  1. Larutan Elektrolit Kuat
    Larutan yang zat terlarutnya terionisasi sempurna dalam air menjadi ion-ion yang bergerak bebas. Senyawa yang termasuk elektrolit kuat adalah asam kuat, basa kuat, dan garam mudah larut seperti KCl. Pada uji daya hantar listrik, elektrolit kuat memiliki gelembung gas yang banyak dan nyala lampu terang.
  2. Larutan Elektrolit Lemah
    Larutan yang senyawanya terionisasi sebagian dalam air. Senyawa yang termasuk elektrolit lemah adalah asam lemah, basa lemah dan garam sukar larut seperti AgCl. Pada uji daya hantar listrik, elektrolit lemah memiliki gelembung gas yang sedikit dan nyala lampu redup.

Jadi, kesimpulannya larutan AgCl merupakan elektrolit lemah, dan larutan KCl merupakan elektrolit kuat.space 

0

Roboguru

Pada suatu percobaan diperoleh data berikut. Kekuatan larutan elektrolit yang tidak sesuai dengan data diatas adalah ....

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik karena ion-ionnya bergerak bebas. Larutan elektrolit kuat terdiri dari asam kuat, basa kuat, dan garam yang mudah larut dalam air. Larutan elektrolit lemah terdiri dari asam lemah, basa lemah, dan garam yang sedikit larut dalam air. Sedangkan larutan nonelektrolit terdiri dari senyawa organik yang tidak terionisasi seperti gula, urea, alkohol dan sebagainya.

Dalam uji daya hantar listrik, larutan elektrolit kuat ditandai dengan nyala lampu terang, Elektrolit lemah ditandai dengan nyala lampu redup, sedangkan non elektrolit tidak menghasilkan nyala lampu / padam.

Dari hasil percobaan ketiga senyawa tersebut dapat disimpulkan bahwa :

  • begin mathsize 14px style H Cl end style = elektrolit kuat
  • begin mathsize 14px style C subscript 12 H subscript 22 O subscript 11 end style = non elektrolit
  • begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H end style = elektrolit lemah

Kekuatan larutan elektrolit dapat dituliskan sebagai berikut begin mathsize 14px style C subscript 12 H subscript 22 O subscript 11 less than C H subscript 3 C O O H less than H Cl end style. Dengan demikian, yang tidak sesuai yaitu begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H end style > begin mathsize 14px style H Cl end style.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.undefined

0

Roboguru

Seorang siswa melakukan penelitian daya hantar listrik terhadap beberapa sumber mata air dengan hasil sebagai berikut: Daya hantar listrik larutan yang paling kuat dan yang paling lemah secara be...

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit kuat akan terionisasi sempurna di dalam air. Semakin banyak ion dalam larutan, semakin kuat daya hantar listriknya.

Zat-zat elektrolit lemah hanya terionisasi sebagian saat dilarutkan dalam air. Ion-ion yang terbentuk dalam larutan hanya sebagian, sedangkan sebagian yang lain masih dalam bentuk molekul. Sedikitnya jumlah ion yang terbentuk ini mengakibatkan daya hantar listriknya lemah.

Zat nonelektrolit tidak terionisasi dalam air sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik. Seluruh zat nonelektrolit tetap dalam bentuk molekulnya saat dilarutkan dalam air.

Pada uji larutan elektrolit, ada larutan yang memberikan gejala berupa menyalanya lampu pada alat uji dan ada pula yang tidak, dan beberapa larutan juga menimbulkan gejala hantaran listrik berupa adanya gelembung gas. Larutan elektrolit yang memberikan gejala berupa lampu menyala dan membentuk gelembung gas disebut elektrolit kuat. Adapun elektrolit yang tidak memberikan gejala lampu menyala atau hanya menyala redup tetapi menimbulkan gelembung gas termasuk elektrolit lemah. Sementara itu, larutan nonelektron tidak dapat menyalakan lampu sama sekali dan juga tidak menimbulkan gelembung gas.

Berdasarkan data yang tersedia pada tabel, dapat disimpulkan bahwa sumber mata air X mengandung larutan elektrolit kuat, sedangkan sumber mata air Y dan Z mengandung larutan elektrolit lemah. Sumber mata air Y memiliki daya hantar listrik yang lebih kuat dibandingkan sumber mata air Z. Pada sumber mata air Y, meski hanya terdapat sedikit gelembung, larutan masih mampu menyalakan lampu dengan redup, hal tersebut menandakan bahwa daya hantarnya lebih baik dibandingkan sumber mata air Z yang lampunya tidak menyala. Oleh karena itu, larutan yang memiliki daya hantar paling kuat adalah X dan yang paling lemah adalah Z.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.undefined 

0

Roboguru

Hasil pengujian daya hantar listrik berbagai larutan adalah sebagai berikut.   Jika zat yang diuji terdiri atas , tentukan P, Q, R, dan S. Berikan penjelasan.

Pembahasan Soal:

Berikut disajikan tabel daya hantar listrik senyawa ionik dan kovalen, dan hasil percobaan larutan elektrolit:

 

 

Berdasarkan tabel tersebut, dapat disimpulkan jika:

  1. Zat P adalah senyawa ionik karena dapat menghantarkan listrik (konduktor listrik) pada fase lelehan, zatnya adalah KBr,
     
  2. Zat Q adalah senyawa kovalen polar dan elektrolit kuat karena tidak dapat menghantarkan listrik pada fase lelehan, namun dapat membuat lampu menyala terang dan menghasilkan gelembung, zatnya adalah HCl (asam kuat),
     
  3. Zat R merupakan senyawa kovalen polar dan elektrolit lemah karena tidak menghasilkan nyala lampu namun menghasilkan sedikit gelembung, zatnya adalah asam cuka C H subscript 3 C O O H (asam lemah),
     
  4. Zat S adalah senyawa kovalen non polar dan non elektrolit karena tidak dapat menghantarkan listrik pada fase lelehan, dan tidak menghasilkan nyala lampu maupun gelembung pada percobaan, zatnya adalah alkohol C H subscript 3 C H subscript 2 O H.

Jadi, secara berurutan zat P, Q, R, dan S adalah
K Br comma space H Cl comma space C H subscript 3 O O H thin space left parenthesis asam space cuka right parenthesis comma space dan thin space C H subscript 3 C H subscript 2 O H thin space open parentheses alkohol close parentheses.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved