Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dari hasil percobaan, setiap reaksi berikut berorde reaksi kedua. Manakah di antara reaksi berikut yang berlangsung dalam satu tahap? Berikan alasan Anda. ​ a . 3 O 2 ( g ) ​ → 2 O 3 ( g ) ​ b . N 2 ​ O 3 ( g ) ​ → NO ( g ) ​ + NO 2 ( g ) ​ c . 2 NO ( g ) ​ → N 2 ( g ) ​ + O 2 ( g ) ​ d . 2 NO 2 ( g ) ​ + Cl 2 ( g ) ​ → 2 NO 2 ​ Cl ( g ) ​

Dari hasil percobaan, setiap reaksi berikut berorde reaksi kedua. Manakah di antara reaksi berikut yang berlangsung dalam satu tahap? Berikan alasan Anda.

 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

reaksi berlangsung dalam satu tahap.

reaksi N subscript 2 O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses yields N O open parentheses italic g close parentheses and space N O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses berlangsung dalam satuspacetahap.

Iklan

Pembahasan

Reaksi elementer adalah reaksi bertahap satu yang merupakan reaksi antara satu atom dengan satu atom lainnya. Orde reaksi sama dengan koefisien stoikiometri. Persamaan reaksi didasarkan pada anggapan bahwa pengendali proses dan mekanisme reaksi adalah tumbukan antara molekul pereaksi. Molekularitas adalah jumlah mol atau atom-atom yang terlibat dalam reaksi elementer, sehingga molekularitas suatu reaksi elementer akan sama dengan orde total. Reaksi tersebut berlangsung dalam satu tahap. Hal ini disebabkan karena jumlah mol atau atom-atom yang terlibat dalam reaksi elementer adalah 1, sehingga molekularitas suatu reaksi elementer akan sama dengan orde total (1). Jadi, reaksi berlangsung dalam satu tahap.

Reaksi elementer adalah reaksi bertahap satu yang merupakan reaksi antara satu atom dengan satu atom lainnya. Orde reaksi sama dengan koefisien stoikiometri. Persamaan reaksi didasarkan pada anggapan bahwa pengendali proses dan mekanisme reaksi adalah tumbukan antara molekul pereaksi. Molekularitas adalah jumlah mol atau atom-atom yang terlibat dalam reaksi elementer, sehingga molekularitas suatu reaksi elementer akan sama dengan ordespacetotal.

N subscript 2 O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses yields N O open parentheses italic g close parentheses and space N O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses

Reaksi tersebut berlangsung dalam satu tahap. Hal ini disebabkan karena jumlah mol atau atom-atom yang terlibat dalam reaksi elementer adalah 1, sehingga molekularitas suatu reaksi elementer akan sama dengan ordespacetotal (1).

Jadi, reaksi N subscript 2 O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses yields N O open parentheses italic g close parentheses and space N O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses berlangsung dalam satuspacetahap.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Reaksi gas H 2 ​ berikut ini : 2 H 2 ( g ) ​ + O 2 ( g ) ​ → 2 H 2 ​ O ( g ) ​ Bila laju pembakaran gas adalah 2 1 ​ 4 , 6 mol det − 1 ,berapa laju konsumsi/ pemakaian oksigen dan pembentukan uap air...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia