Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dari hasil percobaan di bawah ini terlihat bahwa semakin suhu dinaikkan maka gerakan operculum (tutup buka insang) ikan akan semakin cepat, begitu pula sebaliknya, semakin suhu diturunkan maka gerakan operculum akan semakin lambat. Berdasarkan hasil percobaan diatas, manakah kesimpulan yang tepat mengenai pengaruh suhu terhadap perilaku ikan nila? Tamsil melakukan percobaan "pengaruh suhu terhadap perilaku ikan nila dalamsuatu ekosistem". Tamsil mendapatkan data sebagai berikut:

Dari hasil percobaan di bawah ini terlihat bahwa semakin suhu dinaikkan maka gerakan operculum (tutup buka insang) ikan akan semakin cepat, begitu pula sebaliknya, semakin suhu diturunkan maka gerakan operculum akan semakin lambat. Berdasarkan hasil percobaan diatas, manakah kesimpulan yang tepat mengenai pengaruh suhu terhadap perilaku ikan nila?


Tamsil melakukan percobaan "pengaruh suhu terhadap perilaku ikan nila dalam suatu ekosistem". Tamsil mendapatkan data sebagai berikut:

  1. Suhu sangat berpengaruh dalam mengatur segala aktivitas biologis organisme termasuk ikan nilaspace 

  2. Suhu tidak dapat berpengaruh dalam mengatur segala aktivitas biologis organismeundefined 

  3. Suhu merupakan derajat panas atau dingin suatu benda yang dibutuhkan organisme untuk pertumbuhan dan perkembangannya termasuk ikan nilaundefined 

  4. Semua organisme membutuhkan suhu optimum untuk pertumbuhan dan perkembangannya termasuk ikan nilaundefined 

Iklan

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berdasarkan pada hasil percobaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa suhu dapat mempengaruhi segala aktivitas biologis suatu organisme. Suhu dinyatakan sebagaiderajat panas yang tinggi dan derajat panas yang rendah pada suatu benda. Suhu adalah komponen abiotik yang dapat mempengaruhiaktivitas makhluk hidup. Salah satunya yaitu pengaruh suhu terhadap gerakan operkulum ikan nila.

Berdasarkan pada hasil percobaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa suhu dapat mempengaruhi segala aktivitas biologis suatu organisme. Suhu dinyatakan sebagai derajat panas yang tinggi dan derajat panas yang rendah pada suatu benda. Suhu adalah komponen abiotik yang dapat mempengaruhi aktivitas makhluk hidup. Salah satunya yaitu pengaruh suhu terhadap gerakan operkulum ikan nila.undefined  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Shella Putri Ramadhani

Makasih ❤️

Annisa Sayyida

Saya tidak bisa melihat jawaban

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Alat respirasi pada hewan ikan adalah ....

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia