Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dapatkah kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata bernilai nol? Jika iya, berikan contohnya.

Dapatkah kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata bernilai nol? Jika iya, berikan contohnya.

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kelajuan rata-rata tidak mungkin bernilai nol dan kecepatan rata-rata bisa bernilai nol apabila perpindahan benda bernilai nol (posisi akhir sama dengan posisi awal).

kelajuan rata-rata tidak mungkin bernilai nol dan kecepatan rata-rata bisa bernilai nol apabila perpindahan benda bernilai nol (posisi akhir sama dengan posisi awal).

Iklan

Pembahasan

Kelajuan rata-rata merupakan hasil bagi antara jarak total yang ditempuh benda terhadap selang waktu tempuhnya. Kecepatan rata-rata merupakan hasil bagi antara resultan perpindahan benda terhadap selang waktu tempuhnya. Perbedaan keduanya adalah kelajuan rata-rata merupakan besaran skalar , sehingga tidak dipengaruhi arah. Sedangkan kecepatan rata-rata merupakan besaran vektor sehingga dipengaruhi arah. Kelajuan rata-rata tidak mungkin nol karena jarak tidak bergantung arah . Dimanapun posisi awal dan posisi akhir benda, jarak total pergerakan benda dihitung berdasarkan panjang semua lintasan yang ditempuh. Kecepatan rata-rata mungkinbernilai nol ketika resultan perpindahan benda sama dengan nol. Perpindahan adalah perubahan posisi suatu benda yang dinyatakan sebagai suatu garis lurus berarah dari posisi awal ke posisi akhir . Perpindahan benda dapat bernilai nol, yaitu ketika suatu benda bergerak mulai dari suatu posisi dan akhirnya kembali lagi ke posisi tersebut. Contoh seorang anak dari rumah pergi ke sekolah dan kembali lagi kerumah. Posisi awal anak adalah dirumah dan posisi akhirnya juga di rumah, maka perpindahan anak adalah nol. Dengan demikian, kelajuan rata-rata tidak mungkin bernilai nol dan kecepatan rata-rata bisa bernilai nol apabila perpindahan benda bernilai nol (posisi akhir sama dengan posisi awal).

Kelajuan rata-rata merupakan hasil bagi antara jarak total yang ditempuh benda terhadap selang waktu tempuhnya.  Kecepatan rata-rata merupakan hasil bagi antara resultan perpindahan benda terhadap selang waktu tempuhnya.

Perbedaan keduanya adalah kelajuan rata-rata merupakan besaran skalar, sehingga tidak dipengaruhi arah. Sedangkan kecepatan rata-rata merupakan besaran vektor sehingga dipengaruhi arah. 

Kelajuan rata-rata tidak mungkin nol karena jarak tidak bergantung arah. Dimanapun posisi awal dan posisi akhir benda, jarak total pergerakan benda dihitung berdasarkan panjang semua lintasan yang ditempuh.

Kecepatan rata-rata mungkin bernilai nol ketika resultan perpindahan benda sama dengan nol. Perpindahan adalah perubahan posisi suatu benda yang dinyatakan sebagai suatu garis lurus berarah dari posisi awal ke posisi akhir. Perpindahan benda dapat bernilai nol, yaitu ketika suatu benda bergerak mulai dari suatu posisi dan akhirnya kembali lagi ke posisi tersebut. Contoh seorang anak dari rumah pergi ke sekolah dan kembali lagi kerumah. Posisi awal anak adalah dirumah dan posisi akhirnya juga di rumah, maka perpindahan anak adalah nol. space

Dengan demikian, kelajuan rata-rata tidak mungkin bernilai nol dan kecepatan rata-rata bisa bernilai nol apabila perpindahan benda bernilai nol (posisi akhir sama dengan posisi awal).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika seorang pelari memerlukan waktu 11 s untuk menempuh jarak 100 m dalam suatu perlombaan, berapakah kelajuan rata-rata pelari? Apakah dalam perlombaan itu ada periode waktu saat pelari berlari lebi...

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia